Topik Terkait: Bahasa Arab (halaman 125)

  • Imam Syafii Nimba Ilmu...
    Hikmah
    Jum'at, 01 Mei 2020 - 16:00 WIB
    Imam Syafii telah berguru kepada ratusan guru. Dari banyaknya para guru itu, ada beberapa nama guru yang paling berpengaruh dalam membentuk pondasi keilmuan Imam Syafii.
  • Pergeseran Makna Imsak...
    Tausyiah
    Jum'at, 01 Mei 2020 - 17:00 WIB
    Indonesia memiliki karakter unik yang tidak dimiliki negara berpenduduk muslim lainnya. Salah satunya memaknai istilah imsak yang bergeser dari makna sebenarnya.
  • Tausiah Ramadhan, Menjaga...
    Tausyiah
    Sabtu, 02 Mei 2020 - 09:25 WIB
    Larangan beribadah di masjid dan tempat ibadah lain dalam kondisi pandemi Covid-19 semata untuk menjaga keselamatan jiwa, dirinya sendiri maupun orang lain.
  • Kurangi Aktivitas Tidur...
    Tips
    Sabtu, 02 Mei 2020 - 03:30 WIB
    Salah satu penyebab hilangnya keberkahan Ramadhan adalah karena aktivitas tidur yang terlalu banyak. Adabnya kaum shalihin adalah sedikit tidur apalagi saat di bulan Ramadhan.
  • Selain Puasa, Inilah...
    Tausyiah
    Sabtu, 02 Mei 2020 - 08:30 WIB
    Dai yang juga Direktur Quantum Akhyar Institute, Ustadz Adi Hidayat menyampaikan tausiyah online terkait amalan utama di bulan Ramadhan. Berikut pesannya.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Imam Ghazali: Lailatul...
    Tausyiah
    Sabtu, 02 Mei 2020 - 17:29 WIB
    Malam seribu bulan atau Lailatul Qadar insya Allah jatuh hari Rabu, 20 Mei 2020 atau malam ke-27 Ramadhan. Ini jika mengacu hitungan Imam Al-Ghazali.
  • Innalillah, Satu Lagi...
    Hikmah
    Sabtu, 02 Mei 2020 - 21:05 WIB
    Indonesia kembali kehilangan sosok ulama kharismatik asal Tegal Jawa Tengah, Al-Habib Abdullah bin Muhammad bin Hadun bin Umar Al-Athos pada Sabtu 2 Mei 2020 bertepatan 9 Ramadhan 1441 Hijriyah.
  • Sahkah Iitikaf di Masjid...
    Tips
    Sabtu, 02 Mei 2020 - 16:31 WIB
    Melaksanakan ibadah itikaf di ruangan dalam rumah yang dikhususkan untuk salat hukumnya boleh dan sah dilakukan bagi perempuan menurut Imam Abu Hanifah.
  • Fabel Jalaluddin Rumi:...
    Hikmah
    Minggu, 03 Mei 2020 - 02:40 WIB
    Burung itu meminta kebebasannya, tetapi ditolak. Karena itu ia minta saudagar itu pergi ke hutan di India, lalu mengabarkan tentang keadaannya kepada burung-burung lain.
  • Gara-gara Mimpi, Baginda...
    Hikmah
    Minggu, 03 Mei 2020 - 03:55 WIB
    Abu Nawas diusir. Boleh kembali syaratnya tidak boleh dengan berjalan kaki, berlari, merangkak, melompat-lompat dan menunggang keledai atau binatang yang lain.
  • Puasa Wanita Hamil Diganti...
    Tips
    Minggu, 03 Mei 2020 - 04:15 WIB
    Wanita yang hamil atau menyusui dan mampu berpuasa, lalu ia tidak berpuasa karena khawatir terhadap kesehatan anaknya, ia berkewajiban mengqadha dan membayar fidyah.
  • Proses Penciptaan Adam,...
    Hikmah
    Minggu, 03 Mei 2020 - 03:16 WIB
    Allah berfirman kepada malaikat Izrail: engkau Aku jadikan sebagai Malakul Maut dan pencabut ruh makhluk. Sebelum ini tidak ada malaikat yang bertugas seperti itu.
  • Ustaz Dokter Zaidul...
    Tausyiah
    Minggu, 03 Mei 2020 - 14:00 WIB
    Dai yang juga Penggagas Jurus Sehat Rasulullah (JRS) Ustaz Dokter (dr) Zaidul Akbar mengemukakan fadhillah (keutamaan) menahan lapar. Para ulama terdahulu memilih lapar daripada kenyang.
  • Mukjizat Al-Quran, 2...
    Tausyiah
    Minggu, 03 Mei 2020 - 07:30 WIB
    Setiap orang pasti menginginkan kemudahan dalam semua urusannya. Namun, sedikit orang yang memahami hakikat ujian sebagaimana dijelaskan dalam Al-Quran yang mulia.
  • Berikut Bacaan Surat...
    Tips
    Minggu, 03 Mei 2020 - 16:22 WIB
    Ulama Syafiiyyah dan Hanabilah sepakat bahwa yang disunnahkan dibaca pada dua rakaat awal salat witir adalah Surat al-Ala (rakaat pertama) dan al-Kafirun (rakaat kedua).
  • Gus Mus Ucapkan Bela...
    Tausyiah
    Minggu, 03 Mei 2020 - 15:24 WIB
    Jangan kaget kalau Gus Mus mengucapkan bela sungkawa kepada mereka yang dapat jabatan. Ia mengaku heran jika ada pejabat negara yang bersyukur atas amanat yang diembannya.
  • Beda Pendapat Soal Bekam:...
    Tips
    Minggu, 03 Mei 2020 - 15:34 WIB
  • Allah Berfirman, Makan...
    Tausyiah
    Minggu, 03 Mei 2020 - 17:30 WIB
    Kebiasaan buruk yang sering kita lakukan saat sedang puasa adalah balas dendam ketika berbuka. Makan terlalu banyak dan tidak bisa mengontrol diri.
  • 11 Ramadhan, Hari Kesedihan...
    Hikmah
    Senin, 04 Mei 2020 - 08:05 WIB
    Hari ini bertepatan hari ke-11 Ramadhan mengingatkan kita satu peristiwa penting yang membuat Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW) bersedih.
  • 10 Amalan Sunnah di...
    Tips
    Senin, 04 Mei 2020 - 03:20 WIB
    Secara hakikat, Ramadhan adalan bulan untuk membakar semua dosa-dosa. Di bulan ini umat Islam diwajibkan berpuasa selama sebulan penuh. Berikut amalan sunnah di bulan Ramadhan.