Doa Perlindungan dari Keburukan Akhlak dan Hawa Nafsu

loading...
Doa Perlindungan dari Keburukan Akhlak dan Hawa Nafsu
Takwa kepada Allah dan akhlak mulia adalah dua hal yang paling banyak memasukkan orang ke dalam Surga. Foto ilustrasi/Ist
Kedudukan akhlak dan amal yang baik sangat berarti dan mulia di sisi Allah. Bahkan dalam satu hadis disebutkan bahwa orang yang dicintai Nabi shallallahu 'alaihi wasallam adalah mereka yang akhlaknya paling bagus.

Akhlak dan amal adalah dua perkara yang sangat penting dan wajib dijaga oleh setiap mukmin. Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi was sallam pernah ditanya tentang sesutu yang paling banyak memasukkan seseorang ke dalam surga, maka beliaupun menjawab: "Takwa kepada Allah dan akhlak yang mulia." Dan beliau juga ditanya tentang sesuatu yang paling banyak memasukan orang ke dalam Neraka, maka beliau menjawab, "Mulut dan kemaluan." (HR At-Tirmidzi)

Baca Juga: Doa Agar Dikaruniai Akhlak Mulia yang Diajarkan Nabi

Para ulama mengatakan ada empat perkara yang menghalangi manusia dari Allah Ta'ala yaitu dunia, makhluk, hawa nafsu, dan Iblis (setan). Agar terhindar dari keburukan amal dan hawa nafsu dan terpelihara dari akhlak buruk, kita dianjurkan memperbanyak doa yang diajarkan Rasulullah berikut.

Doa ini sangat baik diamalkan setiap bakda sholat atau kapan saja. Berikut doa perlindungan dari kemungkaran akhlak, amal dan hawa nafsu:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ مُنْكَرَاتِ الْأَخْلَاقِ وَالْأَعْمَالِ وَالْأَهْوَاءِ


Allaahumma inni A'udzubika min Munkaraatil Akhlaaqi wal A'mali wal Ahwaa-i.

Artinya:
Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari berbagai kemungkaran akhlak, amal maupun hawa nafsu. (HR. At-Tirmidzi)

Baca Juga: Doa Agar Terhindar Dari Musibah dan Marabahaya
(rhs)
cover top ayah
اِذۡ يَتَلَقَّى الۡمُتَلَقِّيٰنِ عَنِ الۡيَمِيۡنِ وَعَنِ الشِّمَالِ قَعِيۡدٌ
(Ingatlah) ketika dua malaikat mencatat (perbuatannya), yang satu duduk di sebelah kanan dan yang lain di sebelah kiri.

(QS. Qaf:17)
cover bottom ayah
preload video