11 Keutamaan Ali bin Abi Thalib, Sepupu yang Juga Menantu Rasulullah SAW

Selasa, 06 Desember 2022 - 21:17 WIB
loading...
A A A
5. Keilmuannya Sangat Luas dan Faqih dalam Agama
Di antara hal yang paling menonjol dari Ali bin Abi Thalib adalah kuatnya pemahaman dan luasnya hikmah yang dimilikinya. Dan itu menjadi lebih istimewa saat beliau memiliki kemampuan menjawab persoalan dan mengambil keputusan dengan cepat dan tepat.

Seperti yang diriwayatkan oleh Ibnu Jarir, ia berkata: "Ada seorang Khawarij memanggil-manggil Ali padahal ia tengah mengerjakan shalat fajar. Laki-laki itu lantas membacakan ayat:

وَلَقَدْ اُوْحِيَ اِلَيْكَ وَاِلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكَۚ لَىِٕنْ اَشْرَكْتَ لَيَحْبَطَنَّ عَمَلُكَ وَلَتَكُوْنَنَّ مِنَ الْخٰسِرِيْنَ

"Dan sesungguhnya telah diwahyukan kepadamu dan kepada (nabi-nabi) yang sebelummu,' jika kamu mempersekutukan Tuhan, niscaya akan hapuslah amalmu dan tentulah kamu termasuk orang-orang yang merugi. (QS Az-Zumar: 65)

Secara spontan Sayyidina Ali menjawab dengan ayat sembari tetap mengerjakan sholat:

فَاصْبِرْ اِنَّ وَعْدَ اللّٰهِ حَقٌّ وَّلَا يَسْتَخِفَّنَّكَ الَّذِيْنَ لَا يُوْقِنُوْنَ

"Maka bersabarlah kamu, sesungguhnya janji Allah adalah benar dan sekali-kali janganlah orang-orang yang tidak meyakini (kebenaran ayat-ayat Allah) itu menggelisahkan kamu." (QS Ar Rum: 60)

6. Sahabat Paling Dekat dengan Nabi Secara Nasab
Sayyidina Ali adalah sepupu Rasulullah ﷺ sekaligus anak mantu beliau karena menikahi putri bungsu Rasulullah, Sayidatuna Fathimah. Darinya lahir dua pemuda penghulu ahli surga, yakni Hasan dan Husain radhiyallahu 'anhuma yang kemudian melahirkan Dzuriyah Nabi (keturunan Nabi Muhammad SAW).

7. Sahabat yang Dijamin dengan Surga
Nabi shollallohu 'alaihi wasallam bersabda:

عَشَرَةٌ فِى الْجَنَّةِ أَبُو بَكْرٍ فِى الْجَنَّةِ وَعُمَرُ فِى الْجَنَّةِ وَعُثْمَانُ وَعَلِىٌّ وَالزُّبَيْرُ وَطَلْحَةُ وَعَبْدُ الرَّحْمَنِ وَأَبُو عُبَيْدَةَ وَسَعْدُ بْنُ أَبِى وَقَّاصٍ

Artinya: "Ada sepuluh orang yang dijamin masuk surga: Abu Bakar di surga, Umar di surga, Utsman di surga, Ali di surga, Az-Zubair di surga, Thalhah di surga, Abdurrahman bin Auf di surga, Abu Ubaidah di surga, dan Sa’ad bin Abi Waqqash di surga." (HR at-Tirmidzi)

8. Orang Paling Zuhud Terhadap Dunia
Zuhud adalah sifat yang paling nampak pada kepribadian amirul mukmimin Ali bin Abi Thalib. Beliau tetap hidup sederhana meskipun faktor-faktor untuk hidup bergelimang harta terbuka untuk dirinya.

Kezuhudan beliau ini membekas kuat terhadap orang-orang yang ada di sekitarnya. Sehingga jadilah semacam madrasah yang sangat berpengaruh dalam sejarah umat. Hasan bin Shalih bin Hayyi berkata:"Orang-orang menyebut-nyebut orang yang zuhud di sisi Umar bin Abdul Aziz. Lalu beliau berkata:

أزهد الناس في الدنيا علي بن أبي طالب

"Manusia yang paling zuhud terhadap dunia adalah Ali bin Abi Thalib."

9. Sangat Pemurah dan Dermawan
Di antara kedermawanan beliau adalah pernah seorang laki-laki menemui Ali bin Thalib seraya berkata, "Wahai Amirul mukminin, saya memerlukan sesuatu darimu.Saya telah mengadukannya kepada Allah sebelum aku mengadukannya kepadamu. Jika Anda mau memenuhinya, saya akan memuji Allah dan sangat berterima kasih kepada-Nya. Tetapi, jika Anda tidak mampu memenuhinya, saya pun tetap memuji Allah dan tidak sekali pun menyalahkan anda."

Sayyidina Ali berkata kepada orang itu:

اكتب حاجتك على الأرض فإني اكره ان ارى ذل السؤال فى وجهك.

"Tulislah semua kebutuhanmu di atas tanah, karena aku tidak mau melihat kerendahan wajah peminta ada di wajahmu."

Laki-laki itu lalu menuliskan segala kebutuhannya. Setelahnya Ali membacanya, ia pun berkata: "Saya akan penuhi semua permintaanmu."
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1757 seconds (0.1#10.140)