Topik Terkait: Buka Puasa Sederhana Rasulullah (halaman 2)

  • Hadis Asyura, Puasa Sehari sebagai Penghapus Dosa Setahun Penuh
    Tausyiah
    Kamis, 20 Juli 2023 - 13:20 WIB
    Asyuro adalah hari kesepuluh dari bulan Muharam. At-Turmudzi meriwayatkan sebuah hadis hasan sahih bahwa Rasulullah SAW memerintahkan untuk puasa Asyuro, yaitu pada hari ke-10 dari bulan Muharram.
  • Inilah Kebaikan dalam Menyegerakan Berbuka Puasa
    Tips
    Jum'at, 16 April 2021 - 14:32 WIB
    Ternyata ada kebaikan bila kita menyegerakan berbuka puasa. Karena menyegerakan berbuka puasa adalah sunnah Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam, dan ada nilai nilai kebaikan lainnya.
  • Mencontoh Rasulullah
    Tausyiah
    Rabu, 05 Mei 2021 - 19:08 WIB
    Rasulullah memberikan contoh kepada kita di dalam kehidupan sehari-hari agar kita menjadi manusia yang terbaik di hadapan Allah.
  • Jadwal Buka Puasa Jakarta Hari Ini 8 April 2022
    Dunia Islam
    Jum'at, 08 April 2022 - 15:01 WIB
    Jadwal buka puasa untuk Jakarta dan sekitarnya ini berlaku untuk hari ini Jumat, 8 April 2022 (6 Ramadhan 1443 Hijriyah). Jadwal buka puasa ini lengkap dengan jadwal sholat.
  • PPPA Daarul Quran Bogor Gelar Buka Puasa Bersama Penghafal Quran Spesial Ramadan
    Dunia Islam
    Minggu, 09 April 2023 - 09:25 WIB
    Semangat menjalani ibadah puasa di bulan suci Ramadan sangat dirasakan oleh santri di Rumah Tahfidz Nurul Qolbi, Tajur, Bogor pada Ahad (2/4/2023). Puluhan santri mengikuti buka puasa bersama dengan penuh keceriaa
  • Inilah Cara Berbuka Puasa Sesuai Sunah Rasul
    Tips
    Minggu, 19 Maret 2023 - 09:25 WIB
    Waktu yang paling ditunggu-tunggu pada saat bulan Ramadan adalah waktu berbuka puasa. Saking senangnya menyambut waktu berbuka ini, banyak cara dilakukan untuk menanti datangnya waktu berbuka ini.
  • 5 Kebiasaan Rasulullah SAW Sebelum Tidur
    Tips
    Rabu, 21 Juli 2021 - 22:04 WIB
    Nabi Muhammad SAW adalah sosok manusia yang hidupnya paling produktif. Di antara kebiasaan Nabi, ada lima kebiasaan tidur beliau yang patut ditiru dan dua hal yang harus dihindari.
  • Doa Berbuka Puasa Berdasar Hadis Sahih
    Tips
    Sabtu, 02 April 2022 - 16:27 WIB
    Ulama dari Madzhab Syafii menggabungkan doa riwayat Imam Bukhari dan Muslim dengan doa riwayat Abu Dawud, demikian disebutkan Sulaiman Bujairimi.
  • Hukum 6 Hari Puasa Syawal Saat Masih Punya Utang Puasa Ramadhan
    Tausyiah
    Rabu, 04 Mei 2022 - 16:45 WIB
    Para ulama berselisih pendapat dalam masalah, apakah boleh mendahulukan puasa sunnah (termasuk puasa enam hari di bulan Syawal) sebelum melakukan puasa qadha Ramadhan.
  • Kisah Kedermawanan Rasulullah SAW, Melipatgandakan Sedekah di Bulan Ramadan
    Hikmah
    Jum'at, 07 April 2023 - 10:20 WIB
    Rasulullah lebih giat lagi dalam bersedekah di bulan Ramadan. Ini karena pahala sedekah di bulan Ramadan dilipatgandakan. Kedua, membantu orang-orang yang berpuasa untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah.
