Topik Terkait: Cara Berbuka Puasa

  • Cara Berbuka Puasa Sesuai Sunnah
    Tips
    Selasa, 13 April 2021 - 13:31 WIB
    Waktu berbuka puasa tentunya menjadi waktu yang ditunggu-tunggu dan membahagiakan bagi seluruh umat islam yang melaksanakan ibadah puasa Ramadhan. Untuk berbuka ini, ada cara berbuka puasa sesuai sunnah Rasulullah.
  • 3 Doa Berbuka Puasa Berdasarkan Hadis Nabi SAW
    Tips
    Kamis, 23 Maret 2023 - 09:34 WIB
    Doa berbuka puasa yang diamalkan selama ini ada dua. Pertama Allhumma laka shumtu wa bika mantu wa al rizqika afthartu. Kedua adalah: Dzahabaz zhamau wabtallatil urqu wa tsabatal ajru, insy Allah.
  • Doa Berbuka Puasa Berdasar Hadis Sahih
    Tips
    Sabtu, 02 April 2022 - 16:27 WIB
    Ulama dari Madzhab Syafii menggabungkan doa riwayat Imam Bukhari dan Muslim dengan doa riwayat Abu Dawud, demikian disebutkan Sulaiman Bujairimi.
  • Makna Idulfitri: Kembali Makan atau Hari Raya Berbuka Puasa
    Tips
    Jum'at, 21 April 2023 - 20:52 WIB
    Salah satu hari yang diharamkan berpuasa adalah hari raya Idulfitri. Bahkan, dalam kitab-kitab fikih disebutkan bahwa berniat tidak puasa pada saat hari Idulfitri itu pahalanya seperti orang yang sedang puasa di hari-hari yang tidak dilarang.
  • Keutamaan Menyegerakan Berbuka Puasa saat Magrib Tiba
    Tausyiah
    Rabu, 29 Maret 2023 - 16:15 WIB
    Ternyata ada kebaikan bila kita menyegerakan berbuka puasa. Karena menyegerakan berbuka puasa adalah sunah Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Kenapa demikian?
  • Mengapa Berbuka Puasa Disunnahkan dengan Kurma? Begini Penjelasannya
    Tips
    Kamis, 14 April 2022 - 16:34 WIB
    Benarkah berbuka puasa harus dengan yang manis? Sebenarnya, buka puasa yang dianjurkan Nabi Shallallahu alaihi wa sallam adalah dengan kurma. Meski kurma itu manis, namun yang disebut Rasulullah adalah kurma.
  • Makanan Paling Afdhol Saat Berbuka Puasa, Ini Khasiatnya
    Tips
    Kamis, 15 April 2021 - 14:24 WIB
    Berbuka puasa merupakan momentum membahagiakan karena selain dapat melepas lapar dan dahaga, juga waktu diijabahnya doa-doa. Lalu, apa makanan paling afdhol (paling utama) ketika berbuka puasa?
  • Jangan Tinggalkan Doa ini Ketika Berbuka Puasa
    Tausyiah
    Kamis, 14 April 2022 - 17:00 WIB
    Waktu mustajab berdoa pada bulan Ramadhan salah satunya sebelum berbuka puasa. Umat muslim dianjurkan memanfaatkan waktu berbuka puasa dengan berdoa.
  • Inilah Bacaan Zikir yang Dianjurkan Sebelum Berbuka Puasa
    Tips
    Rabu, 20 Maret 2024 - 17:39 WIB
    Sebelum berbuka puasa, umat Islam dianjurkan berzikir terlebih dahulu dan di antara zikir yang dianjurkan sebelum berbuka puasa Ramadan dinukil dari Kitab Al-Adzkar dan lainnya. Bagaimana bacaan zikirnya?
  • Inilah Kebaikan dalam Menyegerakan Berbuka Puasa
    Tips
    Jum'at, 16 April 2021 - 14:32 WIB
    Ternyata ada kebaikan bila kita menyegerakan berbuka puasa. Karena menyegerakan berbuka puasa adalah sunnah Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam, dan ada nilai nilai kebaikan lainnya.
