Topik Terkait: Akta Kematian

  • Cara Mengingat Kematian...
    Tausyiah
    Jum'at, 02 Desember 2022 - 13:38 WIB
    Mengingat kematian adalah anjuran penting yang sangat ditekankan oleh Rasulullah Shallalahu Alaihi wa Salam. Ada banyak hadis yang mengingatkan agar umat Islam selalu mengingat kematian.
  • Nasihat yang Paling...
    Muslimah
    Senin, 16 November 2020 - 10:12 WIB
    Banyak tetangga kita, teman kita, orang lain yang dia meninggal dunia. Itulah nasihat buat kita agar kita bertaubat kepada Allah, agar kita kembali kepada Allah, agar kita melaksanakan tauhid menjauhkan syirik, melaksanakan sunnah dan menjauhkan bidah.
  • Amalan yang Bisa Mengingatkan...
    Tips
    Selasa, 15 November 2022 - 09:54 WIB
    Mengingat mati atau kematian termasuk salah satu akhlak terpuji dan perilaku mulia. Bagaimana tidak, mengingat kematian bukan sekadar ingat dan tidak lupa, namun lebih dari itu mengingat kematian berarti mempersiapkan bekal sebelum ajal datang.
  • Inilah Mengapa Manusia...
    Tausyiah
    Kamis, 15 Juli 2021 - 17:11 WIB
    Sesungguhnya ada dua perkara yang dibenci oleh manusia, padahal dua perkara tersebut baik bagi seorang Mukmin. Apa ittu? Kematian dan kefakiran.
  • Kematian Menurut Al-Quran:...
    Tausyiah
    Sabtu, 07 September 2024 - 09:45 WIB
    Ayat-ayat Al-Quran dan hadis Nabi menunjukkan bahwa kematian bukanlah ketiadaan hidup secara mutlak, tetapi ia adalah ketiadaan hidup di dunia, dalam arti manusia yang meninggal hakikatnya masih hidup.
  • Ziarah Kubur Perbanyak...
    Hikmah
    Jum'at, 12 April 2024 - 09:49 WIB
    Salah satu tradisi saat merayakan Idulfitri di Indonesia yakni ziarah kubur. Tradisi yang baik untuk selalu mengingat kematian. Mengapa demikian?
  • Potret Penyesalan Setelah...
    Muslimah
    Minggu, 19 September 2021 - 15:10 WIB
    Kesempatan hidup hanya sekali, jangan sampai penyesalan terjadi setelah kematian nanti. Karenanya pergunakan kesempatan di dunia untuk ibadah dan melakukan aktivitas yang berfaedah.
  • Syariat Merespons Kematian;...
    Muslimah
    Kamis, 03 November 2022 - 10:52 WIB
    Syariat Islam tidak membolehkan meratapi dan berteriak histeris terhadap mayit. Kebiasaan meraung-raung terhadap mayit ini dilakukan masyarakat musyrik Quraisy di jazirah arab sejak lama, yakni sebelum Islam.
  • Kisah Gagak, si Burung...
    Hikmah
    Senin, 02 Januari 2023 - 10:04 WIB
    Burung gagak sering dianggap mistis karena selalu dikaitkan dengan perihal kematian. Dan tahukah Anda, bahwa burung ini ternyata sudah ada sejak zaman Nabi Adam diturunkan ke bumi?
  • 3 Pesan Habib Quraisy...
    Tausyiah
    Sabtu, 03 April 2021 - 16:58 WIB
    Pengasuh Ponpes ASh-Shidqu Kuningan Jawa Barat Al-Habib Quraisy Baharun menyampaikan nasihat tentang kematian. Pesan ini disampaikannya untuk mengenang kepergian Al-Habib Abdillah Bin Gasim Baharun.
  • Mike Tyson, Sakaratul...
    Tausyiah
    Sabtu, 20 November 2021 - 14:04 WIB
    Mike Tyson menyebut kematian itu indah. Hidup dan mati keduanya harus indah, tetapi kematian memiliki ekor yang buruk, tuturnya. Lalu benarkah kematian itu indah?
  • Siapakah yang Layak...
    Tausyiah
    Sabtu, 25 Mei 2024 - 10:50 WIB
    Siapa yang berhak mendapat gelar syuhada dalam kematian Islam? Sebenarnya seperti apa kematian syuhada tersebut dan apa saja keutamaannya?
  • Kematian Tak Hanya Sekali...
    Tausyiah
    Jum'at, 23 Agustus 2024 - 06:42 WIB
    Kematian pertama dialami oleh manusia sebelum kelahirannya, atau saat sebelum Allah menghembuskan roh kehidupan kepadanya sedang kematian kedua, saat ia meninggalkan dunia yang fana ini.
  • 3 Hal yang Bisa Mengingatkan...
    Muslimah
    Jum'at, 05 November 2021 - 06:40 WIB
    Mengingat kematian bukan sekadar ingat dan tidak lupa, namun lebih dari itu mengingat kematian berarti mempersiapkan diri dengan bekal sebelum ajal datang.
  • Benarkah Gagak adalah...
    Hikmah
    Kamis, 20 Januari 2022 - 14:23 WIB
    Burung gagak khususnya gagak hitam sering kali dianggap mistis karena selalu dikaitkan dengan perihal kematian. Benarkah demikian? Bagaimana Islam memandang mitos burung gagak ini?
  • Kisah Wafatnya Nabi...
    Hikmah
    Kamis, 03 Maret 2022 - 16:21 WIB
    Seorang lelaki meminta dirinya dijauhkan dari Izrail. Kemudian Nabi Sulaiman memerintahkan angin untuk menghantarkanya sampai ke ujung negeri India dalam waktu sekejap saja.
  • Gus Baha Bercerita Tentang...
    Tausyiah
    Rabu, 04 Agustus 2021 - 20:51 WIB
    KH Ahmad Bahauddin Nursalim (Gus Baha) bercerita tentang hakikat kematian dan wabah Corona. Dalam tausiyahnya, beliau menerangkan salah satu kalam hikmah Sayyidina Ali.
  • 3 Doa Pendek Memohon...
    Tips
    Senin, 29 Mei 2023 - 10:30 WIB
    Dalam Islam, kematian adalah hal yang pasti dan tak ada manusia yang tahu kapan ajalnya tiba. Namun semua orang pasti mendambakan wafat dalam keadaan husnul khatimah (akhir/penutup yang baik).
  • Kematian, Satu-satunya...
    Tausyiah
    Jum'at, 02 Oktober 2020 - 07:58 WIB
    Betapa kehidupan ukhrawi itu tidak sempurna, sedang di sanalah diperoleh keadilan sejati yang menjadi dambaan setiap manusia, dan di sanalah diperoleh kenikmatan hidup yang tiada taranya.
  • Kisah Kematian Dajjal...
    Hikmah
    Senin, 16 Oktober 2023 - 18:22 WIB
    Kota Lod yang dalam bahasa Arab disebut Al-Ludd merupakan tempat yang dinubuwahkan Nabi sebagai lokasi kematian Dajjal, si Mesias palsu menjelang Kiamat.