Marhaban Ya Syahru Siyam, Ini 15 Keutamaan Ramadhan dan Dalilnya

Selasa, 29 Maret 2022 - 22:13 WIB
loading...
A A A
مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لَا يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا

Artinya: "Barang siapa yang memberikan makanan untuk berbuka bagi orang berpuasa maka dia akan mendapatkan pahala sebagaimana orang tersebut, tanpa mengurangi sedikit pun pahala orang itu". (HR. At Tirmidzi 807, Ahmad 21676, An Nasa'i 3332, Al Baihaqi 3952)

13. Terbukanya Pintu-pintu Rahmat
Keutamaan lain dari bulab Ramadhan adalah dibukan pintu rahmat oleh Allah Ta'ala. Rasulullah SAW bersabda:

إذا كان رمضان فتحت أبواب الرحمة، وغلقت أبواب جهنم، وسلسلت الشياطين

Artinya: "Jika bulan Ramadhan maka dibukalah pintu-pintu rahmat, ditutup pintu-pintu neraka dan setan dirantai." (HR Muslim 1079)

14. Sholat Malam Menghapus Dosa Lalu
Siapa yang mengerjakan sholat malam (Tarawih, Witir) pada bulan Ramadhan maka dosakanya yang lalu diampuni. Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Nabi bersabda:

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا، غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: "Barang siapa yang sholat malam pada Ramadhan karena iman dan ihtisab, maka akan diampuni dosa-dosa yang lalu." (HR Al-Bukhari)

15. Bulan Melatih Kesabaran
Selain bertabur pahala, Ramadhan merupakan bulan melatih kesabaran. Sebagaimana diketahui, sabar merupakan salah satu hal terpuji di sisi Allah. Rasulullah SAW bersabda:

وَإِذَا كَانَ يَوْمُ صَوْمِ أَحَدِكُمْ ، فَلاَ يَرْفُثْ وَلاَ يَصْخَبْ ، فَإِنْ سَابَّهُ أَحَدٌ ، أَوْ قَاتَلَهُ فَلْيَقُلْ إِنِّى امْرُؤٌ صَائِمٌ

Artinya: "Jika salah seorang dari kalian sedang berpuasa, maka janganlah berkata-kata kotor, dan jangan pula bertindak bodoh. Jika ada seseorang yang mencelanya atau mengganggunya, hendaklah mengucapkan: sesungguhnya aku sedang berpuasa." (HR Al-Bukhari 1904 dan Muslim 1151)

(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2288 seconds (0.1#10.140)