Doa dan Amalan Saat Turun Hujan Agar Menjadi Berkah

Senin, 28 Juni 2021 - 16:04 WIB
loading...
Doa dan Amalan Saat Turun Hujan Agar Menjadi Berkah
Agar hujan menjadi berkah, kita dianjurkan memperbanyak doa dan melakukan amalan yang baik. Foto istimewa
A A A
Doa dan amalan saat turun hujan sangat dianjurkan dilakukan, agar hujan menjadi berkah bagi manusia . Seperti kita ketahui, saat ini musim penghujan sepertinya masih terjadi di sebagian wilayah Tanah Air. Bahkan di wilayah Jabodetabek , hujan turun hampir tiap hari dan cukup lebat terjadi.



Dalam Islam, hujan adalah air yang diturunkan dari langit dan penuh keberkahan . Maka dari itu, ketika hujan turun sebagi muslim kita dianjurkan untuk membaca doa. Salah satunya membaca doa ini:

اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً

Allahumma Shoyyiban Naafia'an.

"Yaa Allah, turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat". (HR. Bukhari)

Dan ketika hujan lebat, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam berdoa:

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Allahumma haawalaina wa laa 'alaina. Allahumma 'alal aakami wal jibaali, waz-zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.

"Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan." (HR. Al-Bukhari)



Kemudian setelah hujan reda, kita juga dianjurkan membaca :

مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللَّهِ وَرَحْمَتِهِ

Muthirna bi fadhlillahi wa rohmatih

"Kita diberi hujan karena karunia dan rahmat Allah."

Nabi bersabda: "Pada pagi hari, di antara hambaKu ada yang beriman kepadaKu dan ada yang kafir. Siapa yang mengatakan 'Muthirna bi fadhlillahi wa rohmatih' (kita diberi hujan karena karunia dan rahmat Allah), makadialah yang beriman kepadaku dan kufur terhadap bintang-bintang. Sedangkan yang mengatakan 'Muthirna binnau kadza wa kadza' (kami diberi hujan karena sebab bintang ini dan ini), maka dialah yang kufur kepadaku dan beriman pada bintang-bintang." (HR. Bukhari-Muslim)



Amalan agar Hujan Menjadi Berkah

Di antara keberkahan dan manfaat hujan adalah manusia, hewan dan tumbuh-tumbuhan sangat memerlukannya untuk keberlangsungan hidup, sebagaimana Allah Ta’ala berfirman :

أَوَلَمْ يَرَ الَّذِينَ كَفَرُوا أَنَّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ كَانَتَا رَتْقاً فَفَتَقْنَاهُمَا وَجَعَلْنَا مِنَ الْمَاء كُلَّ شَيْءٍ حَيٍّ أَفَلَا يُؤْمِنُونَ
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1654 seconds (0.1#10.140)