Perbuatan Paling Dicintai Allah dan Ganjarannya Surga

loading...
Perbuatan Paling Dicintai Allah dan Ganjarannya Surga
Inilah perbuatan yang disenangi Allah dan Rasul-Nya. Seseorang yang melakukannya sungguh-sungguh akan diganjar surga. Foto/Ist
Inilah perbuatan yang paling dicintai Allah dan menyebabkan orang yang melakukannya masuk surga dengan segala kenikmatan yang ada di dalamnya. Perbuatan apakah itu?

Allah dan Rasul-Nya selalu mengingatkan hal ini karena perbuatan ini dapat menghilangkan dosa-dosa, menghapus segala kesalahan. Siapa yang melakukannya dengan sungguh-sungguh, maka ia akan dicintai Allah dan di akhirat diganjar dengan balasan surga.

Baca Juga: Siapakah Orang Paling Dicintai Allah? Simak Tausiyah Aa Gym Ini

Untuk diketahui, semua manusia pernah melakukan kesalahan kecuali Al-Musthofa Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم. Beliau ma'shum (terpelihara dari dosa). Bahkan beliau yang sudah ma'shum saja masih melakukan hal ini.

Berikut firman Allah dalam Al-Qur'an:



يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا تُوبُوا إِلَى اللَّهِ تَوْبَةً نَصُوحًا عَسَىٰ رَبُّكُمْ أَنْ يُكَفِّرَ عَنْكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ يَوْمَ لَا يُخْزِي اللَّهُ النَّبِيَّ وَالَّذِينَ آمَنُوا مَعَهُ ۖ نُورُهُمْ يَسْعَىٰ بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَبِأَيْمَانِهِمْ يَقُولُونَ رَبَّنَا أَتْمِمْ لَنَا نُورَنَا وَاغْفِرْ لَنَا ۖ إِنَّكَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

"Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan Taubatan Nasuha (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam Surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang mukmin yang bersama dia; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka mengatakan: "Ya Rabb kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami; Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu". (QS At-Tahrim Ayat 8)

Ya, tobat nashuha. Inilah perbuatan yang sangat disenangi Allah Ta'ala. Ketika seseorang melakukan banyak dosa dan maksiat, Allah masih memberi pintu tobat untuknya. "Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS Az-Zumar: 53)

Dalam riwayat Imam muslim disebutkan, Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda: "Sesungguhnya Allah sangat gembira menerima taubat hamba-Nya ketika bertaubat kepada-Nya, melebihi darikegembiraan seseorang yang berkendaraan di tengah padang pasir tetapi hewan yang dikendarai lari meninggalkannya, padahal di atas hewan itu terdapat makanan dan minuman, kemudian dia berteduh di bawah pohon, dan membaringkan badannya, sedang ia benar-benar putus asa untuk-menemukan kembali hewan yang dikendarainya. Ketika bangkit, tiba-tiba ia menemukan kembali hewan yang dikendarainya lengkap dengan bekal yang dibawanya, ia pun segera memegang tali kekangnya, seraya berkata karena sangat gembira: "Ya Allah, Engkau adalah hambaku dan akuadalah Tuhan-mu." Ia keliru mengucapkan kalimat itu karena luapan kegembiraannya."

Pesan Nabi tentang Keutamaan Tobat
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu ia berkata: Saya mendengar dari Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda: "Demi Allah, sesungguhnya saya membaca istighfar dan bertaubat kepada-Nya lebih dari tujuh puluh kali setiap hari." (HR Al-Bukhari)

Dari Al-Aghar bin Yasar Al-Muzanniy, ia berkata: Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda: "Wahai manusia, bertaubatlah kalian kepada Allah dan mohonlah ampun kepada-Nya, sesungguhnya saya bertaubat seratus kali setiap hari." (HR Muslim)

Dari Abu Hamzah Anas bin Malik Al-Anshariy (pembantu Rasulullah) berkata: Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda: "Sesungguhnya Allah gembira menerima taubat hamba-Nya, melebihi kegembiraan seseorang diantara kalian ketika menemukan kembali untanya yang hilang di padang yang luas." (Muttafaq 'alaih)

Dari Abu Musa Abdullah bin Qais Al-Asy'ariy, dari Nabi صلى الله عليه وسلم bersabda: "Sesungguhnya Allah Ta'ala itu membentangkan tangan-Nya (memberikan kesempatan) pada waktu malam, untuk taubat orang yang berbuat dosa pada waktu siang hari. Dan Allah membentangkan tangan-Nya pada waktu siang, untuk taubat orang yang berbuat dosa di malam hari, hingga matahari terbit dari barat." (HR Muslim)

Dari Abu Hurairah, ia berkata Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda: "Siapa saja bertaubat sebelum matahari terbit dari barat, niscaya Allah menerima taubatnya." (HR Muslim)

Dari Abu Abdurrahman Abdullah bin Umar bin Khaththab, Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda: " Sesungguhnya Allah Yang Maha Agung akan menerima taubat seseorang sebelum-nyawa sampai di tenggorokan (sebelum sekarat)." ( HR at-Tirmidzi)

Demikian dahsyatnya keutamaan tobat. Perbuatan ini sangat dicintai Allah. Tak lama lagi Ramadhan akan tiba, saatnya kita bertobat dan hijrah dari segala keburukan. Semoga Allah mengampuni semua dosa-dosa kita yang lalu. Aamiin

Baca Juga: Allah Maha Pengampun, Jangan Menunggu Tua Baru Bertaubat
(rhs)
cover top ayah
وَمِنَ النَّاسِ مَنۡ يَّقُوۡلُ اٰمَنَّا بِاللّٰهِ وَبِالۡيَوۡمِ الۡاٰخِرِ وَمَا هُمۡ بِمُؤۡمِنِيۡنَ‌ۘ‏
Dan di antara manusia ada yang berkata, “Kami beriman kepada Allah dan hari akhir,” padahal sesungguhnya mereka itu bukanlah orang-orang yang beriman.

(QS. Al-Baqarah:8)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!