  • Mengganti Puasa Ramadan di bulan Syawal, Begini Tata Cara dan Niatnya
    Tips
    Kamis, 11 April 2024 - 15:54 WIB
    Mengganti puasa (qadha) Ramadan beserta tata caranya ini, penting diketahui umat muslim. Dan bulan Syawal merupakan bulan awal untuk segera mengganti utang puasa (qadha) Ramadan ini.
  • Meriam Berbuka Puasa: Tradisi Lama di Dubai yang Sudah Dimodernisasi
    Tausyiah
    Jum'at, 22 Maret 2024 - 02:00 WIB
    Meriam memiliki daya tarik yang kuat bagi masyarakat, ketika seseorang membawa kembali sebuah tradisi dari tanah airnya, maka secara alami orang lain akan tertarik dan ingin mempelajarinya lebih lanjut
  • Tata Cara dan Niat Qadha Puasa Ramadan
    Tips
    Kamis, 16 Maret 2023 - 21:53 WIB
    Hari ini kita berada di akhir-akhir bulan Syaban tepatnya 24 Syaban 1444 Hijriyah. Bagi yang memiliki utang puasa Ramadan tahun lalu, masih ada waktu untuk melunasinya.
  • Inilah Keutamaan Puasa dan Cara Mendapatkannya
    Muslimah
    Kamis, 18 Maret 2021 - 13:26 WIB
    Bulan suci Ramadhan, adalah bulan istimewa yang diperintahkan Allah untuk menjalankan puasa wajib selama sebulan penuh. Banyak keutamaan puasa, salah satunya akan mendapat pahala, karunia dan pemuliaan dari Allah Subhanahu wa taala.
  • Begini Beban Berat Puasa Sebelum Turun Surat Al-Baqarah Ayat 187
    Tausyiah
    Jum'at, 25 Maret 2022 - 17:10 WIB
    Sebelum turun surat Al-Baqarah ayat 187, ketentuan puasa tidaklah seperti sekarang ini. Puasa nyaris sehari semalam. Buka puasa dalam rentang waktu Maghrib sampai Isya.
  • Kisah Ibnu Umar: Memiliki Libido Tinggi, Berbuka Puasa dengan Jimak
    Hikmah
    Kamis, 07 April 2022 - 15:17 WIB
    Imam ath-Thabarani meriwayatkan dengan sanad yang shahih dari Muhammad bin Sirin, beliau mengatakan, Kadang-kadang Abdullah bin Umar buka puasa dengan menjimai istrinya.
  • Pengertian Puasa Kafarat dan Cara Menebusnya
    Tips
    Sabtu, 20 November 2021 - 20:52 WIB
    Pengertian puasa kafarat adalah puasa sebagai denda karena pelanggaran melakukan senggama di bulan Ramadhan. Berikut cara menebusnya.
  • Selama Ramadhan, J99 Corp Salurkan 100 Ribu Paket Berbuka Puasa
    Dunia Islam
    Rabu, 27 April 2022 - 14:26 WIB
    Aktivitas berbagi kepada sesama di masa Ramadhan menjadi perhatian serius dari J99 Corp. Sebanyak 100 ribu paket berbuka puasa disalurkan.
  • Rahasia Buka Puasa dengan Kurma dari Abah Guru Sekumpul
    Tausyiah
    Minggu, 03 April 2022 - 18:06 WIB
    KH Muhammad Zaini Abdul Ghani Al-Banjari mengatakan, keutamaan berbuka puasa yaitu bahagia ketika berbuka puasa dan bahagia ketika kelak bertemu dengan Allah.
  • Tradisi Berbuka dengan Kurma: Buah Jazirah Arab yang Sudah Mendunia
    Dunia Islam
    Rabu, 20 Maret 2024 - 14:35 WIB
    Di bulan suci Ramadan, tradisi berbuka puasa dengan kurma sudah mendarah daging dalam tatanan masyarakat Muslim, menjadikan buah ikonik ini sebagai makanan pokok saat berbuka puasa.