Topik Terkait: Aisyah

  • 5 Sifat Teladan Sayyidah...
    Muslimah
    Rabu, 30 November 2022 - 22:38 WIB
    Sayyidah Aisyah radhiyallahu anha binti Abu Bakar adalah istri baginda Nabi Muhammad SAW yang sangat istimewa. Berikut 5 sifat teladan beliau yang patut ditiru.
  • Ketika Sayyidah Aisyah...
    Hikmah
    Selasa, 22 Desember 2020 - 17:03 WIB
    Di zaman Rasulullah, fitnah telah ada ketika dedengkot munafik Abdullah bin Ubay bin Salul melancarkan aksinya untuk menghancurkan kaum muslimin. Bahkan, istri Nabi tak luput dari fitnah tersebut.
  • Peristiwa Bulan Syawal:...
    Hikmah
    Selasa, 16 April 2024 - 15:05 WIB
    Nabi Muhammad menikahi Sayyidah Aisyah, putri Abu Bakar Ash-Shiddiq, pada bulan Syawal tahun kedua Hijriyah atau tahun 11 setelah kenabian, tepatnya dua tahun lima bulan setelah peristiwa hijrah.
  • Kisah Himah : Kerudung...
    Muslimah
    Rabu, 09 Februari 2022 - 16:23 WIB
    Ini sebuah kisah sederhana yang penuh hikmah dan pembelajaran bagi kaum muslimah di zaman ini. Kisah tentang kerudung yang dipakai keponakan dari ummul Mukminin Aisyah radhiyallahuanha.
  • Kisah Hikmah : Buka...
    Muslimah
    Senin, 21 Maret 2022 - 18:10 WIB
    Ada kisah menarik dari Ummul Mukminin Aisyah Radhiyallahuanha tentang berbuka puasa yang mengandung banyak hikmah ketika kita menjalankan ibadah puasa.
  • Gus Baha: Orang yang...
    Tausyiah
    Senin, 15 Maret 2021 - 19:36 WIB
    Ada satu fatwa Aisyah yang tidak diikuti ulama seluruh dunia. Beliau menyakini tidak terjadi mikraj. Mikraj itu bahasa mubaligh. Yang ada adalah isra saja, kata Gus Baha.
  • Begini Jawaban Rasulullah...
    Tausyiah
    Rabu, 25 Mei 2022 - 05:15 WIB
    Sebenarnya jika maut mendatangi seorang mukmin, ia mendapat berita gembira berupa ridha dan kemuliaan dari Allah, dan tidak ada sesuatu yang lebih ia cintai ketimbang yang ada di hadapannya.
  • Kisah Istri-Istri Rasulullah...
    Hikmah
    Minggu, 08 Mei 2022 - 06:23 WIB
    Kehidupan rumah tangga Rasulullah SAW tak lepas dari konflik. Sesama istri Nabi terkadang juga dibumbui rasa cemburu. Satu contoh adalah kisah Sayyidah Aisyah ra saat mencemburui Sayyidah Shafiyah.
  • Kisah Sayyidah Aisyah...
    Hikmah
    Rabu, 27 Juli 2022 - 16:16 WIB
    Satu ketika Aisyah sakit dan ditengarai disihir seorang budak perempuan miliknya. Sewaktu tidur Aisyah bermimpi agar dia mandi dari air tiga sumur yang berjauhan agar sembuh.
  • Ketika Sayyidah Aisyah...
    Hikmah
    Rabu, 11 November 2020 - 22:43 WIB
    Semua orang pasti mendambakan rumah tangga yang sakinah, dirahmati dan penuh berkah. Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam adalah sosok terbaik yang mengajarkan kita bagaimana memuliakan perempuan.
  • Hadis dari Sayyidah...
    Tausyiah
    Selasa, 01 Agustus 2023 - 05:15 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi menjelaskan di antara ulama yang mengharamkan bahwa musik dan lagu adalah haram bersandar pada hadis dari Sayyidah Aisyah ra. Hadis tersebut berbunyi sebagai berikut:
  • Kisah Hikmah : Ketika...
    Muslimah
    Kamis, 01 Juni 2023 - 11:21 WIB
    Kisah ini datangnya dari ummul mukminin Aisyah radhiyallahuanha. Kisah ini dikutip dari kitab Masuliyyatun Nisaa Fil amri bil Maruf wan Nahyi Anil Munkar karangan DR. Fadhl Ilahi Dhahir.
  • Diskusi Sayyidah Aisyah...
    Muslimah
    Kamis, 06 Januari 2022 - 14:31 WIB
    Sayyidah Aisyah radhiyallahuanha menerima tamu seorang perempuan Yahudi di rumahnya. Perempuan tersebut mengajak sayyidah Aisyah untuk berdiskusi. Ternyata yang diperbincangkan dua wanita ini adalah tentang azab kubur.
  • Ini Penyebab Retaknya...
    Hikmah
    Minggu, 24 Januari 2021 - 14:09 WIB
    Gara-gara Haditsul Ifk itulah, Sitti Aisyah r.a. sangat kecewa mendengar Ali bin Abi Thalib r.a. dibaiat sebagai Khalifah oleh penduduk Madinah.
  • Begini Penjelasan Gus...
    Tausyiah
    Kamis, 24 Februari 2022 - 14:58 WIB
    Gus Baha memaparkan argumentasi mengapa Siti Aisyah mengingkari bahwa Nabi Muhammad bertemu Allah ketika Mikraj. Ini untuk menjaga konstitusi agama, ujar Gus Baha.
  • Doa Nabi Muhammad SAW...
    Tausyiah
    Rabu, 04 September 2024 - 16:53 WIB
    Imam Ahmad dalam Musnadnya disebutkan Nabi SAW bersabda: Adapun saudara saudaraku yang aku rindu kepada mereka, mereka adalah orang-orang yang beriman kepadaku namun mereka belum pernah melihatku.
  • Rahasia di Balik Pernikahan...
    Hikmah
    Minggu, 17 Mei 2020 - 15:15 WIB
    Siti Aisyah adalah satu-satunya wanita yang dinikahi Rasulullah SAW dalam keadaan masih gadis atau perawan. Dengan Siti Aisyah, hidup Nabi sangat bewarna dan romantis.
  • Kisah Nazar Sayyidah...
    Hikmah
    Kamis, 22 September 2022 - 10:41 WIB
    Ibnu Zubair meminta tolong para sahabat agar mempertemukan dengan Aisyah. Demi Allah, tidaklah halal (baik) baginya bernazar untuk memutuskan hubungan denganku.
  • Ini Mengapa Sayyidah...
    Hikmah
    Rabu, 06 September 2023 - 14:20 WIB
    Sayyidah Aisyah ra disebut ummul mukminin (ibunda kaum mukminin) karena semua istri Rasulullah SAW adalah ibunda kaum mukminin sebagai penghormatan dan pemuliaan. Selain itu, beliau juga dipanggil Ummu Abdillah.
  • Masjid Terdekat Sekitar...
    Dunia Islam
    Senin, 22 Mei 2023 - 14:23 WIB
    Banyak masjid terdekat di sekitar Masjidil Haram, begitu juga yang bersejarah. Berikut ini 4 di antaranya, yang bisa dikunjungi saat melakukan haji atau umrah.