Topik Terkait: Doa Puasa (halaman 3)

  • Hukum Menggabung Puasa Qadha Ramadhan dan Puasa Sunnah Syawal
    Tausyiah
    Senin, 16 Mei 2022 - 07:30 WIB
    Setelah puasa Ramadhan, umat muslim dianjurkan menunaikan yaitu puasa sunnah enam hari di bulan Syawal. Bolehkah menggabung niat puasa qadha dan puasa Syawal?
  • Doa Rasulullah agar Dibuka Pintu Rezeki yag Tak Diduga
    Tips
    Selasa, 13 Februari 2024 - 10:30 WIB
    Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam selalu memulai aktivitas hariannya dengan doa, salah satunya memanjatkan doa agar dibukakan pintu rezeki yang tak diduga-duga.
  • Doa saat Tersesat di Jalan agar Dijauhkan dari Marabahaya
    Tips
    Minggu, 04 Juni 2023 - 10:22 WIB
    Doa saat tersesat di perjalanan ini didasarkan dari hadis yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, Ibnu Majah dan lainnya. Intisari dari doa ini agar kita dilindungi dari kesesatan, kezaliman, dan tindakan bodoh lainnya pada saat di jalan
  • Doa Khusus dari Rasulullah SAW sebelum Hewan Kurban Disembelih
    Tips
    Jum'at, 08 Juli 2022 - 10:42 WIB
    Membaca doa ketika berqurban adalah sesuatu yang tidak boleh dilupakan. Di antara syarat halalnya sembelihan adalah membaca basmalah. Selain itu, Rasulullah berdoa khusus ketika hewan kurban sudah dibaringkan dan siap untuk disembelih.
  • Doa Bercermin, Amalan Ringan yang Sering Terlupakan
    Muslimah
    Rabu, 03 Maret 2021 - 05:40 WIB
    Dalam Islam, bercermin tidak semata-mata hanya agar kita terlihat cantik atau tampan. akan tetapi seharusnya pada saat bercermin kita bersyukur atau mensyukuri atas nikmat yang telah Allah
  • Puasa dan Kampanye Melawan Hoax
    Tausyiah
    Minggu, 17 April 2022 - 14:54 WIB
    Sebagaimana kita ketahui puasa merupakan proses yang harus dijalani oleh setiap muslim agar bisa menjadi pribadi yang semakin bertaqwa.
  • Pembatal Puasa Ramadan yang Wajib Diketahui
    Tausyiah
    Sabtu, 16 Maret 2024 - 13:52 WIB
    Ketika menjalankan puasa Ramadan, ada beberapa hal yang wajib diketahui terutama dalam perkara pembatal puasa wajib tersebut. Mengapa demikian?
  • Mimpi Basah Saat Puasa Ramadan
    Tausyiah
    Selasa, 02 April 2024 - 10:33 WIB
    Salah satu hal yang harus diperhatikan seorang Muslim ketika menjalani ibadah Ramadan adalah berbagai hal yang dapat membatalkan puasa.
  • Doa-doa Mustajab Orang Tua untuk Anak-anaknya
    Muslimah
    Senin, 01 Agustus 2022 - 09:30 WIB
    Mendoakan anak agar tumbuh berkembang menjadi anak saleh adalah kewajiban orang tua. Apalagi semua dan setiap orang beriman menginginkan anaknya menjadi anak yang saleh.
  • Doa Buka Puasa Sunnah Lengkap Bacaan Latin dan Artinya
    Tips
    Selasa, 22 Juni 2021 - 20:59 WIB
    Doa buka puasa sunnah maupun puasa wajib Ramadhan pada hakikatnya sama. Baik doa berbuka puasa sunnah maupun puasa fardhu sama-sama mustajab (tidak tertolak).
  • Faedah Melaksanakan Puasa Senin-Kamis yang Sangat Istimewa
    Tips
    Senin, 04 September 2023 - 10:21 WIB
    Sesuai namanya, puasa ini merupakan amalah puasa sunnah yang waktu pelaksanaannya dilakukan pada hari Senin dan hari Kamis. Dan ternyata, puasa sunnah Senin-Kamis ini memiliki banyak manfaat dan faedah bagi yang mengamalkannya.
  • Begini Doa Lengkap untuk Orang yang Meninggal Dunia Sesuai Sunnah Nabi
    Tausyiah
    Kamis, 10 Desember 2020 - 12:48 WIB
    Segala doa atau kiriman bacaan Al-Quran akan sampai untuk orang yang telah wafat. Berikut ini adalah doa yang diajarkan Nabi Muhammad SAW bagi orang yang meninggal, laki-laki maupun perempuan.
  • Doa agar Dihindarkan dari Fitnah di Dunia dan Akherat
    Tips
    Rabu, 16 Maret 2022 - 10:07 WIB
    Doa agar dihindarkan dari segala fitnah terdapat di dalam beberapa ayat Al-Quran. Doa ini untuk memohon perlindungan Allah Subhanahu wa taala agar dijauhkan baik dari fitnah di dunia maupun di akhirat kelak.
  • 4 Macam Doa Pendek Saat Membuka Majelis
    Tips
    Sabtu, 24 Desember 2022 - 10:11 WIB
    Dalam sebuah pertemuan atau majelis, biasanya sang pembuka acara akan membaca doa-doa untuk mengawali kegiatan majelis tersebut
  • Jadwal Puasa Nisfu Syaban 2023 dan Bacaan Niatnya
    Tips
    Rabu, 22 Februari 2023 - 21:37 WIB
    Puasa Nisfu Syaban 2023 termasuk salah satu amalan yang dianjurkan di bulan Syaban. Kaum muslim dianjurkan menghidupkan malam Nisfu Syaban dan berpuasa pada siangnya.
  • Doa-doa Rasulullah di 10 Hari Terakhir Ramadhan
    Tips
    Sabtu, 08 Mei 2021 - 09:36 WIB
    Bulan puasa adalah bulan pengabulan doa. Dan, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam pada hari-hari terakhir Ramadhan ini pun berdoa kepada Allah subhanahu wa taala.
  • Doa Turun Hujan dan Beberapa Hikmahnya
    Hikmah
    Senin, 18 Juli 2022 - 08:05 WIB
    Doa turun hujan dan beberapa hikmahnya perlu diketahui umat muslim. Rasulullah SAW ketika melihat mendung pertanda akan turunnya hujan, Beliau berdoa dengan kalimat berikut.
  • Doa untuk Pengantin Baru Beserta Maknanya
    Muslimah
    Senin, 04 Januari 2021 - 08:38 WIB
    Selain mengucapkan selamat kepada kedua mempelai, Alangkah baiknya kita sebagai keluarga, kerabat, saudara dan teman saat menghadiri sebuah pernikahan mendoakannya.
  • 10 Doa-doa Pendek Rasulullah SAW yang Dianjurkan Diamalkan Sehari-hari
    Tips
    Selasa, 18 Oktober 2022 - 18:07 WIB
    Salah satu contoh suri tauladan Rasulullah yang diajarkan kepada kaum muslim adalah membaca do-doa harian atau doa setiap akan memulai aktivitas maupun menghadapi suatu kejadian.
  • Puasa Umat Terdahulu, Bagaimana Umat Kristen dan Yahudi?
    Tausyiah
    Jum'at, 25 Maret 2022 - 16:50 WIB
    Puasa Ramadhan adalah kewajiban bagi umat Islam, sebagaimana diwajibkan umat terdahulu sesuai dengan perintah dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 183.