9 Fakta Unik Ghanim Al-Muftah, Pelantun Al-Qur'an di Piala Dunia Qatar 2022

loading...
9 Fakta Unik Ghanim Al-Muftah, Pelantun Al-Quran di Piala Dunia Qatar 2022
Suara indah Ghanim Al-Muftah melantunkan Al-Quran Surat Al-Hujurat Ayat 13 membuat suasana di Stadion Al Bayt Al Khor menjadi khidmat. Foto/dok theepochtimes
Sosok Ghanim Al-Muftah menjadi perhatian dunia setelah melantunkan ayat suci Al-Qur'an pada pembukaan P iala Dunia Qatar 2022, tadi malam (20/11/2022).

Lantunan suara indah Ghanim saat membaca Surat Al-Hujurat Ayat 13 membuat suasana di Stadion Al Bayt Al Khor menjadi khidmat. Peristiwa yang sangat langka dan baru pertama kali Al-Qur'an diperdengarkan di pentas sepak bola dunia.

Baca Juga: Profil Ghanim Al-Muftah Pelantun Surat Al-Hujurat Ayat 13 di Pembukaan Piala Dunia 2022

Ghanim tampil di atas panggung bersama bintang Hollywood Morgan Freeman. Ghanim mengenakan gamis putih dengan ikatan serban khas Arab bernama keffiyeh, kuffiyah (kufiyah).
9 Fakta Unik Ghanim Al-Muftah, Pelantun Al-Qur'an di Piala Dunia Qatar 2022

Siapakah Ghanim Al-Muftah? Berikut beberapa fakta tentang Ghanim Al Muftah, sosok penyandang disabilitas yang menginspirasi banyak orang:

1. Lahir dalam Kondisi Keterbatasan Fisik
Ghanim Al-Muftah lahir dalam kondisi langka yang dikenal dengan Caudal Regression Syndrome (CDS) atau kelainan pada tulang belakang bagian bawah. Setiap tahun Ghanim menjalani perawatan ahli bedah di Eropa. Ghanim lahir di Doha tanggal 5 Mei 2002 dan saat ini berusia 20 tahun.

2. Punya Karakter yang Menginpirasi
Ghanim Al-Muftah dikenal sebagai pribadi yang memiliki karakter luar biasa dan menginspirasi banyak orang. Meski tidak sempurna secara fisik, ia telah belajar mengatasi rintangan dengan kepemimpinan dan prestasi. Inilah yang membuatnya menjadi sosok unik dan inspiratif.

3. Tampil di Panggung Universitas Saat Usia 16 Tahun
Ghanim Al-Muftah terkenal dengan pidato-pidatonya yang inspiratif. Ia pernah tampil di panggung TEDxQatarUniversity pada Tahun 2018 saat berusia 16 tahun membahas sindrom regresi kaudal yang dialaminya.

4. Menyukai Olah Raga Ekstrem
Ghanim senang berpartisipasi dalam olahraga ekstrem seperti scuba diving, skateboard, panjat tebing dan lainnya. Ia juga menyukai sepak bola.

5. Punya Cita-cita sebagai Diplomat
Ghanim Al-Muftah punya cita-cita menjadi seorang Diplomat. Saat ini ia sedang menyelesaikan gelar sarjana Ilmu Politik.

6. Memiliki Saudara Kembar
Ghanim Al-Muftah memiliki saudara kembar bernama Ahmad Al Muftah. Ghanim Al-Muftah lahir dari pasangan Eman Ahmad dan Mohammed Al-Muftah.

7. Memiliki 3,3 Juta Pengikut di Instagram
Ghanim Al-Muftah adalah seorang Youtuber dan dikenal aktif di media sosial. Ia memiliki 3,3 juta pengikut di Instagram dan akun YouTube-nya "Ghanim Al-Muftah - غانم المفتاح" memiliki jumlah pengikut 823.000 Subscriber.

9. Pengusaha Termuda Qatar
Ghanim adalah seorang pengusaha termuda di Qatar. Ia mendirikan Gharissa Ice Cream (Es Krim Gharissa), sebuah perusahaan yang memiliki 6 cabang dan mempekerjakan 60 karyawan. Ghanim berusaha memperluas bisnisnya dan membuka waralaba di seluruh wilayah Teluk.

Itulah sosok Ghanim Al-Muftah, pemuda difabel asal Qatar yang menjadi Duta Piala Dunia 2022. Semoga kisahnya menginspirasi.

Baca Juga: 9 Fakta Menarik Qatar, Negara Muslim Pertama Gelar Piala Dunia 2022
(rhs)
preload video