Topik Terkait: Budaya Indonesia (halaman 124)

  • Al-Qadam dan Kaos Kaki...
    Muslimah
    Rabu, 19 Januari 2022 - 08:32 WIB
    Islam menegaskan bahwa semua bagian tubuh seorang perempuan muslimah adalah aurat, kecuali muka dan telapak tangan. Lantas, apakah bagian bawah kaki atau disebut al qadam termasuk batasan aurat juga?
  • Larangan Berbisik-bisik,...
    Tips
    Rabu, 19 Januari 2022 - 10:21 WIB
    Sebagai agama yang sempurna, Islam telah mengatur segala hal sampai pada hal-hal yang bahkan dianggap sepele, seperti adab-adab bergaul.
  • Keistimewaan Jabbal...
    Hikmah
    Rabu, 19 Januari 2022 - 12:04 WIB
    Jabbal Qasiyun di Damaskus, Suriah, diyakini banyak keistimewaannya. Ada yang mengatakan tatkala terjadi gempa bumi dahsyat pada Hari Kebangkitan, tak akan menyentuh gunung ini.
  • Begini Leluhur Nabi...
    Dunia Islam
    Rabu, 19 Januari 2022 - 13:34 WIB
    Leluhur Nabi Muhammad SAW ini dikenal sebagai Bapak Pembangunan Kota Mekkah. Pada masanya, pengelola Kakbah menyiapkan makan gratis pada para peziarah Kakbah.
  • Kisah Nabi Jirjis, Adakah...
    Hikmah
    Rabu, 19 Januari 2022 - 15:27 WIB
    Jirjis oleh sebagian ulama digambarkan sebagai nabi yang memiliki mukjizat dari Allah SWT. Dia dibunuh sebanyak 70 kali dan selalu hidup kembali. Benarkah dia seorang nabi?
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • 11 Hikmah di Balik Sakit,...
    Hikmah
    Rabu, 19 Januari 2022 - 15:42 WIB
    Jangan pernah berfikir bahwa sakit itu adalah musibah atau azab dari Allah. Justru sakit mendatangkan banyak faedah, berikut 11 hikmah di balik sakit.
  • Fenomena Kilat: Malaikat...
    Hikmah
    Kamis, 20 Januari 2022 - 05:10 WIB
    Fenomena petir dan kilat yang memecah udara sering kita saksika di musim penghujan. Inilah salah satu kekuasaan Allah yang menimbulkan kekalutan dan harapan bagi manusia.
  • Mengenal Mihnah, Pakaian...
    Muslimah
    Kamis, 20 Januari 2022 - 09:03 WIB
    Busana muslimah saat ini sudah banyak tersedia, dengan beragam model dan warna. Namun sayangnya, masih banyak muslimah yang belum mengetahui tentang mihnah. Apa itu mihnah?
  • 5 Amalan bagi Wanita...
    Muslimah
    Kamis, 20 Januari 2022 - 10:02 WIB
    Ketika sedang mengalami datang bulan (haid), biasanya kaum muslimah malas melakukan berbagai aktivitas, termasuk amalan yang bernilai ibadah.
  • Ketika Abu Nawas Tak...
    Hikmah
    Kamis, 20 Januari 2022 - 10:36 WIB
    Pengalaman Abu Nawas kali ini bisa menjadi pelajaran berharga bagi kita, betapa perlunya kita berpikir terlebih dahulu sebelum mengucapkan kata-kata.
  • Ketika Mekkah Jadi Negeri...
    Dunia Islam
    Kamis, 20 Januari 2022 - 13:18 WIB
    Perintis perdagangan di Mekkah adalah leluhur Nabi Muhammad SAW, setidaknya ini era pasca-Qushay sebagai pengelola Kota Mekkah dan Kakbah. Anak-anak Abd Manaf jadi pionir perdagangan.
  • Surat Yasin Ayat 60-61:...
    Tausyiah
    Kamis, 20 Januari 2022 - 14:22 WIB
    Allah SWT memperingatkan untuk tidak mengikuti setan karena setan adalah musuh yang nyata sejak awal penciptaan manusia yaitu ketika Adam dan Hawa tertipu oleh bujuk rayu setan.
  • Cara Mengobati Rasa...
    Tips
    Kamis, 20 Januari 2022 - 17:37 WIB
    Rasa dendam terkadang muncul ketika kita mendapatkan berbagai kedzaliman atau hal tak berkenan dari orang lain. Dendam memang sesuatu yang akan memuaskan hawa nafsu, namun juga menjerumuskan.
  • Macam-macam Sholawat...
    Tips
    Kamis, 20 Januari 2022 - 23:44 WIB
    Kedudukan sholawat tidak diragukan lagi di sisi Allah Taala. Berikut macam-macam Sholawat dan fadhilahnya, mudah-mudahan kita dapat mengamalkannya.
  • Gus Baha: Orang Islam...
    Tausyiah
    Jum'at, 21 Januari 2022 - 05:10 WIB
    Ulama ahli tafsir Quran Gus Baha (KH Ahmad Bahauddin Nursalim) mengatakan seharusnya orang Islam setiap hari memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.
  • 2 Doa Memohon Amal Ibadah...
    Tips
    Jum'at, 21 Januari 2022 - 08:51 WIB
    Kewajiban seorang muslim adalah untuk senantiasa beribadah kepada Allah Subhanahu wa taala. Melaksanakan sholat fardu lima waktu, ditambah puasa Ramadhan dan ibadah-ibadah lainnya yang dicontohkan Rasulullah
  • Ketika Abu Nawas Membagi...
    Hikmah
    Jum'at, 21 Januari 2022 - 08:57 WIB
    Abu Nawas adalah seorang alim, maknanya ulama. Dia mengajar banyak santri. Suatu ketika, Abu Nawas membagi manusia menjadi 3 tingkatan. Apa saja?
  • Bolehkah Muslimah Melihat...
    Muslimah
    Jum'at, 21 Januari 2022 - 09:24 WIB
    Banyak aktivitas dalam kehidupan sehari-hari yang membuat seorang wanita muslimah membuka jilbabnya dihadapan sesama wanita muslimah lainnya. Bagaimana sebenarnya batasan aurat di hadapan sesama wanita ini?
  • Surat Yasin Ayat 62:...
    Tausyiah
    Jum'at, 21 Januari 2022 - 10:17 WIB
    Surat Yasin ayat 62 berisi peringatan bahwa setan adalah musuh yang nyata. Hendaknya umat manusia menggunakan akal pikirannya agar tidak tergoda tipu daya setan.
  • Asal Usul Sunnah Rasul...
    Tips
    Jum'at, 21 Januari 2022 - 10:34 WIB
    Hubungan intim suami istri di Kamis malam Jumat dan pada hari Jumat dipahami banyak umat Islam sebagai sunnah Rasul. Imam Ghazali bahkan membuat daftar hari-hari dimakruhkannya jimak