Topik Terkait: Candi Borobudur (halaman 494)

  • Larangan Menjadikan...
    Hikmah
    Jum'at, 19 April 2024 - 05:15 WIB
    Syaikh Imran Nazar Hosein mengatakan ada pengecualian dalam umat Kristen dan Yahudi yang tidak akan pernah tenang hingga umat Islam meninggalkan keislamannya dan mengikuti gaya hidup mereka.
  • 5 Keutamaan Persia dalam...
    Hikmah
    Rabu, 17 April 2024 - 11:38 WIB
    Setidaknya ada 5 keutamaan Persia dalam Islam. Salah satunya, Persia tersirat dalam Al-Quran Surat Al-Jumah ayat 3 dan Surat Muhammad ayat 38.
  • 5 Fadilah Surat Al-Kahfi,...
    Hikmah
    Rabu, 17 April 2024 - 11:47 WIB
    Fadilah surat al Kahfi cukup banyak. Surat ini disarankan dibaca umat Islam di hari Jumat, selain surah Yasin. Hal ini berkaitan erat dengan sabda Rasulullah SAW yang sangat menganjurkannya.
  • 4 Tanda Kiamat yang...
    Hikmah
    Jum'at, 19 April 2024 - 17:34 WIB
    Tanda-tanda kiamat sudah dekat terus bermunculan, termasuk sejumlah peristiwa di tanah Arab. Sebagian orang bahkan menganggap banjir yang melanda Dubai, Uni Emirat Arab, adalah salah satu tandanya.
  • Penganut Agama Mayoritas...
    Dunia Islam
    Jum'at, 19 April 2024 - 17:22 WIB
    Pemeluk agama mayoritas di Iran adalah Islam aliran Syiah. Selebihnya penganut Islam Suni. Jika digabungkan mereka meliputi 99 persen penduduk Iran.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Daftar Kekejaman Netzah...
    Dunia Islam
    Rabu, 24 April 2024 - 05:15 WIB
    Axios melaporkan bahwa selain Netzah Yehuda, beberapa unit Israel lainnya tidak akan diberi sanksi oleh Washington karena mereka memperbaiki perilaku mereka.
  • Gus Baha: Syiah itu...
    Tausyiah
    Rabu, 24 April 2024 - 16:58 WIB
    Syiah itu tuhannya Allah SWT dan nabi mereka tetap Muhammad SAW, ungkapan ini diucapkan oleh Gus Baha ketika menjelaskan surat Ar Rum ayat 32 dalam sebuah ceramahnya.
  • Asal-Usul Keranda Mayat...
    Hikmah
    Kamis, 25 April 2024 - 11:10 WIB
    Ada kisah menarik dan penuh hikmah dari putri Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam Fatimah Az-Zahra dengan asal usul adanya keranda mayat
  • 15 Contoh Bacaan Idgham...
    Tips
    Sabtu, 27 April 2024 - 12:20 WIB
    Contoh bacaan Idgham Mimi atau Idgham Mitslain ini perlu dipahami oleh setiap muslim supaya mengetahui bagaimana cara membaca yang benar sesuai dengan ketetapan hukum tajwid.
  • Kisah Hikmah : Padamnya...
    Hikmah
    Sabtu, 27 April 2024 - 17:50 WIB
    Gaya hidup Umarbin Abdul Aziz sangat sederhana ketika menjadi khalifah. Gajinya hanya 2 dirham perhari atau 60 dirham perbulan. Meski menjabat hanya 2-3 tahun, karyanya sangat mengagumkan.
  • Kisah Kisra Yazdigird...
    Hikmah
    Rabu, 01 Mei 2024 - 05:15 WIB
    Kisah Kisra Yazdigird yang menjadi pelarian dan satu per satu Wilayah Persia dikuasai pasukan Muslim di era Khalifah Umar bin Khattab dikisahkan Muhammad Husain Haekal.
  • Deretan 5 Ulama Besar...
    Dunia Islam
    Rabu, 01 Mei 2024 - 13:37 WIB
    Terdapat sejumlah ulama besar asal Uzbekistan yang namanya sudah tidak asing lagi di telinga umat muslim. Bahkan dua di antaranya merupakan ahli hadits yang ternama.
  • Bolehkah Menceritakan...
    Hikmah
    Kamis, 02 Mei 2024 - 05:15 WIB
    Bolehkah menceritakan nikmat kepada orang lain? Betulkan hal itu adalah bentuk syukur atau pamer? Bagaimana Islam memandangnya?
  • Arab Saudi Hukum Instruktur...
    Dunia Islam
    Kamis, 02 Mei 2024 - 18:42 WIB
    Pengadilan Arab Saudi menjatuhkan hukuman 11 tahun penjara kepada instruktur kebugaran Manahel al-Otaibi. Perempuan berusia 29 tahun ini dinyatakan bersalah karena pilihan pakaiannya.
  • Doa untuk Muslim Palestina...
    Tips
    Jum'at, 03 Mei 2024 - 15:07 WIB
    Genosida Israel atas muslim Palestina di jalur Gaza terus berlangsung hingga kini. Selain itu di belahan dunia lainnya, umat Islam diuji dengan sikap islamophobia.
  • Syarat-Syarat Wajib...
    Tips
    Jum'at, 03 Mei 2024 - 15:20 WIB
    Anak kecil yang belum baligh, hajinya sah dan walinya mendapatkan pahala karena menghajikan anaknya. Tapi haji anak kecil tidak menjadikan gugur kewajiban haji baginya ketika dia telah baligh
  • Tips Umrah Mandiri untuk...
    Tips
    Sabtu, 04 Mei 2024 - 06:34 WIB
    Selain memberikan fleksibilitas dalam mengatur jadwal, umrah mandiri juga bisa menjadi pilihan yang lebih ekonomis daripada umrah dengan travel.
  • Arab Saudi Izinkan Jemaah...
    Dunia Islam
    Sabtu, 04 Mei 2024 - 06:41 WIB
    Arab Saudi mengatakan pihaknya akan mengeluarkan instruksi bagi warga yang ingin mendapatkan izin memasuki Makkah menjelang musim haji pada hari ini Sabtu, 4 Mei 2024.
  • Kisah Israel Menggiring...
    Dunia Islam
    Senin, 06 Mei 2024 - 05:15 WIB
    Penjajahan Yahudi adalah satu-satunya cara untuk mengakhiri anti-Semitisme dan melindungi orang-orang Yahudi, dan bahwa segala perlawanan terhadap penjajahan Yahudi di Palestina adalah tindakan yang tidak benar.
  • 70.000 Yahudi Isfahan...
    Hikmah
    Jum'at, 19 April 2024 - 17:46 WIB
    70.000 Yahudi Isfahan menjadi tentara Dajjal, benarkan berasal dari Iran? Terdapat beberapa riwayat yang menyebutkan tentang Dajjal dan satu di antaranya tentang tentara Yahudi yang menjadi tentara Dajjal.