Keutamaan Sujud Tilawah Salah Satunya Bikin Setan Menangis

Senin, 23 Mei 2022 - 21:44 WIB
loading...
Keutamaan Sujud Tilawah Salah Satunya Bikin Setan Menangis
Umat muslim diperintahkan Sujud Tilawah ketika membaca atau mendengar ayat Sajdah dalam Al-Quran. Foto/dok bincangsyariah
A A A
Sujud tilawah merupakan sujud yang dilakukan ketika kita membaca atau mendengar ayat-ayat Sajdah (اٰية السجدة) dalam Al-Qur'an.

Dalam mushaf Al-Qur'an ayat-ayat Sajdah ini biasanya diberi tanda tertentu seperti tulisan kata as-Sajdah dengan tulisan Arab di pinggir halaman sebaris dengan ayatnya. Atau dengan gambar seperti kubah kecil di akhir ayat.

Dikutip dari NU Online, hukum Sujud Tilawah ini adahal sunnah muakkad, artinya sangat ditekankan dan dianjurkan. Disyariatkannya sujud tilawah ketika membaca atau mendengar ayat Sajdah. Berikut salah satu keutamaannya berdasarkan Hadits berkut:

Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

إِذَا قَرَأَ ابْنُ آدَمَ السَّجْدَةَ فَسَجَدَ , اعْتَزَلَ الشَّيْطَانُ يَبْكِي , يَقُولُ: يَا وَيْلَهُ أُمِرَ ابْنُ آدَمَ بِالسُّجُودِ فَسَجَدَ فَلَهُ الْجَنَّةُ، وَأُمِرْتُ بِالسُّجُودِ فَأَبَيْتُ فَلِيَ النَّارُ

Artinya: "Ketika anak adam membaca ayat As-Sajdah kemudian ia bersujud maka setan menyendiri dan menangis. Ia berkata, "Celaka, anak Adam diperintah untuk bersujud dan ia pun bersujud maka baginya Surga. Dan aku telah diperintah untuk bersujud namun aku menolak maka bagiku neraka." (HR Muslim)

Hadis riwayat Imam Abu Dawud dari Ibnu Umar:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ عَلَيْنَا الْقُرْآنَ، فَإِذَا مَرَّ بِالسَّجْدَةِ كَبَّرَ، وَسَجَدَ وَسَجَدْنَا مَعَهُ

Artinya: "Adalah Nabi membacakan Al-Qur'an kepada kita, maka ketika melewati ayat As-Sajdah beliau bertakbir dan bersujud, dan kami pun bersujud bersamanya."

Dua hadist di atas menjelaskan anjuran untuk Sujud Tilawah. Selain membuat setan menangis, berikut beberapa keutamaannya:

1. Diangkat derajatnya dan dihapuskan semua dosa-dosanya oleh Allah.
2. Mendapat pahala Sunnah karena mengikuti anjuran Nabi Muhammad SAW.
3. Hati akan mendapatkan ketenangan saat bersujud.
4. Dijauhkan dari godaan setan yang terkutuk dan diselamatkan dari api neraka.
5. Didekatkan dengan pintu surga.

Itulah hukum Sujud Tilawah beserta keutamaannya. Semoga kita dimudahkan dalam menghidupkan amalan ini. Aamiin.

Bacaan Sujud Tilawah

Sajada wajhi lilladzi kholaqohu, wa showwarohu, wa syaqqo sam’ahu, wa bashorohu bi khaulihi wa kuuwatihi fatabarakallahu ahsanul kholiqiin.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1549 seconds (0.1#10.140)