Surat Az-Zukhruf: Amalan Agar Istri Taat Pada Suami

loading...
Surat Az-Zukhruf: Amalan Agar Istri Taat Pada Suami
Keistimewaan dan faedah Surat Az-Zukhruf antara lain sebagai penakluk agar istri yang gemar melawan suami menjadi taat. (Foto/Ilustrasi:Dok SINDOnews)
Surat-surat dalam Al-Qur'an bisa menjadi penyembuh serta pemecah masalah. Keistimewaan dan faedah Surat Az-Zukhruf, misalnya, antara lain sebagai penakluk agar istri yang gemar melawan suami menjadi taat. Selain itu, air yang dibacakan surat ini bisa menyembuhkan penyakit gangguan perut.

Baca juga: 6 Ayat Penyembuh dalam Al-Qur'an, Dibaca Secara Berurutan

Muhammad Taqi Al-Muqaddam dalam bukunya yang berjudul Khazanah Al-Asrar menyebut keistimewaan surah Az-Zukhruf adalah barangsiapa yang meminumkannya pada seorang istri yang menentangsuaminya maka dia akan menjadi taat.

"Dan airnya bermanfaat bagi orang yang mengalami gangguan di perut atau lambungnya. Dan barangsiapa yang membawanya maka dia akan aman dari berbagai kejahatan. Di samping itu, siapa yang meletakkannya di bawah kepala orang yang tidur maka dia tidak melihat dalam tidurnya kecuali kebaikan," tuturnya.

Di dalam kitab Al-Mishbah juga disebutkan bahwa barangsiapa yang meminumkan (air yang dibacakan Surat Az-Zukhruf) kepada seorang istri yang durhaka, maka ia akan menjadi patuh.

Selain itu, airnya bermanfaat menjaga janin yang berada di perut dan memudahkannya keluar, kehamilannya aman dari segala keburukan. Jika tulisan surat ini diletakkan di bawah kepala orang yang tidur, maka ia tidak akan bermimpi kecuali yang baik.

Baca juga: Memahami Al-Quran sebagai Kitab Penyembuh

Keistimewaan Az-Zukhruf lainnya, adalah sebagai doa agar memperoleh kesabaran ketika tertimpa musibah. Adapun caranya yaitu dengan membaca Surat Az-Zukhruf ayat 68-73 secara istiqamah. Berikut bacaannya:

يٰعِبَادِ لَا خَوۡفٌ عَلَيۡكُمُ الۡيَوۡمَ وَلَاۤ اَنۡتُمۡ تَحۡزَنُوۡنَ‌ۚ

Yaa 'ibaadi laa khawfun 'alaikumul Yawma wa laaa antum tahzanuun

68. "Wahai hamba-hamba-Ku! Tidak ada ketakutan bagimu pada hari itu dan tidak pula kamu bersedih hati.

اَلَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا بِاٰيٰتِنَا وَكَانُوۡا مُسۡلِمِيۡنَ‌ۚ

Allaziina aamanuu bi Aayaatinaa wa kaanuu muslimiin

69. (Yaitu) orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami dan mereka berserah diri.

اُدۡخُلُوا الۡجَنَّةَ اَنۡتُمۡ وَاَزۡوَاجُكُمۡ تُحۡبَرُوۡنَ‌

Udkhulul Jannata antum wa azwaajukum tuhbaruun

70. Masuklah kamu ke dalam surga, kamu dan pasanganmu akan digembirakan."

يُطَافُ عَلَيۡهِمۡ بِصِحَافٍ مِّنۡ ذَهَبٍ وَّاَكۡوَابٍ‌ۚ وَفِيۡهَا مَا تَشۡتَهِيۡهِ الۡاَنۡفُسُ وَتَلَذُّ الۡاَعۡيُنُ‌ۚ وَاَنۡتُمۡ فِيۡهَا خٰلِدُوۡنَ‌ۚ‏

Yutaafu 'alaihim bishaa fim min zahabinw wa akwaab, wa fiihaa maatashtahiihil anfusu wa talazzul a'yunu wa antum fiihaa khaaliduun

71. Kepada mereka diedarkan piring-piring dan gelas-gelas dari emas, dan di dalam surga itu terdapat apa yang diingini oleh hati dan segala yang sedap (dipandang) mata. Dan kamu kekal di dalamnya.

وَتِلۡكَ الۡجَنَّةُ الَّتِىۡۤ اُوۡرِثۡتُمُوۡهَا بِمَا كُنۡتُمۡ تَعۡمَلُوۡنَ

Wa tilkal jannatul latiii uuristumuuhaa bimaa kuntum ta'maluun

72. Dan itulah surga yang diwariskan kepada kamu disebabkan amal perbuatan yang telah kamu kerjakan.

لَكُمۡ فِيۡهَا فَاكِهَةٌ كَثِيۡرَةٌ مِّنۡهَا تَاۡكُلُوۡنَ

Lakum fiihaa faakihatun kasiiratum minhaa taakuluun

73. Di dalam surga itu terdapat banyak buah-buahan untukmu yang sebagiannya kamu makan.
halaman ke-1
cover top ayah
هُوَ الَّذِىۡ خَلَقَكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ يُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ثُمَّ لِتَكُوۡنُوۡا شُيُوۡخًا ؕ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى مِنۡ قَبۡلُ وَلِتَبۡلُغُوۡۤا اَجَلًا مُّسَمًّى وَّلَعَلَّكُمۡ تَعۡقِلُوۡنَ
Dialah yang menciptakanmu dari tanah, kemudian dari setetes mani, lalu dari segumpal darah, kemudian kamu dilahirkan sebagai seorang anak, kemudian dibiarkan kamu sampai dewasa, lalu menjadi tua. Tetapi di antara kamu ada yang dimatikan sebelum itu. (Kami perbuat demikian) agar kamu sampai kepada kurun waktu yang ditentukan, agar kamu mengerti.

(QS. Ghafir:67)
cover bottom ayah
preload video