Dua Versi Tentang Pertobatan Malik Bin Dinar yang Dramatis

Rabu, 17 Juni 2020 - 17:35 WIB
loading...
Dua Versi Tentang Pertobatan Malik Bin Dinar yang Dramatis
Aku menumpahkan minuman kerasku, memecahkan botolnya, dan bertaubat kepada Allah. Foto/Ilustrasi/acathist.ru
A A A
DI kalangan pegiat tasawuf , kisah ketakwaan dan kesalehan Malik bin Dinar amatlah melegenda. Ia terkenal dengan zuhud dan kehati-hatiannya ( wara’ ). Pemilik nama lengkap Abu Yahya Malik bin Dinar al-Sami ini sebelumnya akrab dengan dunia hitam dan bergelimang dosa .

Segala bentuk maksiat pernah ia lakoni semasa lajang, seperti mabuk, menzalimi orang, memakan riba, dan sebagainya. “Orang menjauhiku akibat nista yang aku jalani,” katanya mengenang kehidupannya yang kelam.

Menurut Farid al-Din Attar dalam Tadhkirat al-Awliya, Malik bin Dinar adalah pria yang sangat tampan dan menyukai hal-hal duniawi, dan dia memiliki kekayaan yang begitu banyak. Dia tinggal di Damaskus, tempat Muawiyah membangun Masjid Agung, mewariskannya secara cuma-cuma.



Malik sangat menginginkan ditunjuk untuk menjadi imam masjid itu. Maka dia pergi dan menghamparkan sajadahnya di sudut masjid, dan (tetap) di sana selama satu tahun penuh dalam ketaatan beribadah , berharap bahwa siapa pun yang melihatnya akan menemukannya sedang salat.

“Betapa munafik nya engkau!” katanya pada dirinya sendiri.

Satu tahun berlalu dalam keadaan demikian. Pada malam harinya, dia akan meninggalkan masjid dan bersenang-senang. Suatu malam, dia menikmati musik, dan semua temannya sudah tertidur. Tiba-tiba sebuah suara datang dari kecapi yang dia mainkan.

“Malik, apa yang membuatmu tidak bertobat?”



Mendengar kata-kata ini, Malik menjatuhkan alat musiknya dan berlari ke masjid dengan sangat kebingungan.

“Selama satu tahun penuh aku telah menyembah Allah dengan kemunafikan,” dia berbicara dengan dirinya sendiri.

“Bukankah lebih baik aku seharusnya menyembah Allah dengan ketulusan? Sekarang aku begitu malu. Apa yang harus aku lakukan? Bahkan jika mereka menawariku posisi ini (sebagai imam), aku tidak akan menerimanya.”

Jadi dia telah memutuskan, dan dia memantapkan hatinya sepenuhnya menuju Allah. Malam itu dia beribadah dengan hati yang bersih.



Hari berikutnya orang-orang berkumpul seperti biasa di depan masjid.

“Kenapa ada perpecahan di masjid?” seru mereka. “Seorang imam harus ditunjuk untuk menjaganya.”

Mereka mencapai pandangan bulat bahwa tidak ada yang lebih cocok untuk jabatan itu daripada Malik. Jadi mereka mendatanginya. Dia sedang salat, jadi mereka menunggu dengan sabar sampai dia selesai.

“Kami datang untuk memohon agar engkau menerima penunjukkan ini,” kata mereka.

“Ya Allah,” seru Malik, “aku melayani-Mu dengan kemunafikan selama setahun penuh, dan tidak ada yang memandangku. Sekarang aku telah memberikan hatiku kepada-Mu dan dengan tegas memutuskan bahwa aku tidak menginginkan jabatan itu, Engkau telah mengirim dua puluh orang kepadaku untuk menempatkan tugas ini di leherku. Demi kemuliaan-Mu, aku tidak menginginkannya.”

Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2570 seconds (0.1#10.140)