Topik Terkait: Fase Kehidupan Manusia (halaman 2)

  • 5 Sifat Manusia yang Membuat Harta Menjadi Tercela
    Muslimah
    Kamis, 18 Maret 2021 - 16:23 WIB
    Al-Quran memandang harta sebagai sarana bagi manusia untuk mendekatkan diri kepada Khaliq-Nya, bukan tujuan utama yang dicari dalam kehidupan. Namun, ada sifat manusia yang justru menjadi celaan terhadap harta itu sendiri.
  • Titik Kelemahan Jin Pada Tubuh Manusia dan Perilakunya
    Hikmah
    Jum'at, 15 Oktober 2021 - 15:18 WIB
    Titik kelemahan Jin pada tubuh manusia dan perilakunya dapat kita ketahui berdasarkan nash-nash Hadis. Jin memiliki karakter pendusta dan suka menipu manusia.
  • Enam Jenis Bisikan Setan yang Merasuki Manusia
    Muslimah
    Selasa, 17 November 2020 - 18:28 WIB
    Salah satu jalan jin merasuki tubuh manusia adalah melalui bisikan. Yakni penguasaan setan atas diri manusia dengan membuatnya tidak sadar. Misalnya sering menghayal, berandai-andai atau memikirkan sesuatu yang tidak mendatangkan manfaat sama sekali.
  • Mengapa Manusia Tidak Boleh Takut pada Makhluk Ghaib? Ini Alasannya!
    Tausyiah
    Selasa, 22 Agustus 2023 - 09:00 WIB
    Sebagai makhluk paling mulia di muka bumi dengan kesempurnaan melebihi makhluk yang lain atas karunia dari Allah Taala, maka rasa takut manusia kepada makhluk ghaib tidak diperbolehkan.
  • Ngeri, Banyak Manusia Celaka Karena Kotornya Hati
    Muslimah
    Jum'at, 01 Januari 2021 - 15:02 WIB
    Mengawali hari dan aktivitas yang baru dengan kebersihan hati, akan membawa keberkahan. Karenanya penting bagi setiap muslim untuk fokus menjaga kebersihan hati dari berbagai penyakit yang bisa merusaknya.
  • 4 Golongan Manusia Menurut Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani
    Tausyiah
    Senin, 22 Mei 2023 - 18:15 WIB
    Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani (wafat 561 Hijriyah) dikenal sebagai ulama bergelar Sulthanal Auliya (pemimpin para Wali). Beliau membagi manusia ke dalam 4 golongan.
  • Ilmuwan Kaget Saat Nabi Muhammad Ungkap Sendi Manusia Berjumlah 360
    Hikmah
    Kamis, 02 Desember 2021 - 05:07 WIB
    Pengetahun Nabi Muhammad yang mengungkap jumlah sendi manusia sebanyak 360 sangat menakjubkan. Para ilmuwan pun kaget dengan kebenaran Hadis Nabi tersebut.
  • 3 Gambaran Kehidupan Manusia dan Jin di Padang Mahsyar
    Tips
    Kamis, 16 Desember 2021 - 13:49 WIB
    Di hari kiamat kelak, seluruh manusia dan jin akan digiring ke Padang Mahsyar dengan berbagai kondisi yang berbeda sesuai dengan amalnya
  • Ketika Setan Menggoda Manusia dengan Kemiskinan
    Muslimah
    Selasa, 18 Agustus 2020 - 06:30 WIB
    Salah satu hal yang paling ditakutkan kaum perempuan adalah kemiskinan. Maka tak heran, banyak di antara mereka terjerumus dalam jurang kemaksiatan, hanya karena ingin memenuhi kebutuhan materi dunianya.
  • Mulailah Persiapkan Bekal untuk Kesuksesan di Akhirat
    Muslimah
    Rabu, 06 Januari 2021 - 17:01 WIB
    Kesuksesan manusia benar-benar bisa dilihat ketika sudah berada di akhirat. Sekaya apapun, sepintar apapun, atau sekuasa apapun seseorang di dunia, bila kekal di neraka, apa gunanya?!
