alexametrics

Sebaiknya Hindari Memakai Pakaian Syuhrah

loading...
Sebaiknya Hindari Memakai Pakaian Syuhrah
Berpakaian dan penampilan sederhana sangat dianjurkan dalam Islam, meskipun kita mampu untuk membeli pakaian yang mewah dengan harga yang tinggi. Foto ilustrasi/pinterest
Islam telah menganjurkan bagi penganutnya untuk berpakaian sempurna sejak awal matahari Islam terbit di Makkah. Pakaian yang bersih dan sempurna untuk kaum muslimin. Bukan pakaian kaum terbelakang yang tidak mengerti cara berpakaian.

Menurut para ulama, Allah Ta'ala bahkan memerintahkan memakai pakaian bersih dan sempurna ini sejak ayat-ayat awal diwahyukan kepada Rasulullah Shallallahu alaihi Wa Sallam. Seperti dalam firman-Nya :

وَثِيَابَكَ فَطَهِّرْ

"...dan pakaianmu bersihkanlah" (QS Al Muddatsir:4)



Ibnu Jarir Ath thabary berkata," Ayat ini turun setelah proses turun wahyu pertama kali di gua hira, takut dengan peristiwa yang terjadi di gua hira itu, Nabi shallahu alaihi wa sallam langsung pulang ke rumahnya dalam kondisi menggigil karena ketakutan, meminta sang istri untuk menyelimuti beliau, dalam kondisi seperti itu Allah turunkan ayat di atas, yang menjelaskan bahwa pentingnya menjaga pakaian dan kebersihannya". (Baca juga : Pandangan Al-Qur'an dalam Merawat Kecantikan dan Keindahan Gigi)

Ayat tersebut sekaligus memberikan isyarat bahwasannya pakaian di dalam Islam sangatlah penting serta mendapat perhatian yang besar. Setelah ayat pertama yang memerintahkan untuk membaca guna mendapatkan ilmu, lalu setelah itu langsung turun ayat yang memerintahkan untuk berpakaian yang bersih. Ini jelas – jelas perhatian yang sangat besar dari syariat soal pakaian, bahkan di dalam ayat yang lain Allah berfirman:



يَا بَنِي آدَمَ خُذُواْ زِينَتَكُمْ عِندَ كُلِّ مَسْجِدٍ

“Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid. Yakni setiap kali salat.” (QS. Al-A’raf: 31)

Kemudian firman Allah :
halaman ke-1 dari 4
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
cover top ayah
وَّاَنَّهٗ كَانَ رِجَالٌ مِّنَ الۡاِنۡسِ يَعُوۡذُوۡنَ بِرِجَالٍ مِّنَ الۡجِنِّ فَزَادُوۡهُمۡ رَهَقًا
Sesungguhnya ada beberapa orang laki-laki dari kalangan manusia yang meminta perlindungan kepada beberapa laki-laki dari jin, tetapi jin menjadikan manusia bertambah sesat.

(QS. Al-Jinn:6)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak