3 Perkara yang Bisa Jadi Penyelamat dari Azab

loading...
3 Perkara yang Bisa Jadi Penyelamat dari Azab
Ada pula hadiah nabawiyah yang Allah berikan kepada hamba-hambaNya yang benar-benar taat kepadaNya, yang bisa menyelamatkan mereka dari azabNya. Foto ilustrasi/ist
Muslimah, ada banyak amalan yang bisa kita lakukan agar terhindar dari azab Allah Subhanahu wa ta'ala. Namun selain amalan, ada pula hadiah nabawiyah yang Allah berikan kepada hamba-hambaNya yang benar-benar taat kepadaNya.

Baca juga: Tanda-tanda Setan Menggoda yang Bisa Kita Rasakan

Dari Anas bin Malik radhiyallahu'anhu dia berkata : “ Saya pernah mendengar Rasululah –shallallahu ‘alaihi wasallam– bersabda,

ثَلَاثٌ مُنْجِيَاتٌ : خَشْيَةُ اللهِ فِي السِّرِّ وَ الْعَلَانِيَةِ وَالْعَدْلُ فِي الرِّضَا وَ الْغَضَبِ وَ الْقَصْدُ فِي الْفَقْرِ وَ الْغِنَى

'Tiga perkara penyelamat : “Takut kepada Allah –subhanahu wa ta’ala– dalam keadaan rahasia dan terang-terangan, adil pada saat ridha dan marah, dan keseimbangan pada saat miskin dan kaya. " (Hadis Hasan, diriwayatkan oleh al-Bazzar 80, Abu Nu’aim 2/343 dalam al-Hilyah, ad-Duaibi 1/151 dalam al-Kuna dan al-Baihaqi)



Baca juga: Doa-doa Agar Mudah Menghapal dan Memperkuat Ingatan

Dinukil dari kitab 'Tuhfatu an-Nisa' karya Abu Maryam Majdi Fathi as-Sayyid, dijelaskan, apabila kita melihat hadiah nabawiyah di atas, maka kita akan mendapatkan bahwa Allah menuntut pelaksanaan tiga perkara agar terhindar dari azab Allah. Tiga penyelamat dari azabNya tersebut adalah :

1. Takut kepada Allah pada saat rahasia dan terang-terangan

2. Adil pada saat ridha dan marah

Baca juga: Menyibukkan Diri Menghitung Aib Sendiri

3. Seimbang pada saat miskin dan kaya

Ustadz Amar Abdullah bin Syakir, pengelola dan dai dari Yayasan Hisbah ini mengatakan, sebagai muslimah harus merenungkan hadiah nabawiyah di atas agar bisa bersama-sama belajar daripadanya perkara-perkara yang bermanfaat bagi kita di dunia dan di akhirat

Baca juga: Kabar Gembira, Bantuan Kuota Data Internet Dilanjutkan Mulai Maret

Tiga perkara penyelamat dari azab Allah yakni, takut kepada Allah –subhanahu wa ta’ala, berbuat adil pada saat ridha dan marah, serta seimbang pada saat miskin dan kaya. Orang yang adil adalah orang yang tidak mengikuti waha nafsu yang berakibat kezhaliman dalam mengambil keputusan, dan keseimbangan pada saat miskin dan kaya yakni bersikap tengah-tengah pada saat keduanya.

Baca juga: Wali Kota Bukittinggi Erman Safar Wajibkan ASN Muslim Salat Subuh Berjamaah hingga 2024

Apabila kita merenungkan setiap amal dari tiga amal yang dituntut untuk melaksanakannya, agar selamat dari azab Allah, maka akan mendapatkan bahwa ia adalah amalan yang ringan bagi wanita muslimah yang benar islamnya, yang bersegera menjawab panggilan Allah dan RasulNya-shallallahu ‘alaihi wa sallam-.

Baca juga: Hore! Setelah Bebas DP, Kini Pemerintah Hapus Pajak Beli Rumah

WAllahu A'lam
(wid)
cover top ayah
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوا اسۡتَعِيۡنُوۡا بِالصَّبۡرِ وَالصَّلٰوةِ ؕ اِنَّ اللّٰهَ مَعَ الصّٰبِرِيۡنَ
Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar.

(QS. Al-Baqarah:153)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!