  • Mau Tahu Manusia Paling Buruk di Dunia? Inilah Jawaban Rasulullah SAW
    Muslimah
    Rabu, 15 November 2023 - 11:03 WIB
    Dalam Islam, menikah atau pernikahan merupakan penyempurna dari separuh agamanya. Namun, ada satu perbuatan yang membuat suami istri menjadi manusia paling buruk. Siapa dia?
  • Quraish Shihab: Kebutuhan Manusia terhadap Agama Dapat Ditangguhkan, tetapi Tidak untuk Selamanya
    Tausyiah
    Kamis, 04 Januari 2024 - 21:22 WIB
    Muhammad Quraish Shihab mengatakan dalam pandangan Islam, keberagamaan adalah fitrah atau sesuatu yang melekat pada diri manusia dan terbawa sejak kelahirannya.
  • Umat Islam Alami 5 Fase Sebelum Kiamat, Sekarang Berada di Fase 4
    Dunia Islam
    Senin, 31 Mei 2021 - 08:05 WIB
    Umat Islam akan mengalami 5 fase sebelum datangnya Hari Kiamat. Saat ini berada pada fase keempat yaitu Fase Mulkan Jabriyan, di mana umat Islam menghadapi situasi sulit.
  • Memaknai Keberkahan Ramadan (12): Jaga Keseimbangan 3 Komponen Hidup Manusia
    Tausyiah
    Sabtu, 15 April 2023 - 18:02 WIB
    Kesempurnaan manusia hanya akan terjadi ketika menyatu tiga komposisi dalam penciptaannya. Yaitu material (fisikal), intelektual (akal) dan spiritual (ruhani).
  • Libatkan Allah di Setiap Sendi Kehidupan
    Tausiyah
    Sabtu, 17 Juni 2017 - 06:00 WIB
    Menulis, berkata-kata, berbicara, sesungguhnya akan menjadi ibadah dan kebaikan. Bila sedikit saja ada helaan nafas. Hentikan sejenak semesta yang bergerak. Bacalah Bismillaah. Supaya ada Kekuatan Allah Yang Menyertai. Tidak jadi sesuatu yang murahan. Asal nulis, asal berkata-kata, asal bicara.
  • Pintu-pintu Rezeki Manusia yang Allah Berikan
    Tips
    Jum'at, 11 Maret 2022 - 08:56 WIB
    Dalam Islam, rezeki merupakan hak dan wewenang Allah Taala. Jika Allah Taala berkehendak, maka Ia akan memberikan rezekinya pada kita dari berbagai arah yang tak kita duga.
  • Bolehkan Manusia Takut pada Jin? Begini Penjelasan Syaikh Al-Ustaimin
    Tips
    Senin, 31 Januari 2022 - 10:16 WIB
    Mendengar kata jin dan sebangsanya, sepertinya akan membuat bulu kuduk kita berdiri. Namun, benarkah manusia akan selalu takut pada jin? Bagaimana menurut pandangan Islam?
  • Meraih Ampunan di Fase Sepuluh Kedua Ramadhan
    Tausyiah
    Senin, 04 Mei 2020 - 08:36 WIB
    Bulan Ramadhan memasuki fase 10 hari kedua. Pada fase ini umat muslim seyogianya semakin meningkatkan kualitas ibadah demi mendapatkan keutamaan berupa maghfirah atau ampunan dari Allah SWT.
  • Belajar Kehidupan dari Sosok Hindun binti Utbah
    Muslimah
    Rabu, 29 Juli 2020 - 16:08 WIB
    Selain meneladani kisah nabi, sebagai muslimah juga dianjurkan untuk meneladani para shahabiyah (sahabat nabi perempuan atau perempuan-perempuan hebat dan agung pada zaman Rasulullah). Sosok Hindun binti Utbah, salah satunya.
  • Inilah 10 Ciri Hati yang Sehat, Nomor Terakhir Selalu Ingin Memperbaiki Amal
    Hikmah
    Jum'at, 14 Juli 2023 - 20:15 WIB
    Manusia seringkali melalaikan tentang perkara hati. Padahal hati adalah penentu baik buruknya perilaku mereka.Jika hatinya lurus (sehat), maka perilakunya juga baik, begitu juga sebaliknya.