Apakah Wali Hanya Dikenal Oleh Para Wali? (Bagian 1)

Rabu, 07 Juli 2021 - 14:16 WIB
loading...
Apakah Wali Hanya Dikenal Oleh Para Wali? (Bagian 1)
Ustaz Miftah el-Banjary, Dai yang juga pakar ilmu linguistik Arab dan Tafsir Al-Quran asal Banjar Kalimantan Selatan. Foto/Ist
A A A
Ustaz TGH Dr Miftah el-Banjary
Pakar Ilmu Linguistik Arab dan Tafsir Al-Qur'an,
Pensyarah Kitab Dalail Khairat

Mengawali diskusi terkait persoalan ilmu tasawuf yang mendominasi sisi keberagamaan masyarakat kita, mau tidak mau persoalan kesufian, semisal masalah kewalian juga menjadi topik penting yang seringkali diperbincangkan, bahkan diperdebatkan.

Ada suatu kaidah dalam dunia sufi, "La ya'riful waali illa waali" yang maksudnya "Tidak ada yang mengenal wali, melainkan wali itu sendiri".



Nah, jika berangkat dari kaidah ini, maka identitas seorang wali hanya diketahui oleh wali yang sederajat atau lebih tinggi maqamnya, orang awam tidak mengenal dan tidak akan bisa mengetahui sosok seorang waliyullah, bukan?

Sebelum kita membahas bagaimana seorang wali diketahui sebagai seorang wali, ada baiknya kita membahas tentang apa definisi wali dan kriterianya.

Kewalian adalah prinsip dasar dari jalan tasawuf. Seperti dikatakan oleh Imam Al-Hujwiry, "Ketahuilah prinsip dan landasan tasawuf serta makrifat adalah bertumpu pada kewalian."

Wali-wali Allah (auliya) ialah orang-orang suci yang telah diberkati oleh Allah dan diangkat menjadi "sahabat-Nya". Mereka ialah orang-orang yang telah mencapai penglihatan batin (mukasyafah) yang benar.

Siapakah Wali Itu?
Setiap Mukmin yang takwa ialah wali Allah (kullu mu'minin taqiyyin fahuwa waliyullah). Maka, syarat menjadi wali Allah ialah Mukmin yang takwa. Tetapi perlu digarisbawahi, bahwa: Pertama, Mukmin di sini yaitu dalam pengertian yang "paripurna".

Kata wali dalam konteks ini mengandung makna mubalaghah (sangat menekankan), yakni mukmin yang betul-betul taat. Mukmin yang sesungguhnya selalu mendasarkan perilakunya pada Al-Qur'an dan Sunnah Nabi.

Karenanya, seperti dinyatakan oleh Dzun Nun Al-Mishri, "Al-Qur'an sudah bercampur dengan darah dan daging mereka," yang mengingatkan kita pada perkataan Aisyah, istri Nabi, bahwa "Akhlak Nabi adalah Al-Qur'an".

Dalam istilah Syekh Abdul Qadir Al-Jailani, "Kewalian adalah bayangan dari fungsi kenabian (zill al-nubuwwa), sebagaimana kenabian adalah bayangan dari fungsi ketuhanan.”

Mukmin sejati akan melihat segala sesuatu sebagaimana adanya (hakikatnya) bukan sebagaimana yang dipikirkan, sebab mereka itu melihat dengan nur Allah (al-mu'minu yandzuru bi nurillahi ta'ala).

Kedua, syarat takwa di sini juga dalam pengertian yang hakiki (haqqa tuqatihi) yakni sebenar-benar takwa seperti diperintahkan dalam Al-Qur'an surah Ali Imran (3) ayat 102. Takwa di sini mengandung dua aspek, lahir dan batin.

Aspek lahirnya yaitu pelaksanaan syariat, sedangkan aspek batinnya adalah niat yang suci (lillahi ta'ala) dan mujahadah. Dan, orang Mukmin yang paling bertakwa bisa dipastikan paling mulia kedudukannya, sebagaimana firman Allah.

Dalam surah al-Hujuraat (49) ayat 13—inna akramakum ‘inda Allahi atqakum—"Sesungguhnya orang yang paling mulia di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu."

Dalam analisis terakhir, wali Allah ialah orang yang tinggi kedudukannya di sisi Allah. Mereka ialah para "pejabat istana Tuhan".

Pada tingkat inilah mereka akan dilindungi oleh Allah, yang merupakan makna kedua dari kata wali, yakni yang dilindungi atau dijaga. Dalam Al-Qur'an, Surah Al-A'raaf (7): 196, disebutkan, "Dan Dia melindungi (yatawalla) orang-orang yang salih."

Dalam ajaran tasawuf, wali Allah mengemban fungsi kosmik, sebab merekalah yang benar-benar dianggap sebagai "ulama pewaris Nabi Muhammad yang sejati."

Mereka mengikuti jejak Nabi Muhammad bukan hanya dalam aspek kemanusiaan dan sosialnya, melainkan juga dalam kapasitas spiritual dan esensi rohaniah Nabi (al-haqiqah Al-Muhammadiyyah).
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2268 seconds (0.1#10.140)