Adab Minum Air Putih Agar Berkah dan Berkhasiat

Jum'at, 31 Desember 2021 - 21:03 WIB
loading...
Adab Minum Air Putih Agar Berkah dan Berkhasiat
Kaum muslimin perlu mengamalkan adab minum air putih agar menjadi berkah dan berkhasiat bagi tubuh. Foto/ist
A A A
Air adalah salah satu karunia besar Allah untuk kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya. Agar air yang kita minum menjadi berkah dan berkhasiat ada baiknya kita mengamalkan adab yang diajarkan para Ulama.

"...Dan Kami turunkan dari langit air yang sangat bersih. Agar (dengan air itu) Kami menghidupkan negeri yang mati (tandus), dan Kami memberi minum kepada sebagian apa yang telah Kami ciptakan, (berupa) hewan-hewan ternak dan manusia yang banyak." (QS Al-Furqan Ayat 48-49)

1. Berniat untuk Kesembuhan
KH Muhammad Zaini Abdul Ghani Al-Banjari (Abah Guru Sekumpul) mengatakan, "Apabila minum air putih atau minum obat bacalah: "Bismillahirrahmanirrahiim Nawaitussyifa' bibarokatil Musthofa shallallahu 'alaihi wasallam".

Artinya:
Aku niat memperoleh kesembuhan dengan berkat Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam.

Fadilahnya dijauhkan dari segala penyakit zahir batin dan seluruh anggota badan dimudahkan berbuat ketaatan berkat Nuur Nabi Muhammad.

2. Membaca Doa Berikut
Berkata Hababah Nur Al-Haddar (istri Habib Umar bin Hafizh): "Kapan pun minum air putih bacalah doa berikut di hadapan air itu:

ياماء...ماء زمزم يقرئك السلام

"Ya Maa u, Maa u Zamzam Yuqri'ukassalam"
Artinya: Wahai air, air zam-zam memberimu salam.

Fadilahnya air itu akan menyerupai air Zamzam.

3. Minum dengan 3 Kali Tegukan
Ulama Zurriyah Nabi asal Mesir Syekh Muhammad Mutawalli As-Sya'rowi mengatakan, jika engkau akan meneguk air minum, maka bagilah dengan tiga kali tegukan. Adabnya yaitu duduk, minum dengan tangan kanan, minum dengan 3 kali tegukan.

Tegukan pertama diawali بسم الله (bismillah) dan diakhiri الحمد لله (alhamdulillah). Tegukan kedua diawali بسم الله (bismillah) dan diakhiri الحمد لله (alhamdulillah). Tegukan ketiga diawali بسم الله (bismillah) dan diakhiri الحمد لله (alhamdulillah).

Fadilahnya, barangsiapa yang minum dengan adab di atas, maka tidak akan timbul keinginan berbuat maksiat kepada Allah walaupun sebesar biji zarroh selama air itu berada di tubuhnya.

Wallahu A'lam

(rhs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1597 seconds (0.1#10.140)
pixels