  • Cincin Rasulullah SAW dan Cara Memakainya
    Hikmah
    Jum'at, 19 Juni 2020 - 16:21 WIB
    Selain pakaian gamis, sorban, imamah dan celak mata, Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam ternyata menyukai cincin. Berikut cincin Nabi dan cara memakainya.
  • Menggabung Puasa Qadha Ramadhan dan Puasa Syawal, Berikut Niatnya
    Tausyiah
    Minggu, 16 Mei 2021 - 21:26 WIB
    Puasa merupakan termasuk ibadah paling utama dalam Islam. Puasa juga banyak mengandung kelebihan, baik itu dari segi ilmu agama ataupun ilmu kesehatan.
  • Menu Buka Puasa Sesuai Sunnah Nabi SAW
    Muslimah
    Selasa, 05 April 2022 - 14:39 WIB
    Menu buka puasa sesuai sunnah Nabi Shallallahu alaihi wa sallam ini sudah pasti sangat baik kita amalkan. Berbuka sesuai sunnah juga merupakan tambahan pahala yang melengkapi pahala ibadah puasa wajib di bulan Ramadhan ini.
  • 10 Adab Makan Rasulullah SAW yang Patut Diteladani
    Tips
    Jum'at, 18 Agustus 2023 - 20:27 WIB
    Adab dan cara makan Rasulullah penting diteladani seluruh umat Islam di dunia. Selain terdapat keberkahan, mengikuti cara makan Rasulullah terbukti bermanfaat bagi kesehatan.
  • Doa Ketika Buka Puasa yang Dapat Menghapus Dosa Besar
    Tips
    Jum'at, 08 April 2022 - 15:42 WIB
    Selain dua doa yaitu Allahumma Laka Shumtu... dan Dzahabaz zhamau..., berikut doa yang diajarkan Nabi Muhammad SAW ketika berbuka puasa Ramadhan.
  • Doa yang Sering Dipanjatkan Rasulullah SAW dan Alasannya
    Tausyiah
    Selasa, 29 Agustus 2023 - 23:13 WIB
    Selain doa Sapu Jagat Robbana atina fiddun-yaa hasanah... ada satu doa yang sering dipanjatkan oleh Rasulullah SAW. Berikut bacaan doanya.
  • Zikir dan Doa  Sebelum Berbuka Puasa, Jangan Lupa Amalkan!
    Tips
    Selasa, 12 Maret 2024 - 17:00 WIB
    Menjelang berbuka puasa nanti, doa dan zikir ini hendaknya jangan dilewatkan untuk diamalkan setiap muslim. Karena waktu berbuka merupakan waktu mustajab doa yang pasti akan diijabah Allah Subhanahu wa taala.
  • Doa Buka Puasa Ramadan dalam Bahasa Arab dan Indonesia
    Tips
    Selasa, 27 Februari 2024 - 11:13 WIB
    Doa buka puasa Ramadan yang diamalkan oleh masyarakat Islam selama ini ada beberapa lafaz, sama-sama baik dan dapat diamalkan. Berikut beberapa doa buka puasa Ramadan ini:
  • Doa Rasulullah SAW Ketika Mendapati Hal Menyenangkan
    Tausyiah
    Jum'at, 25 November 2022 - 16:48 WIB
    Ummul Mukminin Aisyah radhiyallahu anha berkata dalam satu riwayat, apabila Rasulullah SAW mendapati hal menyenangkan beliau mengucap kalimat syukur. Berikut doanya.
  • Syarat Safar yang Bebas dari Perintah Puasa (3)
    Tips
    Jum'at, 24 April 2020 - 03:21 WIB
    Para ulama menetapkan beberapa hal yang menyebabkan status sebagai musafir itu berakhir, di antaranya ketika orang itu berhenti di suatu tempat dan berniat untuk menetap di tempat itu.