Topik Terkait: Fidyah Puasa Ramadhan

  • Golongan Perempuan yang Wajib Bayar Fidyah Setelah Ramadhan
    Muslimah
    Minggu, 09 Mei 2021 - 11:33 WIB
    Bagi kaum muslimah, tentu saja mereka ada kalanya tidak bisa menjalankan ibadah selama 1 bulan penuh. Ada kendala datang haid atau kendala lainnya, seperti hamil dan menyusui.
  • Cara Menghitung Fidyah Puasa Ramadan bagi Lansia dan Orang Sakit
    Tips
    Senin, 15 Januari 2024 - 14:55 WIB
    Cara menghitung fidyah puasa ramadan bagi lansia dan orang sakit diatur dalam surat Al Baqarah ayat 184. Di sini diatur ketentuan tentang siapa saja yang boleh tidak berpuasa.
  • Begini Aturan Pembayaran Fidyah bagi Perempuan Hamil dan Menyusui
    Tips
    Jum'at, 07 April 2023 - 09:11 WIB
    Wanita yang hamil atau menyusui dan mampu berpuasa, lalu ia tidak berpuasa karena khawatir terhadap kesehatan anaknya saja, ia berkewajiban meng-qadha atau membayar fidyah.
  • Fidyah dan Seputar Hukum Puasa bagi Orang yang Sakit
    Tips
    Kamis, 24 Maret 2022 - 17:21 WIB
    Ramadhan tinggal beberapa hari lagi. Bagi orang-orang yang beriman, puasa adalah wajib. Lalu bagaimana bila dalam kondisi sakit? Bolehkah fidiyah dibayar dengan uang?
  • Hukum Puasa bagi Orang yang Sakit, Bolehkan Fidyah Dibayar dengan Uang?
    Tausyiah
    Sabtu, 18 April 2020 - 04:22 WIB
    Menjawab banyaknya pertanyaan seputar kewajiban membayar fidyah, apakah harus menggunakan makanan pokok ataukah boleh diganti uang, begini pendapat PB NU.
  • Puasa Wanita Hamil Diganti Fidyah, Kapan Bayar dan Berapa Nilainya?
    Tips
    Minggu, 03 Mei 2020 - 04:15 WIB
    Wanita yang hamil atau menyusui dan mampu berpuasa, lalu ia tidak berpuasa karena khawatir terhadap kesehatan anaknya, ia berkewajiban mengqadha dan membayar fidyah.
  • Begini Cara Menunaikan Fidyah atau Pengganti Puasa
    Tips
    Jum'at, 01 April 2022 - 10:14 WIB
    Bagi beberapa orang yang tidak mampu menjalankan ibadah puasa dengan kriteria tertentu, diperbolehkan tidak berpuasa serta tidak harus menggantinya di lain waktu. Namun, sebagai gantinya diwajibkan untuk membayar fidyah (pengganti/penebus).
  • Niat Qadha Puasa Ramadhan Digabung dengan Puasa Sunnah
    Tausyiah
    Sabtu, 05 Maret 2022 - 20:55 WIB
    Bagi Anda yang Ramadhan tahun lalu tidak dapat menjalankan puasa maka diwajibkan mengqadha (mengganti) atau membayar fidyah di bulan ini. Berikut niatnya.
  • 8 Sunnah-sunnah Puasa Ramadhan, Yuk Kita Amalkan!
    Tips
    Sabtu, 17 April 2021 - 09:05 WIB
    Pengajar Rumah Fiqih Ustaz Ahmad Zarkasih Lc dalam Buku Saku Ramadhan menjelaskan 8 sunnah-sunnah puasa Ramadhan. Apa saja? Berikut ulasannya.
  • Pengertian Fidyah dan Tata Cara Membayarnya
    Tips
    Selasa, 19 April 2022 - 13:24 WIB
    Bagi muslimin yang sudah tidak mampu lagi berpuasa, Allah memberikan keringanan untuk mereka dengan adanya fidyah. Apa itu fidyah dan bagaimana cara membayarnya?
