Tanah Arab Menghijau Pertanda Kiamat? Ini Kata Ustaz Adi Hidayat

Kamis, 19 Januari 2023 - 05:10 WIB
loading...
A A A
Maknanya kira-kira begini, "Terus kalau Kiamatnya semakin dekat apa manfaatnya buat kamu." Maksud ayat Al-Quran di atas sebenarnya, ada hal penting yang harus diperhatikan setiap manusia, apakah bekalnya sudah siap menghadapi hari Kiamat.

"Andaikan sekarang terjadi Kiamat, bekal Anda bagaimana? Atau Kiamat kecil datang seperti meninggal dunia, apakah sudah punya bekal. Artinya, jangan berpikir dulu yang besar-besar sehingga lupa dengan hal yang paling besar yaitu cara kita menjalani kehidupan," jelas UAH.

Karena itulah Al-Qur'an menuntun kita untuk fokus beramal saleh dan mengisi kehidupan dengan cara yang benar dan bermanfaat. Sehingga baik Kiamat terjadi besok, lusa atau saat ini pun, kita sudah siap dengan amal-amal terbaik untuk kembali kepada Allah.

Tanda Kiamat Kecil
Di antara tanda-tanda perjalanan masa yang disampaikan oleh Rasulullah SAW perlu diriset agar kita mengetahui di posisi (fase) mana kita sekarang. Tujuannya agar kita bisa menyiapkan amal dan mengetahui apa saja tantangannya.

UAH menceritakan, Nabi pernah ditanya oleh Malaikat Jibril yang menyamar jadi manusia untuk membimbing manusia tentang perkara Islam, iman, ihsan. Semua dijawab Nabi dengan benar. Ketika Malaikat yang menyamar bertanya tentang kapan Kiamat terjadi, Nabi menjawab dengan sangat bijak: "Yang ditanya tidak lebih tahu dari pada yang bertanya."

Jawaban Nabi tersebut menegaskan bahwa Ilmu tentang hari Kiamat itu hanya di sisi Allah. Untuk memberi penjelasan kepada umatnya, Nabi diberi tahu oleh Allah tentang tanda-tandanya.

Di antara tanda-tanda kecilnya, budak (pembantu) melahirkan tuannya. Orang-orang Arab Badui berlomba-lomba meninggikan bangunan. Pasar kian mudah diakses. Waktu semakin terasa cepat. Fitnah meluas, manipulasi mulai marak. Berita bohong (hoaks) mulai bertebaran dan sebagainya.

"Setelah fase ini muncul banyak peperangan, karena orang tidak perduli lagi dengan ibadah. Ulama banyak meninggal dunia, tidak ada yang membimbing lagi. Manusia kehilangan pegangan akhirnya banyak kekacauan sehingga mencapai puncaknya terjadinya perang," terang UAH.

Dalam bab perang ini ada hal yang menarik. Disebutkan dalam Hadis riwayat Ibnu Hibban Nomor 6700 dan dikuatkan dalam Shahih Muslim (Kitabuz Zakah).

لا تقومُ السَّاعةُ حتَّى يكثُرَ الهَرجُ وحتَّى تعودَ أرضُ العرَبِ مُروجًا وأنهارًا

Artinya: "Hari Kiamat tidak berlaku sehingga terjadi banyak keributan (peperangan) dan tanah Arab menjadi subur makmur kembali dengan padang-padang rumput dan sungai-sungai." (HR Ibnu Hibban No 6700)

Maksudnya, terang UAH, Kiamat tidak akan terjadi sebelum melewati tanda berikut ini, yaitu banyaknya peperangan terjadi. Dengan peperangan itu kata Imam Nawawi dalam tafsirnya terjadilah sesuatu yang luar biasa.

Tanah Arab menjadi menghijau karena orang-orang mengabaikannya dan membiarkannya. Perempuan kehilangan suaminya dan kaum laki-laki menjadi sedikit akibat perang.

Alhasil tidak ada lagi yang mengurusinya sehingga membuat bumi Arab menjadi hijau begitu saja. Kemudian tumbuh banyak tanaman dan muncul sungai-sungai yang mengalir.

UAH menerangkan fenomena hari ini belum masuk ke tanda-tanda besar Kiamat. Namun, apabila sudah memasuki fase itu maka tantangan maksiatnya sangat tinggi.

Akan tiba satu masa ketika Nahi Mungkar (mencegah kemungkaran) lebih bernilai dari Amar Ma'ruf (mengajak kebaikan). Tantangannya semakin beragam, tapi pahalanya semakin besar pula.

"Memalingkan dari pandangan yang buruk (haram) berpahala. Menolak ajakan untuk menebar berita bohong (hoaks) dapat pahala. Menahan kata-kata buruk, berpahala," katanya.

Jadi, jangan fokus kepada sesuatu hanya dengan melihat berita viral saja. Apa yang menguatkan keimanan kita yang dengannya dapat menyiapkan bekal terbaik untuk kembali kepada Allah, itu yang terpenting.

"Tidak ada masalah jika ada kekhawatiran. Tapi bagaimana menjadikan rasa takut (khawatir) ini semakin meningkatkan ketakwaan kita. Khosyah, khouf (rasa takut) itu selalu bersanding dengan roja' (harapan). Harapannya agar dekat kepada Allah," jelas UAH.

Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1963 seconds (0.1#10.140)