Topik Terkait: Akhlak Muslim (halaman 29)

  • Memaafkan, Akhlak Mulia...
    Muslimah
    Minggu, 21 Februari 2021 - 05:00 WIB
    Bermusuhan adalah perbuatan yang sangat dilarang oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam untuk dilakukan kaum muslimin. Rasul menganjurkan untuk saling memaafkan. karena sikap ini bisa menghapus dosa-dosa.
  • Istri pun Manusia Biasa,...
    Muslimah
    Rabu, 09 September 2020 - 07:21 WIB
    Seorang istri yang selalu mendampingi suami bukanlah bak bidadari surga, yang tidak memiliki cacat atau kurang sedikit pun, entah fisiknya maupun akhlaknya, yang harus terlihat sempurna dan sesuai keinginannya.
  • Malu sebagai Sikap Terpuji,...
    Muslimah
    Selasa, 15 Maret 2022 - 12:45 WIB
    Islam memerintahkan dan menganjurkan umatnya untuk berakhlak dengan rasa malu dan menjadikannya sebagai bagian dari iman yang dimiliki. Sangat banyak hadis-hadis yang terkait dengan rasa malu ini.
  • Pesan Imam Al Ghazali...
    Muslimah
    Selasa, 13 Oktober 2020 - 16:49 WIB
    Islam juga tidak mengabaikan betapa banyak manfaat sekaligus mendatangkan kebahagiaan tersendiri bagi anak perihal bermain. Inilah nasehat Imam Al Ghazali tentang hak anak untuk bermain ini
  • Semakin Taat Semakin...
    Muslimah
    Minggu, 16 Agustus 2020 - 06:05 WIB
    Saat ini, istilah hijrah menjadi sangat populer. Bahkan fenomenanya sudah berlangsung dalam beberapa tahun terakhir hampir di semua kalangan masyarakat.
  • Mendoakan Orang Lain,...
    Tips
    Jum'at, 24 Desember 2021 - 15:16 WIB
    Tidak akan rugi seseorang yang mendoakan kebaikan untuk orang lain, terlebih lagi jika mendoakannya secara diam-diam. Karena doa yang kita minta untuk orang lain itu merupakan salah satu sebab terkabulnya hajat kita.
  • Kisah Muslim Menaklukkan...
    Dunia Islam
    Rabu, 18 September 2024 - 04:16 WIB
    Penaklukan Islam ke Sicilia dimulai ketika khalifah diduduki oleh Muawiyah dengan mengirimkan armada laut yang dipimpin oleh Muawiyah bin Khudayj.
  • Mengatasi Problem Rumah...
    Muslimah
    Kamis, 10 Desember 2020 - 09:22 WIB
    Islam telah mengajarkan tuntunannya dalam memanjemen konflik sebuah rumah tangga. Bagaimana hendaknya sikap seorang suami, istri, bahkan mertua dalam menyikapi perselisihan yang ada di rumah tangga.
  • Zakat Fitri Wajib Bagi...
    Tausyiah
    Kamis, 06 Mei 2021 - 04:39 WIB
    Disukai mengeluarkan zakat fitri bagi janin, maka zakat itu hanyalah dikeluarkan bagi janin yang telah ditiupkan ruh padanya. Sedangkan ruh, belum ditiupkan kecuali setelah empat bulan.
  • Agar Anak Tidak Durhaka...
    Muslimah
    Senin, 09 Agustus 2021 - 07:05 WIB
    Anak sejatinya adalah amanat bagi bapak dan ibunya (kedua orang tuanya). Hati mereka suci dan bersih lahir batin bahkan sebelum mereka dilahirkan. Namun kenapa masih ada anak durhaka kepada orang tuanya?
  • 6 Sifat Wanita yang...
    Muslimah
    Sabtu, 01 Juli 2023 - 10:07 WIB
    Imam Al-Ghazali mengingatkan dalam nasihatnya bahwa ada sifat-sifat wanita yang harus diwaspadai agar tidak dipilih untuk dipersunting menjadi seorang istri bagi laki-laki yang beriman. Sifat-sifat apakah itu?
  • Ini yang Dilakukan Umar...
    Hikmah
    Senin, 24 Januari 2022 - 16:12 WIB
    Para ulama berbeda pendapat tentang berapa lama suami wajib menyetubuhi istrinya. Kisah Umar bin Khattab dijadikan dasar bahwa setidaknya enam bulan sekali.
  • Benih-Benih Cinta Itu...
    Tausiyah
    Minggu, 05 April 2020 - 14:29 WIB
    Seiring menjalarnya wabah yang kian menunjukkan belum ada tanda-tanda penurunan, kini semilir cinta mulai tumbuh bersemi dalam sanubari anak manusia.
  • Muslimah, Waspadai dan...
    Muslimah
    Sabtu, 22 Agustus 2020 - 15:44 WIB
    Imam Al-Ghazali mengingatkan dengan nasehatnya, ada sifat-sifat perempuan yang harus diwaspadai agar tidak dipilih untuk dipersunting menjadi seorang istri bagi laki-laki yang beriman
  • Hak-hak Istri Atas Diri...
    Muslimah
    Selasa, 08 Agustus 2023 - 14:12 WIB
    Bagi istri, selain kewajiban yang harus dijalankan, ada hak-hak tertentu yang ia harus dapat dari suaminya. Soal hak-hak istri atas suaminya, Allah Taala berfirman dalam surah Al Baqarah : 228.
  • Islam di Eropa, Bagian...
    Dunia Islam
    Rabu, 11 Agustus 2021 - 10:48 WIB
    Islam di Eropa telah jadi bagian tak terpisahkan dari sejarah dan budaya, dan bukan sesuatu dari luar Benua Biru.
  • 2 Doa Memohon Amal Ibadah...
    Tips
    Jum'at, 21 Januari 2022 - 08:51 WIB
    Kewajiban seorang muslim adalah untuk senantiasa beribadah kepada Allah Subhanahu wa taala. Melaksanakan sholat fardu lima waktu, ditambah puasa Ramadhan dan ibadah-ibadah lainnya yang dicontohkan Rasulullah
  • Keutamaan Memaafkan,...
    Hikmah
    Rabu, 10 Mei 2023 - 11:06 WIB
    Banyak keutamaan dari sifat memaafkan. Sebab memaafkan merupakan sifat terpuji dan bagian dari akhlak mulia yang telah diperintahkan oleh Allah Shubhanahu wa Taalla pada para nabi serta hamba -Nya.
  • Hari Kedua Perang Kadisiah:...
    Hikmah
    Senin, 19 Oktober 2020 - 10:25 WIB
    Pertempuran hari itu berlangsung terus sampai malam hari dan pasukan Muslimin melihat ada peluang akan menang. Dengan tak adanya pasukan gajah di pihak Persia pasukan Muslimin merasa diringankan.
  • Kewajiban yang Harus...
    Muslimah
    Kamis, 24 Agustus 2023 - 17:49 WIB
    Dalam Islam, pertumbuhan dan perkembangan anak ada fase yang harus diperhatikan terutama di fase-fase anak mengalami akil baligh. Ada perbedaan tanda akil baligh pada anak perempuan dan akil baligh anak laki-laki.