Keutamaan Membaca Ayat Kursi Setelah Shalat Fardhu dan Manfaatnya

loading...
Keutamaan Membaca Ayat Kursi Setelah Shalat Fardhu dan Manfaatnya
Banyak keistimewaan yang dapat diraih dari amalan membaca Ayat Kursi atau ayat ke 255 Surat Al Baqarah ini, salah satunya mendapat perlindungan Allah SWT dari segala godaan setan. Foto ilustrasi/ist
Di antara doa dan amalan zikir yang disunnahkan setelah shalat fardhu (wajib) adalah membaca Ayat Kursi atau ayat ke 255 dari Surat Al Baqarah. Kenapa dianjurkan membaca ayat kursi ini? Ternyata bila kita istiqamah membaca ayat tersebut setelah shalat fardhu, ada banyak keistimewaan dan keutamaannya , salah satunya dilindungi Allah Subhanahu wa ta'ala dari bahaya godaan setan.

Baca juga: Pentingnya Memiliki Amal Ibadah Rahasia

Di antara dalil yang menunjukkan keutamaan membaca Ayat Kursi ini, yaitu hadis dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, ia berkata Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

“Barang siapa membaca Ayat Kursi setiap selesai shalat wajib, maka tidak ada yang menghalanginya untuk masuk surga melainkan kematian.” (HR. an-Nasâi, lihat Shahîh Jâmi` (5/339))

Syaikh Bin Bâz rahimahullah dalam kitabnya "Majmu Fatawa wa Maqalat' menjelaskan: “Ayat ini sangat agung dan memiliki keutamaan dalam kitab Allah Subhanahu wa Ta’ala. Karena mengandung tauhid dan keikhlasan kepada Allah, serta menerangkan tentang kebesarannya. Bila seseorang membaca ayat ini setiap selesai shalat, maka ia akan menjaganya dari setiap kejahatan, begitu pula jika membacanya ketika tidur”.



Baca juga: Menggabungkan Puasa Syawal dan Senin Kamis, Bagaimana Hukumnya?

Dalam hadis riwayat Imam Atthabrani dari Sayidina Hasan bin Sayidina Ali, Nabi Shallallahu alaihi wa sallam, bersabda;

من قرأ اية الكرسي في دبر الصلاة المكتوبة كان في ذمة الله الى الصلاة الأخرى

“Barangsiapa membaca ayat kursi setelah shalat wajib, maka dia berada dalam perlindungan Allah hingga shalat berikutnya.”

Dari kedua hadis di atas, Hasan bin Ali Assaqaf dalam kitabnya 'Shahih Shifati Shalatin' Nabi Shallallahu alaihi wa sallam mengatakan bahwa membaca Ayat Kursi setelah shalat wajib hukumnya sunnah dan sangat dianjurkan untuk diistiqamahkan agar di dunia mendapat perlindungan Allah dan di akhirat mendapat nikmat surgaNya.

Baca juga: Bercadar Karena Ilmu atau Tren, Ini Pembedanya!

Manfaat Membaca Ayat Kursi

Selain dibaca setelah shalat fardu (wajib), masih banyak manfaat dari membaca Ayat Kursi bila diamalkan di berbagai kesempatan. Dirangkum dari berbagai sumber berikut manfaat dari membaca Ayat Kursi ini, antara lain:

1. Membuka pintu hikmah dan rezeki

Dilansir dari kitab “Asraaul Mufidah” Barang siapa yang membaca ayat kursi sebanyak 18 kali setiap harinya maka Allah akan membukakan dadanya untuk pintu hikmah, dimudahkan rezekinya, dinaikan derajatnya oleh allah bukannya hanya di akhirat tetapi juga di dunia. Dan orang yang membacanya sebanyak 18 kali juga akan diberikan pengaruh sehingga semua orang akan menghormatinya dan dirinya juga akan di jaga dengan izin allah dari segala bencana yang akan menimpanya hari itu.

Baca juga: Jual Film Korsel, Pria Korut Dieksekusi Tembak di Depan Keluarganya

2. Dimudahkan ilmunya

Syeikh Abu Abbas menerangkan bahwa bagi orang yang membacakan ayat kursi sebanyak 50 kali dan meniupkannya ke air hujan dan meminumnya. Maka allah akan memudahkan akal fikirannya dan juga akan dimudahkan ilmu pengetahuannya.

3. Dijaga dari setan dan kejahatan

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda “Umatku yang membaca ayat kursi sebanyak 12 kali pada pagi jum’at, kemudian berwudhu dan melaksanakan shalat dua rakaat, Allah memeliharanya dari kejahatan setan dan kejahatan pembesar”
halaman ke-1
cover top ayah
وَّيُعَذِّبَ الۡمُنٰفِقِيۡنَ وَالۡمُنٰفِقٰتِ وَالۡمُشۡرِكِيۡنَ وَ الۡمُشۡرِكٰتِ الظَّآنِّيۡنَ بِاللّٰهِ ظَنَّ السَّوۡءِ‌ؕ عَلَيۡهِمۡ دَآٮِٕرَةُ السَّوۡءِ‌ ۚ وَ غَضِبَ اللّٰهُ عَلَيۡهِمۡ وَلَعَنَهُمۡ وَاَعَدَّ لَهُمۡ جَهَنَّمَؕ وَسَآءَتۡ مَصِيۡرًا
dan Dia mengazab orang-orang munafik laki-laki dan perempuan, dan (juga) orang-orang musyrik laki-laki dan perempuan yang berprasangka buruk terhadap Allah. Mereka akan mendapat giliran azab yang buruk dan Allah murka kepada mereka dan mengutuk mereka serta menyediakan neraka Jahanam bagi mereka. Dan neraka Jahanam itu seburuk-buruk tempat kembali.

(QS. Al-Fath:6)
cover bottom ayah
preload video