Kisah Menyayat Hati saat 72 Kepala Syuhada Karbala Dibawa ke Kufah

Senin, 15 Agustus 2022 - 05:15 WIB
loading...
A A A
Perlahan-lahan, para penduduk Kufah mempertanyakan keturunan dan asal para tawanan ini. Mereka memasuki Darul Imarah dengan keraguan dan pertanyaan-pertanyaan yang senada hingga akhirnya mendapatkan jawabannya dalam pertemuan Ubaidullah bin Ziyad, dan penyebab utama kesyahidan Imam Husain.

Di depan kemarahan para tawanan dan penduduk, Ubaidullah bin Ziyad mengambil tongkat kayu seraya memukul kepala mulia Husain dan menyatakan bahwa kejadian ini merupakan kemenangan baginya di medan laga, dan terbunuhnya Husain merupakan kehendak-Nya.

Setelah sehari (atau beberapa hari, menurut sebuah riwayat) Ibnu Ziyad membawa kepala-kepala para syuhada untuk berkeliling di lorong-lorong dan tempat-tempat di Kufah, ia kemudian mengirimkan mereka ke Yazid bin Muawiyyah di Syam.

Tugas ini diserahkan kepada Mukhaddhar bin Tsa’labah ‘Aidzi dan Syimr bin Dzil Jausyan. Ibnu Ziyad memerintahkan supaya tubuh Ali bin Husain diikat, kedua tangannya dikuncikan di leher, kemudian dinaikkan ke atas seekor unta yang tak berperlengkapan.

(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2829 seconds (0.1#10.140)