Syaikh Muhammad al-Ghazali: Iman itu Ada 60 Macam Lebih atau 70 Cabang Lebih

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:03 WIB
loading...
Syaikh Muhammad al-Ghazali: Iman itu Ada 60 Macam Lebih atau 70 Cabang Lebih
Syaikh Muhammad al-Ghazali. (Foto/Ilustrasi/Ist)
A A A
Iman itu ada 60 macam lebih atau 70 cabang lebih. Pertanyaannya, apakah bagian-bagian ini tersusun bertindih-tindih antara sebagian dengan sebagian yang lain dengan begitu saja? Ataukah dia seperti barang dagangan yang dibeli oleh seseorang dari pasar kemudian diletakkan di dalam tasnya begitu saja sehingga memudahkan baginya untuk membawanya?

"Tidak!" jawab Syaikh Muhammad al-Ghazali dalam bukunya yang berjudul "al-Da'wah al-Islamiyyah Tastaqbil Qarnaha al-Khamis 'Asyar".

Menurutnya, sesungguhnya bagian-bagian itu bertingkat-tingkat sesuai dengan kepentingan dan nilainya. Dan setiap bagian mempunyai tempat yang tersendiri dan tidak dapat diganggu oleh yang lainnya.



Bagan yang menggambarkan bagian-bagian iman ini serupa dengan bagan organisasi pada suatu kementerian atau satu organisasi.

"Di sana ada direktur, ada wakil-wakil direktur, pekerja, dan ada pula pengawasnya. Di antara bagian-bagian itu ada garis hubungan secara timbal-balik, garis perintah dan garis produktif," jelasnya.

Sesungguhnya bagian-bagian iman yang jumlahnya ada puluhan itu seperti sebuah mobil yang memiliki bentuk, kerangka, stir, bahan bakar, rem, lampu, kursi, dan lain-lain. "Setiap bagian darinya memiliki tugas dan nilai tersendiri," ujarnya.

Syaikh Muhammad al-Ghazali adalah salah seorang tokoh kebangkitan Islam moderat pada abad ke-20 yang telah menulis lebih dari 94 buku. Agar tidak keliru, tokoh yang kita sebut ini berbeda dengan Imam Al-Ghazali (1058-1111), seorang filsuf dan teolog muslim Persia, yang dikenal sebagai Algazel di dunia Barat abad Pertengahan.

Syaikh Muhammad lahir di Desa Nakla al-‘Inab, Buhairah, Mesir, pada 22 September 1917. Syaikh Yusuf Al-Qardhawi dalam bukunya berjudul " Fiqih Prioritas " menyebut Syaikh Muhammad telah memberikan perhatian yang sangat besar kepada masalah fikih prioritas dalam buku-buku yang ditulisnya, terutama buku-buku yang ditulis menjelang akhir hayatnya.



Penyakit Pemikiran
Sejak peradaban Islam mulai muncul di permukaan, menurut Syaikh Muhammad, telah ada rukun iman dan perbuatan-perbuatan sunnah, perkara-perkara pokok dan cabang amalan hati dan amalan badaniah.

Satu hal yang terjadi pada sebagian manusia ialah bahwa satu bagian tertentu dari Islam itu menjalar memakan kepada bagian-bagian yang lain sebagaimana luka di badan yang menjalar dan menjangkiti bagian yang lain, sehingga tubuh itu hancur semuanya.

Menurutnya, kelompok Khawarij merupakan kelompok yang pertama kali terkena penyakit pemikiran ini, dan tidak memahami Islam sehingga mereka memerangi Ali atau melepaskan diri dari peristiwa tahkim, dan memerangi Umar bin Abd al-Aziz atau melaknat para nenek moyangnya, para penguasa Bani Umayyah.

Penguasaan pemikiran tertentu atas manusia, yang memenuhi kekosongan dirinya, akan menguasai dirinya dan tidak memberikan tempat kepada pemikiran yang lain.



Syaikh Muhammad al-Ghazali bercerita sbb:

Saya pernah berjumpa dengan seorang lelaki yang dikenal sebagai orang yang baik. Dia bertanya kepada saya: "Apakah engkau percaya dengan karamah Syaikh Fulan?"

Saya menjawabnya: "Saya belum pernah membaca riwayat hidup Syaikh itu."

Dia berkata, "Saya akan membawakan kepadamu buku yang menjelaskan riwayat hidupnya."

Tidak lama kemudian saya berjumpa dengannya, dan dia bertanya kepada saya, "Bagaimana pendapat kamu?"
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2875 seconds (0.1#10.140)