Doa saat Melintasi Maqam Ibrahim Arab, Latin, dan Terjemahannya

Jum'at, 07 Oktober 2022 - 17:46 WIB
loading...
Doa saat Melintasi Maqam Ibrahim Arab, Latin, dan Terjemahannya
Doa saat melintasi Maqam Ibrahim tidaklah khusus namun dianjurkan. Foto/Ilustrasi: Ist
A A A
Doa saat melintasi maqam Ibrahim sebenarnya tidak ada doa khusus karena pada hakikatnya semua doa adalah baik. Namun ada beberapa bacaan (doa) yang bisa diucapkan ketika berada di tempat tersebut.



Berikut ini adalah doa ketika melintasi maqam Nabi Ibrahim AS . Para jamaah haji atau umrah disunahkan untuk membacanya,

رَبِّ أَدْخِلْنِي مُدْخَلَ صِدْقٍ وَأَخْرِجْنِي مُخْرَجَ صِدْقٍ وَاجْعَلْ لِي مِنْ لَدُنْكَ سُلْطَانًا نَصِيرًا. وَقُلْ جَاءَ الْحَقُّ وَزَهَقَ الْبَاطِلُ إِنَّ الْبَاطِلَ كَانَ زَهُوقًا
Rabbi adkhilnii mudkhala shidqin wa akhrijnii mukhraja shidqin waj‘allii min ladunka sulthaanan nashiiraa wa qul jaa’al-khaqqu wazahaqal-baathilu innal-baathila kaana zahuuqaa.

Artinya: “Ya Tuhan-ku, masukkanlah aku secara masuk yang benar dan keluarkanlah (pula) aku secara keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi Engkau kekuasaan yang menolong Dan katakanlah: “yang benar telah datang dan yang batil telah lenyap. Sesungguhnya yang batil itu adalah sesuatu yang pasti lenyap.”

Atau bisa juga membaca doa ini:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَأَنْتَ الأَعَزُّ الأَكْرَم
Allaahummaghfir liy wa Antal A’azzul Akrom

Artinya: "Ya Allah ampunilah aku, dan Engkau yang Maha Perkasa lagi Maha Mulia." (HR. Al-Baihaqi).



Dalam "Buku Doa dan Dzikir Manasik Haji dan Umrah" yang diterbitkan Direktorat Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kementerian Agama RI, dijelaskan Maqam Ibrahim adalah tempat pijakan Nabi Ibrahim waktu membangun Kakbah .

Tempat pijakan itu adalah batu ajaib yang dikaruniakan Allah sebagai mukjizat kepada Nabi Ibrahim, di mana batu itu dapat bergerak naik turun sesuai kemauan Nabi Ibrahim ketika beliau membangun tembok Kakbah.

Maqam Ibrahim merupakan bangunan yang mencakup batuan lebar yang terletak kurang lebih 20 hasta di sebelah timur Kakbah.

Supaya tidak salah, sebenarnya Maqam Ibrahim adalah bukan makam Nabi Ibrahim melainkan di dalam bangunan kecil ini terdapat sebuah batu yang diturunkan oleh Allah dari Surga bersamaan dengan batu-batu kecil lainnya yang terdapat di Hajar Aswad.

Maqam Ibrahim juga disebut dalam Al-Quran Surah Ali Imran.

"Adanya terdapat tanda-tanda yang nyata, (di antaranya) maqam Ibrahim; barangsiapa memasukinya (Baitullah itu) menjadi amanlah dia; mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam." ( QS Ali Imran : 97)

Selain itu, Allah SWT juga berfirman dalam Al-Quran bahwa saat berada di Maqam Ibrahim maka dianjurkan untuk melaksanakan sholat. "Dan jadikanlah sebahagian maqam Ibrahim tempat Shalat" ( QS AlBaqarah : 125)

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1316 seconds (0.1#10.140)