Beginilah Kecintaan Sahabat Rasulullah kepada Ahlul Bait

Selasa, 06 April 2021 - 13:14 WIB
loading...
A A A
Kecintaan yang didasari oleh sikap memuliakan akan melahirkan karakter yang mandarah daging sehingga terucap dalam pesan beliau.Selain Abu Bakar, Sahabat Umar bin Khattab radhiyallahu anhuma juga sedemikian dalam mencintai, mengagungkan, dan memuliakan Ahlul Bait.

Seperti dalam satu riwayat yang menyatakan bahwa Umar bin Khattab pernah ditanya: "Kenapa engkau perlakukan Ali bin Abu Thalib sedemikan berlebih, tidak seperti sahabat Nabi yang lain, ya amirul mukminin?' Apa jawab Umar saat itu? 'Dia tuanku!' jawab Umar bin Khattab singkat." (Faidhul Khabir 7: 218)

Bahkan sebagaimana ditulis dalam sejarah bahwa zaman kekhalifahan Umar bin Khattab inilah mulai tersusun sistem pemerintahan yang maju dengan adanya departemen keuangan atau dewan yang tugasnya mencatat warga masyarakat muslim. Di waktu tertentu secara berkala negara memberi bantuan material atau tunjangan kepada rakyat.

Yang pertama tercatat sebagai penerima tunjangan negara saat itu adalah keluarga Nabi. Bahkan untuk Sayyidina Hasan dan Husain nilai tunjangan negara setara dengan nilai Ayah mereka senilai lima ribu dirham setiap tahunnya. (Siyar A'lam an-Nubala' 3: 259). Begitulah bentuk kepedulian sebagai wujud penghormatan dan kecintaan dari Umar bin Khattab kepada keluarga Nabi.

Hadratussyaikh KH M Hasyim Asy'ari menyebutkan bahwa mencintai ahli bait, keluarga, dan keturunan Nabi termasuk dari tanda cinta kepada Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم.

وَمِنْهَا مَحَبَّتُهُ لِمَنْ اَحَبَّ النَّبِي صلى الله عليه وآله وسلم وَمَنْ هُوَ بِنَسَبِهِ اَوْ نَسَبَتِهِ من اَهْلِ بَيْتِهِ ...

"Dan sebagian dari tanda-tanda cinta kepada Nabi adalah cintanya seseorang kepada orang yang dicintai Nabi dan orang yang dalam nasab Nabi atau nasab keturunan Nabi."(Muhammad Hasyim Asy'ari, Nurul Mubin fi Mahabbah Sayyidil Mursalin [Maktabah Turots al-Islamy] hlm: 17)

Karena itu, kecintaan kepada ahli bait Nabi adalah bagian dari pesan kenabian yang menjadi pilar umat ini untuk saling berkasih sayang dan mengokohkan ukhuwah islamiyah.

(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2226 seconds (0.1#10.140)