4 Tips agar Sholat Tahajud Terasa Mudah

Senin, 05 Desember 2022 - 15:05 WIB
loading...
4 Tips agar Sholat Tahajud Terasa Mudah
Sholat tahajud termasuk ibadah sunnah, namunbila melakukannya dengantata cara dan niat yang sungguh-sungguh mengharap ridha Allah Taala, maka sholat ini memberikan pahala yang melimpah. Foto ilustrasi/ist
A A A
Sholat Tahajud tergolong sebagai ibadah sunnah. Akan tetapi dengan melakukan tata cara dan niat yang sungguh-sungguh untuk mengharap ridho Allah Subhana wata'ala, maka sholat tahajud akan memberikan pahala yang melimpah.

Allah Ta'ala berfirman :

وَمِنَ الَّيۡلِ فَتَهَجَّدۡ بِهٖ نَافِلَةً لَّكَ ‌ۖ عَسٰۤى اَنۡ يَّبۡعَـثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحۡمُوۡدًا‏


Wa minal-laili fa tahajjad bihi nafilatal laka ‘asa ay yab’asaka rabbuka maqamam mahmuda

“Dan pada sebagian malam hari, bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Semoga Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji,” (QS Al Isra :79)

Baca juga: 5 Keutamaan Sholat Tahajud Bagi Umat Muslim

Sholat tahajud sebenarnya dapat dilakukan kapan pun di malam hari setelah waktu shplat isya’ hingga masuk waktu sholat subuh. Namun, waktu yang terbaik bagi umat muslim untuk mengerjakannya adalah sepertiga akhir pada malam hari yakni sekitar pukul 01.00 hingga 04.00.

Nah, bagaimana agar kiat mencintai shalat tahajud? Ada beberapa tipsnya. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tips agar sholat tahajud terasa ringan dan akan menjadi kebiasaan, yakni:

1. Paksakan Diri
Paksakan diri untuk tahajjud, suka atau tidak,ringan ataupun berat, paksakan diri untuk bangun tengah malam menjelang subuh.

2. Jadikan Kebiasaan
Beberapa bentuk paksaan akan berubah menjadi 'kebiasaan'. Kita akan merasa aneh jika tidak tahajjud, kita akan terbiasa bangun saat jam tahajjud, walaupun tanpa alarm.

3. Jadikan Keharusan
Kebiasaan yang berterusan di lakukan akan berubah menjadi 'kemestian'. Ukhti, mesti dan harus salat tahajjud. Di tahap ini sudah mulai tumbuh benih-benih cinta tahajjud, lalu akan merasa rugi jika tidak tahajjud.

4. Menikmati
Pada tahap ini tahajjud sudah menjadi kemestian..salat tahajjud berlama lama adalah 'kenikmatan'.
Sedangkan ketika terlewat tidak tahajjud akan membuat diri resah. Yang perlu kita lakukan adalah 'istiqomah' dan mengajak sebanyak banyaknya orang untuk tahajjud agar mereka pun dapat merasakan nikmatnya bertahajjud.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

ﺇِﻥَّ ﻓِﻲ ﺍﻟﻠَّﻴْﻞِ ﻟَﺴَﺎﻋَـﺔً، ﻻَ ﻳُﻮَﺍﻓِﻘُﻬَﺎ ﺭَﺟُـﻞٌ ﻣُﺴْﻠِﻢٌ ﻳَﺴْﺄَﻝُ ﺍﻟﻠﻪَ ﺧَﻴْﺮًﺍ ﻣِﻦْ ﺃَﻣْﺮِ ﺍﻟﺪُّﻧْﻴَﺎ ﻭَﺍْﻵﺧِﺮَﺓِ ﺇِﻻَّ ﺃَﻋْﻄَﺎﻩُ ﺇِﻳَّﺎﻩُ، ﻭَﺫَﻟِﻚَ ﻛُﻞَّ ﻟَﻴْﻠَﺔٍ


“Sesungguhnya di malam hari terdapat waktu tertentu, yang bila seorang muslim memohon kepada Allah dari kebaikan dunia dan akhirat pada waktu itu, maka Allah pasti akan memberikan kepadanya, dan hal tersebut ada di setiap malam.”
[HR. Muslim]

Pada waktu inilah hati seorang muslim lebih lembut dan lebih mudah kembali kepada Allah serta akan ditingkatkan keimanannya Ibnu Taimiyyah berkata,

الناس في آخر اليل يكون في قلوبهم من التوجه و التقرب و الرقة ما لا يوجد في غير ذالك الوقت


“Manusia pada akhir malam, keadaan hatinya akan fokus dan dekat kepada Allah serta lembut, di mana tidak didapati keadaan ini kecuali pada waktu tersebut." [Majmu’ Fatawa 5/130]

Baca juga: Perbedaan Antara Qiyamullail dan Tahajud

Wallahu A'lam.
(wid)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1351 seconds (10.55#12.26)