Siksa dan Nikmat Kubur: Beberapa Fase Perjalanan Setelah Kematian Manusia

Minggu, 20 Februari 2022 - 08:40 WIB
loading...
A A A
"Apa dasarmu?"

"Saya membaca di al-Qur'an maka saya beriman dengannya dan membenarkannya."

Setelah selesai, dan dia mampu menjawab semua pertanyaan tadi, maka terdengar suara dari langit, "Sesungguhnya benar apa yang dikatakan oleh hambaKu, berilah ia kasur dari surga, pakaikan padanya pakaian dari surga, lalu bukakan baginya pintu menuju surga."

Kemudian datanglah bau surga serta keindahannya, dan diluaskan kuburnya sejauh mata memandang. Lalu datanglah seorang laki-laki yang bagus rupanya, berpakaian indah dan berbau wangi dan mengatakan padanya:

"Kabar gembira dengan segala yang menyenangkanmu, inilah hari yang telah dijanjikan padamu."

Ia bertanya pada orang tersebut; "Siapa kamu, duhai orang yang wajahnya membawa kebaikan? Saya adalah amal salehmu," jawabnya.

Lantas ia berdo'a; "Ya Allah, segera tegakkan hari kiamat sampai kiranya saya bisa kembali pada keluarga dan hartaku".

Baca juga: Jasad Guru Ngaji Viral, Ini 10 Golongan yang Jasadnya Utuh dalam Kubur

Sedangkan adanya azab kubur , maka hal ini telah dijelaskan dalam hadisnya Abu Darda radhiyallahu 'anhu, dikatakan bahwasannya tidaklah seorangpun baik kafir maupun munafik, laki maupun perempuan yang meninggal dunia, kemudian dipendam di dalam kuburnya melainkan pasti akan dikembalikan ruh ke dalam tubuhnya, langsung setelah selesai acara pemakamannya.

Lalu datanglah di dalam kuburnya dua malaikat, lantas keduanya mendudukannya dan bertanya sama seperti pertanyaan-pertanyaan di atas. Namun apabila dirinya tidak mampu menjawab dari pertanyaan tersebut, maka Allah Ta'ala segera memberitahu tentang kegagalannya, dan memerintahkan agar ia diberi empat hal.

Pertama: Pakaian dari neraka. Kedua: Dibukakan pintu dari kuburnya menuju neraka, sehingga panas dan hawa neraka masuk ke dalam kuburnya. Ketiga: Dipersempit kuburnya, sampai-sampai meremuk seluruh tulang-belulangnya. Keempat: Kabar buruk sedangkan ia didalam kuburnya, baginya setempel calon penduduk neraka.

Hal itu sebagaimana yang tercantum di dalam haditsnya Baraa' bin Azib radhiyallahu 'anhu, beliau mengatakan: "Bahwa Nabi Shalallahu 'alaihi wa sallam pernah bersabda tentang orang kafir apabila telah dipendam dalam kuburnya. Beliau bersabda:

Lalu setelah itu, ruhnya di kembalikan ke dalam tubuhnya. Datanglah dua malaikat, lantas mendudukkannya, dan bertanya: "Siapa Rabbmu?

Dia menjawab: "Hah..hah saya tidak tahu".

Keduanya bertanya lagi: "Apa agamamu?"

Dia masih menjawab: "Hah..hah saya tidak tahu."

"Siapa laki-laki ini yang telah diutus di antara kalian?"

"Hah..hah saya tidak tahu," jawabnya.

Maka terdengar suara dari langit, sungguh dusta apa yang ia ucapkan, berilah dia kasur dari neraka, bukakan untuknya pintu neraka. Lalu merembaslah hawa, bau dan panasnya neraka ke dalam kuburnya.

Kuburnya menjadi sempit sehingga tulang belulangnya menjadi remuk. Dalam keadaan seperti itu, datanglah seorang laki-laki yang berwajah buruk, pakaiannya jelek, dan baunya busuk, sembari mengatakan: 'Kabar untukmu yang telah berbuat buruk, inilah hari yang dulu pernah dijanjikan padamu."
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2147 seconds (10.55#12.26)