Doa agar Wafat Husnul Khotimah, Yuk Amalkan!

loading...
Doa agar Wafat Husnul Khotimah, Yuk Amalkan!
Semua orang tentu menginginkan wafat dalam keadaan husnul khatimah (akhir/penutup yang baik), Rasulullah SAW mengajarkan sebuah doa memohon husnul khatimah yang diriwayatkan oleh Imam Ath-Thabrani. Foto ilustrasi/ist
Husnul khatimah adalah meninggal dalam keadaan baik atau penutup yang baik. Sebaliknya, meninggal dalam keadaan keburukan dikatakan sebagai 'Suul Khatimah'. Oleh sebab itu hendaklah kita senantiasa merasa takut akan Suul-khatimah itu. Karena tidak mustahil Allah boleh mengubah kalbu hambaNya. Dia memberi petunjuk kepada siapa yang Dia sukai, dan menyesatkan pula siapa yang Dia sukai.

Untuk itu, semua orang tentu menginginkan wafat dalam keadaan husnul khatimah (akhir/penutup yang baik). Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam mengajarkan sebuah doa memohon husnul khatimah yang diriwayatkan oleh Imam Ath-Thabrani.

Baca juga: Amalkan 3 Surat Ini Insya Allah Hidup Bahagia dan Wafat Husnul Khatimah

Berikut doa yang diajarkan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam:

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ خَيْرَ عُمْرِي آخِرَهُ، وَخَيْرَ عَمَلِي خَوَاتِيمَهُ، وَخَيْرَ أَيَّامِي يَوْمَ أَلْقَاكَ فِيهِ


ALLOHUMMAJ'AL KHOIRO 'UMRII AAKHIROHU, WA KHOIRO 'AMALII KHOWAATIMAHU, WA KHOIRO AYYAAMII YAUMA ALQOO-KA FIIH

Artinya: "Ya Allah, jadikanlah sebaik-baik umurku adalah umur yang terakhirnya, sebaik-baik amalku adalah amal-amal penutupannya dan sebaik-baik hariku adalah hari saat aku menghadap-Mu."

Selain doa di atas, Al-Imam Al-Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad (rahimahullah) berkata dalam Kitab An-Nashaih Ad-Diniyyah. "Setiap muslim harus senantiasa memohon agar Allah Ta'ala berkenan mewafatkannya dalam husnul khotimah, karena setan yang terkutuk akan berkata: "Aduhai! Orang yang memohon husnul khotimah itu telah mematahkan tulang belakangku, celaka, kapan ia mau membangga-banggakan amalannya, aku khawatir, ia telah mengetahui tipu dayaku."

Berikut doa yang diajarkan Imam Abdullah bin Alwi Al-Haddad:

اَللّهُمَّ اخْتِمْ لَنَا بِاْلاِسْلاَمِ وَاخْتِمْ لَنَا بِاْلاِيْمَانِ وَاخْتِمْ لَنَا بِالْخَيْرِ وَاخْتِمْ لَنَا بِالسَّعَادَةِ وَاخْتِمْ لَنَا بِحُسْنِ الْخَاتِمَةِ


ALLAHUMMAKHTIM LANAA BIL ISLAAMI, WAKHTIM LANAA BIL IIMAANI, WAKHTIM LANAA BIL KHOIRI, WAKHTIM LANAA BIS SA'AADAH, WAKHTIM LANAA BIHUSNIL KHOOTIMAH.

Artinya: "Ya Allah akhirilah hidup kami dengan Islam, dengan membawa iman, dengan kebaikan, dengan kebahagiaan dan dengan husnul khatimah."

Adapun doa tersebut dianjurkan dibaca setiap selesai sholat fardhu lima waktu atau saat qiyamullail. Semoga Allah memberi kita taufik agar bisa mengamalkannya.

Baca juga: Melahirkan Generasi yang Mencintai Al-Qur'an Dimulai Sejak dalam Kandungan

Wallahu A'lam
(wid)
preload video