Topik Terkait: Febomena Curhat Di Medsos (halaman 62)

  • Hukum Tidur Setelah...
    Tausyiah
    Senin, 10 Mei 2021 - 03:35 WIB
    Tidur bukan sekadar melepas lelah, tetapi kebutuhan yang harus dipenuhi setiap manusia. Bagaimana hukum tidur setelah sholat Subuh menurut perpektif Islam?
  • Ayat Tentang Utang Piutang...
    Tausyiah
    Jum'at, 30 Juli 2021 - 11:23 WIB
    Ayat tentang utang piutang di Surat Al-Baqarah, tepatnya pada ayat 282-283, menjadi pedoman bagi kita untuk urusan tersebut. Apa saja yang diatur soal utang piutang dalam Islam?
  • Penyebab Musibah di...
    Tausyiah
    Jum'at, 26 Januari 2024 - 05:15 WIB
    Islam mengajarkan kita untuk senantiasa berbaik sangka kepada Allah, Zat yang Maha Berkehendak. Terkadang Allah memberi musibah untuk menguji hamba-hamba yang dikehendaki-Nya.
  • Arti Kekhalifahan di...
    Tausyiah
    Jum'at, 07 Juli 2023 - 05:30 WIB
    Hubungan ini, walaupun tidak disebutkan secara tersurat dalam ayat di atas, tersirat karena penunjukan sebagai khalifah tidak akan ada artinya jika tidak disertai dengan penugasan atau istikhlaf.
  • Hujan Deras Tak Halangi...
    Dunia Islam
    Kamis, 25 Mei 2023 - 23:45 WIB
    Hujan deras disertai petir dan angin kencang mengguyur Masjid Nabawi, tidak menyurutkan antusiasme jemaah haji Indonesia untuk melaksanakan ibadah arbain.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Bidadari Tercantik di...
    Muslimah
    Senin, 30 September 2024 - 09:09 WIB
    Tahukah Anda bahwa ternyata bidadari tercantik di surga nanti adalah berasal dari wanita bumi. Dia juga akan menjadi ratu bidadari, siapakah wanita bumi tersebut?
  • Kisah Nabi Ibrahim Berdakwah...
    Hikmah
    Kamis, 23 November 2023 - 11:19 WIB
    Beliau banyak melakukan perdebatan dan menjelaskan kebatilan berhala-berhala yang dianggap sebagai tuhan itu. Bahkan beliau pun merendahkan berhala-berhala tersebut dan menghancurkannya.
  • Imam Syafii Pernah Dirantai...
    Tausyiah
    Senin, 14 Desember 2020 - 17:30 WIB
    Nama besar Al-mam mujtahid, Al-Imam Muhammad bin Idris as-Syafii atau lebih dikenal dengan nama Imam as-Syafii terdengar menggaung di negeri-negeri Islam.
  • Buah dan Sayuran yang...
    Hikmah
    Kamis, 21 Oktober 2021 - 05:10 WIB
    Dari banyak tanaman di muka bumi, ada beberapa buah dan sayuran yang disebut dalam Al-Quran. Sebagian tumbuh di Indonesia. Mari kita lihat satu persatu.
  • Umrah di Bulan Ramadan:...
    Dunia Islam
    Minggu, 17 Maret 2024 - 13:00 WIB
    Direktorat tersebut telah meluncurkan strategi komprehensif yang melibatkan teknologi canggih dan personel yang sangat terlatih untuk memudahkan masuknya jamaah haji ke Arab Saudi.
  • Salat Tarawih di Masjid...
    Dunia Islam
    Sabtu, 02 April 2022 - 20:35 WIB
    Masjid Istiqlal Jakarta malam ini menggelar salat tarawih pertama menjelang satu Ramadhan esok hari. Namun kapasitas hanya terbuka untuk 100 ribu jamaah.
  • Beginilah Cara Allah...
    Tausyiah
    Senin, 17 April 2023 - 13:35 WIB
    Saat Allah Subhanahu wa Taala mulai menegur hamba-Nya, itulah momen terbaik hamba. Teguran itu berarti bahwa Allah menunjukkan cinta dan kasih sayang-Nya.
  • Kisah Bahtera Nuh: Ditemukan...
    Hikmah
    Senin, 04 Desember 2023 - 16:17 WIB
    Inti dari penemuan ini terletak pada formasi Durupinar, yang terletak di distrik Do?ubayaz?t di A?r?, Turki, terletak kurang dari dua mil dari perbatasan Iran-Turki.
  • Membaca Doa Khusus di...
    Tausiyah
    Kamis, 24 Oktober 2019 - 17:37 WIB
    Banyak orang meyakini bahwa hari Rabu Wekasan atau Rabu terakhir di bulan Shafar tahun Hijriyah diturunkan bala dan bencana. Bagaiamana hukumnya?
  • Shalahuddin Al Ayyubi...
    Hikmah
    Kamis, 12 Oktober 2023 - 14:29 WIB
    Pada pada hari Jumat, 27 Rajab 583 H bertepatan dengan 2 Oktober 1187, pasukan Islam yang dipimpin Shalahuddin Al Ayyubi sukses merebut Kota al-Quds dan membebaskan Baitul Maqdis.
  • 3 Amalan Sunnah Pagi...
    Muslimah
    Sabtu, 16 Maret 2024 - 08:55 WIB
    Memulai aktivitas harian terutama di pagi hari, hendaknya diawali dengan amalan-amalan yang penuh dengan pahala. Amalan sunnah apakah itu?
  • Sejarah Kekhalifahan...
    Dunia Islam
    Jum'at, 16 Desember 2022 - 18:25 WIB
    Sejarah kekhalifahan Kordoba, era Spanyol, Prancis, dan Portugal di bawah kekuasaan kaum muslimin dimulai ketika Abdurrahman ad-Dakhil membentuk pemerintahan dalam pelariannya pasca runtuhnya Bani Umayyah.
  • Tamasya ke Negeri Akhirat...
    Hikmah
    Jum'at, 12 Juli 2024 - 05:15 WIB
    Tamasya ke negri akhirat berikutnya akan mengenal gambaran siksa bagi hamba-hamba Allah SWT yang suka melalaikan atau bahkan meninggalkan salat. Seperti apa gambarannya?
  • Pesta Makan di Hari...
    Muslimah
    Jum'at, 30 Juni 2023 - 14:39 WIB
    Di hari Tasyrik umat Islam dianjurkan untuk banyak makan, minum dan berzikir. Meski perintahkan untuk makan makan, namun tetap harus memerhatikan pola makannya, terutama pola makan yang sesuai dengan Al Qur an dan hadis.
  • Dua Kejahatan Bani Israil...
    Hikmah
    Minggu, 29 Oktober 2023 - 20:44 WIB
    Berikut ini kisah Bani Israil yang pernah melakukan dua kerusakan di bumi Palestina hingga mereka diazab oleh Allah. Kezaliman Bani Israil ini diceritakan Allah dalam Al-Quran.