Allah Menempatkan Kebenaran di Lidah dan di Hati Umar

Kamis, 11 Juni 2020 - 14:14 WIB
loading...
A A A


Mengenai sikapnya yang begitu keras dan tegar itu pulalah, menurut Haekal, maka Nabi lebih mengutamakan Abu Bakar. Selain Abu Bakar tak ada orang yang lebih diutamakan, karena keikhlasannya, keterusterangannya, keteguhan hati serta kebijakannya.

Umar, yang begitu terkenal karena sikapnya yang keras dan tegar sehingga tak dapat ditawar-tawar. Dalam beberapa peristiwa tampak ia lemah lembut dengan perasaan yang halus. ( )

Disebutkan bahwa ketika Umar meminta izin akan menemui Rasulullah Sallallahu 'alaihi wa sallam, ada beberapa perempuan Quraisy yang sedang berbicara kepada Nabi dengan suara tinggi. Setelah diizinkan, perempuan-perempuan itu cepat-cepat mengenakan hijab.



Begitu Umar masuk, Rasulullah tertawa seraya berkata: "Heran saya melihat perempuan-perempuan yang sejak tadi sudah di tempat saya, tetapi begitu mendengar suara Anda cepat-cepat mereka mengenakan hijab."

Umar menjawab: "Lebih berhak Rasulullah yang harus mereka segani." Kemudian sambungnya: "Mereka memusuhi diri mereka sendiri. Kalian segan kepada saya dan tidak segan kepada Rasulullah Sallallahu 'alaihi wa sallam? Mereka menjawab: "Ya, karena Anda kasar dan keras." ( Baca Juga: :Dua Versi Tentang Kisah Masuknya Islam Umar Bin Khattab )

(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1294 seconds (0.1#10.140)