  • Mereka yang Mendapat Rukhsah Tidak Puasa di Bulan Ramadhan
    Tausyiah
    Selasa, 29 Maret 2022 - 15:52 WIB
    Setidaknya ada tiga golongan yang mendapatkan rukhsah atau pengecualian untuk tidak melakukan ibadah puasa Ramadhan. Salah satunya adalah orang yang sedang sakit.
  • Cara Membayar Fidyah Ibu Hamil dan Menyusui
    Muslimah
    Selasa, 02 April 2024 - 07:43 WIB
    Para ulama sepakat wanita hamil dan menyusui diperbolehkan baginya untuk tidak berpuasa di bulan Ramadan jika ia tidak mampu untuk berpuasa. Lantas bagaimana cara membayar fidyah puasanya?
  • Jangan Sepelekan Dua Rukun Puasa Ramadhan Berikut Ini
    Tips
    Senin, 04 April 2022 - 03:00 WIB
    Rukun puasa Ramadhan ada dua. Pertama, al-imsak yakni menahan diri dari hal yang membatalkan puasa. Kedua, niat yang waktunya ditentukan yaitu setelah Maghrib sampai Subuh.
  • Sejarah Puasa: Rahasia Dipilihnya Bulan Ramadhan sebagai Waktu Berpuasa
    Tausyiah
    Selasa, 29 Maret 2022 - 15:24 WIB
    Ada kriteria yang telah terpenuhi oleh Ramadhan, sehingga bulan ini dipilih menjadi momen umat Islam berpuasa. Di bulan ini, turun Al-Quran, dasar agama Islam sekaligus mukjizat paling agung.
  • Hukum Mendengarkan Musik Saat Puasa Ramadhan
    Tips
    Senin, 11 April 2022 - 22:17 WIB
    Hukum mendengarkan musik saat puasa Ramadhan terjadi perbedaan pendapat di kalangan ulama. Ada yang mengharamkan dan ada yang membolehkan.
  • Tidak Bisa Qadha Puasa? Begini Cara Menunaikan Fidyah atau Pengganti Puasa
    Tausyiah
    Rabu, 08 Maret 2023 - 08:33 WIB
    Sebelum Ramadan tiba, umat muslim yang masih memiliki utang puasa wajib menggantinya dengan cara qadha di bulan-bulan sebelum Ramadan. Lalu, bagaimana yang tidak bisa qadha puasa?
  • Bacaan Zikir Sebelum Berbuka Puasa Ramadhan
    Tips
    Selasa, 20 April 2021 - 14:59 WIB
    Di antara zikir yang dianjurkan sebelum berbuka puasa Ramadhan dinukil dari Kitab Al-Adzkar dan lainnya. Berikut bacaan zikir sebelum berbuka puasa.
  • Mereka yang Boleh Membayar Fidyah Puasa Ramadhan
    Tips
    Selasa, 04 Mei 2021 - 18:23 WIB
    Ada beberapa kelompok manusia yang diperbolehkan meninggalkan puasa dan cukup menggantinya dengan membayar fidyah dengan cara memberi makan kepada fakir miskin sesuai dengan jumlah hari yang ia tinggalkan.
  • Yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Saat Puasa Ramadhan
    Tips
    Selasa, 29 Maret 2022 - 18:55 WIB
    Persiapan untuk menjalankan ibadah puasa Ramadhan sangat diperlukan, termasuk mengetahui apa saja yang boleh dilakukan maupun hal-hal yang tidak boleh dilakukan seorang muslim
  • Puasa Ramadhan Itu Menata Hati
    Tausiyah
    Kamis, 16 Mei 2019 - 14:01 WIB
    Warna hidup manusia itu terbentuk oleh suasana hatinya. Segala gerak-gerik hidupnya adalah gambaran dari suasana hati. Karenanya hati adalah penentu hitam putih, sehat sakitnya prilaku manusia.