Kisah Heraklius Mewarisi Pusaka Nabi Danial Berisi Gambar Nabi Adam Sampai Nabi Muhammad SAW

Rabu, 14 September 2022 - 18:20 WIB
loading...
A A A
Mereka pun masuk menghadapnya, sedangkan kaisar duduk di atas pelaminannya, di hadapan para pastur Romawi. Segala sesuatu yang ada di majelisnya berwarna merah, raja sendiri memakai baju merah, dan segala sesuatu yang ada di sekitarnya semuanya berwarna merah.

Lalu utusan khalifah itu mendekati raja. Raja tertawa, lalu berkata, "Bagaimanakah menurut kalian jika kalian datang menghadap kepadaku dengan mengucapkan kalimat salam penghormatan yang berlaku di antara sesama kalian?"

Tiba-tiba di sisinya terdapat seorang lelaki yang fasih berbicara Arab lagi banyak bicara.



Hisyam dan rekannya menjawab: "Sesungguhnya salam penghormatan kami di antara sesama kami tidak halal bagimu, dan salam penghormatan kamu yang biasa kamu pakai tidak halal pula bagi kami memakainya."

Raja menjawab, 'Bagaimanakah ucapan salam penghormatan kalian di antara sesama kalian?"

"Assalamu 'alaika," jawab Hisyam.

"Bagaimanakah caranya kalian mengucapkan salam penghormatan kepada raja kalian?" tanya raja.

"Sama dengan kalimat itu!" jawab Hisyam.

"Bagaimanakah kalian mendapat jawabannya?" tanya raja lagi.

"Kalimat yang sama," jawab Hisyam.

"Kalimat apakah yang paling besar dalam ucapan kalian?" tanya raja.

"Tidak ada Tuhan selain Allah, dan Allah Mahabesar," jawab Hisyam.

Ketika Hisyam mengucapkan kalimah tersebut, tiba-tiba gedung istana itu bergetar sehingga si raja mengangkat kepalanya memandang ke atas gedung itu.

"Kalimat yang baru saja kalian ucapkan dan membuat gedung ini bergetar. Apakah setiap kalian mengucapkannya di dalam rumah kalian, lalu kamar-kamar kalian bergetar karenanya?" tanya raja.

"Tidak, kami belum pernah melihat peristiwa ini kecuali hanya di tempatmu sekarang ini?"

Raja berkata, "Sesungguhnya aku mengharapkan seandainya saja setiap kali kalian mengucapkan segala sesuatu bergetar atas kalian. Dan sesungguhnya aku rela mengeluarkan separo dari kerajaanku?"

"Mengapa?" tanya Hisyam.

Raja menjawab, "Karena sesungguhnya hal itu lebih mudah dan lebih layak untuk dikatakan bukan merupakan perkara kenabian, dan bahwa hal tersebut hanyalah terjadi semata-mata karena perbuatan manusia."

Kemudian raja menanyai mereka tentang tujuan utusan tersebut. Maka berceritalah mereka apa adanya. Setelah itu raja bertanya, "Bagaimanakah sholat dan puasa kalian?"
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1477 seconds (0.1#10.140)