Ramadhan Tinggal 14 Hari, Begini Cara Habib Abdullah Bin Husein Menyambutnya

loading...
Ramadhan Tinggal 14 Hari, Begini Cara Habib Abdullah Bin Husein Menyambutnya
Cara Habib Abdullah Bin Husein Bin Thahir menymbut bulan Ramadhan patut kita teladani. Foto/dok Ngaji Tv
Ulama Tarim Yaman (wafat 1272 H), Habib Abdullah bin Husein bin Thohir ketika menyambut bulan Suci Ramadhan beliau memiliki kebiasaan unik. Setiap tahun, apabila menjelang kedatangan Ramadhan beliau mengumpulkan semua anggota keluarganya.

Kemudian beliau menanyakan anaknya satu persatu tentang persiapan mereka menyambut bulan Ramadhan. Sebagaimana diketahui Ramadhan adalah bulan yang penuh anugerah Allah, Habib Abdullah Bin Husein tidak ingin Ramadhan berlalu begitu saja.

Baca Juga: Bacaan Bilal Tarawih dan Jawaban Makmum Berikut Tabelnya

"Beliau memberikan nasihat kepada keluarga mereka. Kemudian mereka bertanya kepada anak-anak mereka, target apa yang kalian lakukan, rencana apa yang kalian lakukan di bulan Ramadhan untuk meraih ridha Allah," kata Habib Ahmad bin Novel bin Jindan ketika mengisi tausiyah di Majelis Habib Ali bin Abdurrahman Al-Habsyi Kwitang, beberapa waktu silam.

Ketika Habib Abdullah ditanya oleh anak-anaknya tentang persiapan Ramadhan, beliau menjawab: "Ibadah Ramadhanku tahun ini sama dengan ibadahku tahun lalu. Aku tak bisa menambah ibadah lagi. Karena seluruh waktuku sudah habis untuk ibadah, sehingga aku tak bisa lagi menambah ibadah seperti kalian. Andai bisa membeli waktu untuk ibadah Ramadhan, aku akan beli."

Begitulah besarnya perhatian Habib Abdullah bin Husein bin Thohir terhadap bulan suci Ramadhan. Karena itu, mari kita persiapkan diri untuk menyambutnya.

"Bulan Ramadhan akan tiba. Matikan televisi kita, matikan media sosial kita. Bulan Ramadhan untuk membaca Al-Qur'an, menghidupkan sholat, bulan memperbanyak ibadah," kata Habib Ahmad.

Siapa Habib Abdullah bin Husein bin Thohir?
Habib Abdullah bin Husein bin Thahir adalah satu guru Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi (pengarang Kitab Maulid Simthudduror). Habib Ali mengungkapkan tentang amalan guru beliau sebagaimana dilansir dari hikmahalawiyah.

Beliau mengatakan di antara ibadah yang dilakukan Habib Abdullah bin Husein bin Thahir sehingga Allah mengangkat kedudukan beliau Thahir adalah beliau rutin membaca zikir "Laa Ilaaha Illallah" sebanyak 70.000 kali. Sehingga selalu tampak pada diri beliau, wajah dan pribadi yang senantiasa berzikir.

Beliau menghidupkan malam dengan menghabiskan 10 juz Al-Qur'an dan 8 juz dalam sholat Dhuha. Wirid harian beliau adalah membaca "Yaa Allah" dan shalawat kepada Rasulullah sebanyak 25.000 kali dalam sehari.

Persiapan Ramadhan
Setiap muslim hendaknya mempersiapkan diri untuk menyambut bulan yang agung. Niatkan bulan Ramadhan kali ini untuk meraih ridha Allah. Berikut persiapan yang dapat kita lakukan:
1. Atur Program Kegiatan.
- Rencanakan berapa kali khatam Al-Qur'an
- Rencanakan sholat-sholat sunnah

2. Niatkan Agar Dapat Menangis karena Allah.
- Airmata yang takut karena Allah
- Jaga mata dari aurat atau maksiat
- Mata begadang hanya untuk Allah

3. Meninggalkan ucapan dusta dan perbuatan sia-sia.
4. Latih diri untuk sabar menjalani ibadah.
5. Niatkan berbagi kepada sesama seperti memberi sedekah atau makanan berbuka puasa.

Baca Juga: 30 Hari Jelang Ramadhan, Begini Cara Menyambutnya Diajarkan Nabi

Berikut tausiyah Habib Ahmad yang disiarkan melalui Youtube oleh akun Channel Ngaji TV.
(rhs)
preload video