Topik Terkait: Amalan Sunnah Muharram (halaman 405)

  • Kondisi Dunia dan Kaum...
    Hikmah
    Jum'at, 24 Februari 2023 - 14:54 WIB
    Kondisi dunia dan kaum muslim setelah terbunuhnya Dajjal amatlah damai dan makmur. Hanya saja, setelah 7 tahun kondisi kembali bergolak setelah Allah SWT mengutus Yajuj dan Majuj.
  • Hikmah, Kebajikan yang...
    Tausyiah
    Rabu, 01 Maret 2023 - 14:19 WIB
    Cak Nur mengatakan tujuan seorang Rasul diutus kepada umat manusia antara lain untuk mengajarkan Kitab Suci dan hikmah kepada mereka. Lalu, apa yang dimaksud hikmah?
  • Tata Cara Ziarah Kubur...
    Tips
    Rabu, 08 Maret 2023 - 07:15 WIB
    Ziarah kubur sudah menjadi tradisi kaum muslim di Indonesia menjelang bulan suci Ramadan. Berikut tata cara ziarah kubur lengkap bacaan doa dan artinya
  • Aset Kekayaan Sayyidina...
    Hikmah
    Kamis, 09 Maret 2023 - 05:15 WIB
    Sayyidina Utsman merupakan sahabat Nabi yang kaya raya dan dermawan. Jika dihitung, aset kekayaan Utsman bin Affan mencapai Rp22 Triliun. Berikut 5 kiat sukses bisnisnya.
  • Hukum Puasa di Akhir...
    Tausyiah
    Sabtu, 11 Maret 2023 - 07:15 WIB
    Banyak yang bertanya tentang hukum puasa di akhir bulan Syaban, benarkah dilarang? Mari kita simak penjelasan Ustaz Ahmad Syahrin Thoriq berikut.
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Benarkah Keluarga Mukmin...
    Muslimah
    Kamis, 23 Februari 2023 - 08:20 WIB
    Benarkah sebuah keluarga mukmin di dunia akan kembali dipertemukan di surga kelak? Bagaimana dalilnya dan apa saja gambaran pasangan keluarga surga tersebut?
  • Surat Yusuf Ayat 90:...
    Hikmah
    Rabu, 22 Februari 2023 - 22:04 WIB
    Selesai sudah pelajaran yang diberikan Nabi Yusuf kepada saudara-saudaranya. Saudaranya terheran-heran ketika Nabi Yusuf mengakui dirinya adalah Yusuf putra Yakub alaihissalam.
  • Sujud Syukur Dunia Islam...
    Hikmah
    Senin, 27 Februari 2023 - 05:15 WIB
    Sultan Muhammad Al-Fatih dan pasukannya sukses menaklukkan Konstantinopel pada hari Selasa, tanggal 20 Jumadil Ula 857 H atau bertepatan dengan 29 Mei 1453 M.
  • Asosiasi Mahad Aly se-Indonesia...
    Dunia Islam
    Kamis, 02 Maret 2023 - 23:08 WIB
    Asosiasi Mahad Aly se-Indonesia (Amali) mengadakan silaturahim nasional keempat memebahas lima agenda penting terkait standar pendidikan pesantren.
  • Pahala Bacaan Al-Quran...
    Hikmah
    Rabu, 08 Maret 2023 - 17:46 WIB
    Dalam satu kajian Ustaz Amru Hamdany diceritakan kisah Syaikh Izzuddin bin Abdis Salam, Sulthanul Ulama kelahiran Damaskus (wafat 660 H) terkait pahala bacaan Al-Quran kepada mayit.
  • Keutamaan Sholat Subuh...
    Tausyiah
    Kamis, 09 Maret 2023 - 18:26 WIB
    Sholat Subuh dan Ashar berjamaah memiliki keutamaan tersendiri. Siapa yang istiqomah mengerjakan kedua sholat ini secara berjamaah maka ia akan mendapatkan fadhilah besar.
  • 13 Hari Menjelang Puasa...
    Tausyiah
    Kamis, 09 Maret 2023 - 21:41 WIB
    Bulan Ramadan 1444 Hijriyah tinggal hitungan hari. Selain memperbanyak doa dan istighfar, berikut 3 bekal terbaik menyambut bulan Ramadan yang penuh berkah.
  • Islam Melarang Perasaan...
    Hikmah
    Selasa, 14 Maret 2023 - 14:30 WIB
    Islam sangat melarang atau tidak mengenal nasib sial/perasaan sial, bahkan merasa diri bernasib sial bisa masuk katagori syirik. Di dalam Islam hal itu dinamakan at thatayyur.
  • 9 Peristiwa Penting...
    Dunia Islam
    Rabu, 15 Maret 2023 - 10:25 WIB
    Bulan suci Ramadan segera tiba. Bulan mulia yang dikenal dengan bulan yang penuh dengan keistimwaan dan keutamaan. Salah satunya, dibuktikan dengan banyak peristiwa penting yang turun pada bulan ini.
  • Cak Nur: Puasa Salah...
    Tausyiah
    Kamis, 16 Maret 2023 - 13:49 WIB
    Dalam hal Islam, puasa menjadi salah satu bukti bahwa agama itu merupakan kelanjutan dan penyempurnaan dari agama-agama Allah yang telah diturunkan kepada umat-umat sebelumnya.
  • Kisah Sebuah Teladan...
    Hikmah
    Sabtu, 18 Maret 2023 - 19:48 WIB
    Tidak ada khalifah yang paling mencintai ukhuwwah, ketika orang berusaha menghancurkannya, seperti Ali ibn Abi Thalib. Baru saja dia memegang tampuk pemerintahan, beberapa orang tokoh sahabat melakukan pemberontakan.
  • Bolehkah Mengucapkan...
    Tausyiah
    Sabtu, 18 Maret 2023 - 19:09 WIB
    Ketika mendapat perlakukan tidak baik, seperti dizalimi orang lain, pasti kita merasa sakit hati dan marah. Ada perasaan dendam dan ingin membalasnya bukan? Lalu bagaimana seharusnya seorang mukmin bersikap?
  • Ayat-Ayat Kauniyah dalam...
    Tausyiah
    Senin, 20 Maret 2023 - 05:15 WIB
    Al-Quran yang terdiri atas 6.236 ayat menguraikan berbagai persoalan hidup dan kehidupan, antara lain menyangkut alam raya dan fenomenanya. Uraian sekitar persoalan tersebut sering disebut ayat-ayat kauniyah.
  • Sholat Tarawih Berapa...
    Tausyiah
    Selasa, 21 Maret 2023 - 17:25 WIB
    Sholat Tarawih berapa rakaat? Pertanyaan ini selalu muncul setiap menjelang bulan Ramadan. Berikut ini penjelasan lengkap sholat Tarawih lengkap dengan dalilnya.
  • Catat ! Hal-Hal yang...
    Tips
    Jum'at, 24 Maret 2023 - 08:43 WIB
    Ada hal-hal yang dapat membatalkan puasa yang penting diketahui, karena terkait pelaksanaaan ibadah puasa Ramadan yang akan dijalani kaum muslim. Hal apa saja yang bisa membatalkannya?