40 Fakta Unik Tentang Islam yang Menarik untuk Diketahui

Senin, 28 November 2022 - 22:39 WIB
loading...
A A A
17. Al-Qur'an adalah satu-satunya kitab suci yang bisa dihafal oleh jutaan manusia sehingga keaslian dan kesuciannya selalu terjaga.

18. Jika agama lain bisa punya lebih dari 4 versi kitab suci yang berbeda satu dengan lainnya, maka Al-Qur'an hanya ada satu dan tak ada pertentangan di dalamnya.

19. Para astronot telah menemukan bahwa planet Bumi itu mengeluarkan semacam radiasi yang berpusat di Kota Mekkah, tepatnya berasal dari Ka'bah. Yang mengejutkan adalah radiasi tersebut bersifat infinite (tidak berujung), radiasi itu menembus planet Mars dan masih berlanjut. Peneliti mempercayai bahwa radiasi ini memiliki karakteristik dan menghubungkan antara Ka'bah di planet Bumi dengan Ka'bah di alam akhirat.

20. Penelitian lainnya mengungkapkan bahwa Batu Hajar Aswad merupakan batu tertua di dunia dan juga bisa mengambang di air.

21. Sholat pertama yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW menghadap Masjidil Haram adalah sholat Ashar bersama para sahabat, setelah sebelumnya berkiblat ke Masjidil Baitul Maqdis selama enam belas bulan.

22. Ibrahim adalah "Bapak" dari tiga agama besar, yakni Judaisme, Nasrani dan Islam.

23. Jumlah Malaikat tidak terhitung banyaknya dan hanya Allah yang dapat mengetahuinya.

24. Islam, berarti submisi atau menyerah kepada satu Tuhan, Allah. Islam juga berasal dari kata salam, perdamaian dan yang kedua dalam arti berserah diri. Demikian, arti dari Islam adalah kedamaian yang sempurna yang datang bila kita hidup berserah diri kepada Allah.

25. Nabi Muhammad SAW pernah membelah bulan menjadi 2 bagian, dengan hanya menunjuk bulan dengan jarinya. Diabadikan dalam Al-Qur'an Surah Al-Qamar ayat 1: "Sungguh telah dekat hari Kiamat, dan bulan pun telah terbelah."

26. Sebelum Nabi Ibrahim menginjakkan kakinya ke tanah Mekkah sudah ada bangunan Ka'bah yang telah dibangun oleh Malaikat dan generasi sebelum Nabi Ibrahim. Hal itu dapat dipahami dari kata "Yarfa'u" meninggikan berarti meninggikan bangunan yang sudah ada.

27. Nabi Muhammad SAW menyebutkan ada 73 golongan dalam Islam, dan hanya 1 yang akan masuk surga yaitu "Al-Jama'ah."

28. Nabi Muhammad SAW tidak bisa membaca dan tidak bisa menulis, namun ingatannya sangat kuat dan mengetahui hal-hal yang tidak diketahui manusia pada umumnya.

29. Kata-kata terakhir Nabi Muhammad SAW sebelum wafat adalah "Ummatii, ummatii, ummatii yang mengungkapkan betapa besar cintanya kepada umatnya.

30. Selama 23 kali perang semasa Rasulullah SAW memimpin, hanya sekali kekalahan yang di derita kaum muslimin, yakni Perang Uhud.

31. Nabi Musa adalah nama yang paling sering disebut dalam Al-Qur'an, sedangkan Maryam adalah satu-satunya nama perempuan yang disebut dalam Al-Qur'an.

32. Mushaf Al-Qur'an adalah kitab terlaris di benua Eropa.

33. Semua anak Nabi Muhammad SAW yakni, Al-Qasim, Abdullah dan Ibrahim, meninggal kurang lebih pada usia 2 tahun. Allah sengaja memanggil mereka lebih awal agar kaum muslimin tidak mengangkat mereka menjadi Rasul yang baru.

34. Imam Ali bin Abi Thalib adalah satu-satunya orang yang pernah lahir di dalam Ka'bah.

35. Hajar Aswad itu diturunkan dari surga, warnanya lebih putih daripada susu, dan dosa-dosa anak cucu Adam-lah yang menjadikannya hitam.

36. Al-Khowarizmi (matematika), Jabir Ibn Hayyan (kimia), Ibnu Khaldun (sosiologi dan sejarah), Ibnu Sina (kedokteran), Ar Razi (kedokteran), Al Biruni (fisika), Ibnu Batutah (antropologi) adalah contoh dari ratusan ilmuwan muslim yang menjadi rujukan dalam ilmu pengetahuan modern.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1148 seconds (0.1#10.140)