Semarak Tarhib Ramadhan di Masjid Nururrahman

Sabtu, 02 April 2022 - 15:20 WIB
loading...
Semarak Tarhib Ramadhan di Masjid Nururrahman
Ratusan warga meramaikan acara Tarhib Ramadhan Masjid Nururrahman di Kompleks Pelita Air Service Depok pada Kamis (31/3/2022) malam. Foto/Sudarsono
A A A
DEPOK - Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1443 H, Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Nururrahman menggelar Tarhib Ramadhan pada Kamis (31/3/2022) malam. Ratusan warga Komplek Pelita Air Service Depok mengikuti acara tersebut.

Kegiatan yang diselenggarakan selepas sholat Isya pukul 20.00 WIB, memutari Kompleks Pelita. Dengan menggunakan obor, sound system, hadroh, dan berbagai peralatan lainnya dibawa keliling Komplek Pelita dalam upaya memeriahkan acara tersebut. Tua muda, anak-anak hingga orang dewasa, laki-laki dan perempuan, turut ambil bagian mengikuti petunjuk agar Tarhib Ramadhan berjalan lancar.



"Kami sangat bersyukur, kegiatan Tarhib Ramadhan ini begitu semarak dan diikuti ratusan jamaah," ujar Mohammad Nashir, ketua BKM Nururrahman, Kamis (31/3/2022) malam.

Nashir menambahkan, kegiatan Tarhib Ramadhan melalui pawai obor ini sangat meriah, kendati hanya berkeliling Komplek Pelita. "Kita semua dapat melihat antusiasme warga dan jamaah menyambut datangnya Ramadhan kali ini," terangnya.

Sebab, kata Nashir, selama dua tahun kegiatan Ramadhan di Masjid Nururrahman, tidak ada kegiatan berkumpul, khususnya Tarhib Ramadhan, sebagaimana sebelum datangnya pandemi Covid-19. Sehingga, kata dia, warga berbondong-bondong mengikuti acara Tarhib Ramadhan tahun ini.

Ia menambahkan, pada Ramadhan tahun 1443 H ini, pihak BKM Nururrahman telah menyiapkan sekitar 20 kegiatan untuk memeriahkan Ramadhan. Mulai dari Tarhib Ramadhan, buka bersama, tarawih, santunan yatim, nuzulul quran, iktikaf, tadarus Al-Qur'an, Pesantren Kilat untuk anak-anak, Pesantren Muslimah, hingga khataman Al-Qur'an.

Nashir mengajak seluruh warga muslim Kompleks Pelita Air Service dapat memeriahkan dan mengisi Ramadhan tahun ini dengan kegiatan positif, sekaligus memperbanyak amaliah di bulan Ramadhan. "Saya mengajak jamaah untuk bersama-sama meningkatkan amaliah Ramadhan agar Ramadhan ini makin berkesan bagi diri pribadi, masyarakat, dan umat," ujarnya.

Salah satu jamaah sekaligus Koordinator Humas BKM Nururrahman Kelik Irawan mengungkapkan kebahagiaannya dapat mensyiarkan kegiatan Ramadhan kepada khalayak melalui berbagai event positif. "Sangat membanggakan, karena jamaah begitu rindu dengan kegiatan dan kumpul bersama setelah lama tak bisa beraktivitas maksimal akibat pandemi Covid-19," terang Kelik Irawan.

Ia berharap, kegiatan yang telah disusun oleh Pengurus BKM Nururrahman memberikan dampak positif bagi jamaah dalam mengisi Ramadhan sehingga terbentuk pribadi muslim muttaqin atau orang-orang yang bertakwa. Kegiatan Ramadhan yang disusun Pengurus BKM Nururrahman ini juga didukung oleh kepala lingkungan, mulai dari RT hingga RW.

Selain pemangku wilayah, kegiatan ini juga didukung oleh sejumlah stakeholder di wilayah RW 15 Kel. Rangkapan Jaya Baru, Pancoran Mas, Depok, seperti Paud Seruni, Yayasan Rumah Berkah Nusantara, Majelis Taklim Khairunnisa, Majelis Taklim Rumah Berkah, Muslimat NU Anak Ranting RW 15, dan Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Rumah Berkah.

Ketua Umum Yayasan Rumah Berkah Nusantara, Syahruddin El-Fikri, menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan BKM Nururrahman dalam menggelar Tarhib Ramadhan serta berbagai amaliah ibadah dalam mengisi Ramadhan. "Mari bersama-sama kita meningkatkan amaliah ibadah sepanjang Ramadhan, agar kita semua menjadi manusia yang bertakwa," ujar Syahruddin yang juga pengasuh Majelis Taklim Rumah Berkah tersebut.


(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2807 seconds (0.1#10.140)