Amalan Ibu Hamil dan Doa Agar Dikaruniai Anak Saleh

Rabu, 20 Oktober 2021 - 16:35 WIB
loading...
A A A
اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَلرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. ماَلِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ إِيِّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ. اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَ. صِرَاطَ الَّذِيْنَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلاَ الضَّآلِّيْنَ. آمِيْنِ


Kemudian perbanyaklah dzikir berikut:

لاَاِلَهَ اِلاَّ اللهُ العَظِيْمُ اْلحَلِيْمُ،لاَاِلَهَ اِلاَّ اللهُ رَبُّ اْْلعَرْشِ اْلعَظَيمِْ،لاَاِلَهَ اِلاَّاللهُ رَبُّ السَّمَاوَاتِ السَّبْعِ وَ الأَرَضِيْنَ السَّبْعِ وَ رَبُّ اْلعَرْشِ اْلكَرِيْمِ


Kemudian bagi suami dianjurkan untuk memperbanyak bacaan doa di bawah ini ketika istrinya sudah ada tanda-tanda melahirkan:

حَنَّا وَلَدَتْ مَرْيَم، مَرْيَم وَلَدَتْ عِيْسَى أُخْرُجْ أَيُّهَا اْلمَوْلُوْدُ بِإِذْنِ اْلمَلِكِ اْلمَعْبُوْدِ


4. Amalan Setelah Bayi Lahir
Apabila bayi lahir maka kumandangkanlah adzan di telinga kanan dan iqomat di telinga kiri bayi, kemudian baca Surat Al-Ikhlas.

Di antara amalan salafunassholeh yaitu membacakan dan tangan di atas kepala anak kecil atau masih bayi Surah Al-Qodar 3 kali. Kemudian membaca Surat Alamnasyrah dengan posisi tangan di dada bayyi atay anak kecil.

Dalam Kitab Al-Fawaidul Mukhtar oleh Habib Zen Bin Sumaith dinukil dari amalan salaf, orangtua dianjurkan memegang kepala anaknya sambil membaca doa:

الشَّهِيْد الشَّهِيْد x7 البَارُ البَارُ x7

Al-Baaru Al-Baaru dan Asy-Syahiid Asy-Syahiid (masing-masing 7 kali).

Al-Habib Ali Bin Muhammad Al-Habsyi tentang amalan di atas insya Allah kelak ketika dewasa menjdi anak saleh sesusai apa yang diharapkan orang tuanya. Ada sebagian amalan ketika bayi baru lahir yaitu dengan menulis di kening di hari kelahiran bayi kalimat basmalah بسم الله الرحمن الرحيم

Kemudian hari berikutnya ditulis huruf-huruf Hijaiyah begitu seterusnya di tiap harinya sampai selesai dari huruf-huruf tersebut. Setelah itu, tulislah asma'ul husna di tiap harinya dari kalimat Allah sampai As-Shobuur.

Doa untuk Anak
Jika perilaku dan sikap anak-anak anda tidak sesuai dengan tabiat anda yaitu tidak berbudi baik, maka doakanlah mereka:

اللَّهُمَّ بَارِكْ فِي أَوْلاَدِيْ،وَ احْفَظْهُمْ وَ لاَ تَضُرَّهُمْ،وَ ارْزُقْنَا بِرَّهُمْ


Di samping mereka para salafus sholeh menekankan pendidikan agama dan keteladanan akhlak yang terpuji untuk anak-anaknya dan keluarga di rumah mereka. Dahulu kaum salafus sholeh mendidik anak-anak mereka agar percaya penuh kepada Allah dan mengagungkan perintah-perintah-Nya sejak mereka masih kecil. Orang Magrabi menyuruh kaum ibu yang menyusui anak-anaknya untuk berdzikir kepada Allah sembari memberikan air susu kepada anaknya. (Al-Habib Ali Bin Muhammad Al-Habsyi)

(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2811 seconds (0.1#10.140)