Topik Terkait: Hikmah Sakit

  • 11 Hikmah di Balik Sakit, Nomor 6 Paling Kamu Suka
    Hikmah
    Rabu, 19 Januari 2022 - 15:42 WIB
    Jangan pernah berfikir bahwa sakit itu adalah musibah atau azab dari Allah. Justru sakit mendatangkan banyak faedah, berikut 11 hikmah di balik sakit.
  • 9 Pelajaran dan Hikmah dari Perang Uhud
    Hikmah
    Selasa, 28 Maret 2023 - 14:27 WIB
    Setidaknya ada 9 pelajaran dan hikmah dari Perang Uhud. Salah satunya, betapa perang ini kita bisa menyaksikan besarnya kecintaan para Sahabat kepada Rasulullah SAW.
  • Ketentuan Allah Taala Tentang Musibah, Hikmah atau Akibat Dosa?
    Muslimah
    Minggu, 10 Januari 2021 - 09:02 WIB
    Allah Taala memiliki hikmah sesuai dengan keluasan ilmu-Nya yang mutlak. Bahkan, dalam setiap musibah yang menimpa seorang hamba, pada hakikatnya Allah mengirim sinyal-sinyal agar muslimin mengambil hikmah di dalamnya.
  • 6 Hikmah Puasa Ramadhan yang Penting Diketahui
    Muslimah
    Kamis, 01 April 2021 - 21:16 WIB
    Di balik hukum wajibnya puasa Ramadhan, terkandung banyak hikmah yang sangat agung. Sebagai muslim, tentu kita wajib mengetahui hikmah puasa Ramadhan ini.
  • Kenikmatan dan Kebahagiaan Ketika Sakit
    Muslimah
    Selasa, 24 November 2020 - 14:56 WIB
    Roda kehidupan dunia senantiasa berputar, ada suka dengan duka, kaya dengan miskin, dan sehat dengan sakit. Sesehat apapun manusia pada saatnya ia akan mengalami sakit, dan sekuat apapun manusia pada saatnya tentu akan merasakan sakit pula.
  • Kisah Hikmah: Terjebak karena Mengikuti Omongan Orang Lain
    Hikmah
    Sabtu, 11 Desember 2021 - 13:20 WIB
    Kisah hikmah ini tentang Juha, tokoh bijak nan lucu dalam sastra Arab, yang ingin memberikan pelajaran kepada anaknya. Ia mengajak anaknya menyusuri perjalanan dengan membawa seekor keledai.
  • 4 Hal yang Diambil Ketika Sakit, Nomor Terakhir Tidak Kembali Saat Sehat
    Hikmah
    Jum'at, 14 Januari 2022 - 22:16 WIB
    Tahukah Anda, ada empat hal yang diambil Allah ketika seseorang mengalami sakit. Namun setelah sembuh, Allah mengembalikan semuanya kecuali perkara yang keempat.
  • Hikmah Bersedekah Terbaik, Meraih Kebajikan Sempurna
    Hikmah
    Jum'at, 02 Juni 2017 - 14:21 WIB
    Bulan Ramadan adalah bulan yang paling tepat untuk memperbanyak bersedekah. Dengan memperbanyak amalan sedekah di bulan yang mulia ini, umat Muslim akan mendapatkan keajaiban dari Allah SWT.
  • Mengambil Hikmah dari Perilaku Burung Unta yang Unik
    Hikmah
    Rabu, 16 September 2020 - 22:04 WIB
    Tuhan kita yang Mahabijaksana Allah Azza wa Jalla tidaklah menciptakan segala sesuatu kecuali ada hikmah dan pelajaran di dalamnya. Tidak terkecuali dengan Burung Unta.
  • Kisah Hikmah: Melupakan Dendam!
    Hikmah
    Kamis, 17 November 2022 - 12:30 WIB
    Setiap manusia pasti pernah mengalami rasa sakit hati dengan berbagai rasa yang berbeda-beda. Ada yang langsung lupa alias tidak membekas, ada yang biasa saja dan pasti juga ada rasa sakit yang terus membelenggu jiwanya sepanjang hayat.
  • Kisah Hikmah : Wanita Pezina dan Fatwa Abu Hurairah
    Hikmah
    Senin, 29 Mei 2023 - 12:37 WIB
    Salah satu sahabat Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa sallam yang paling banyak meriwayatkan hadis adalah Abu Hurairah radhiyallahuanhu. Ada kisah menarik tentangnya saat ia memberi fatwa.
  • Puasa Ramadan dan Lima Hikmah di Dalamnya
    Tausyiah
    Minggu, 24 Maret 2024 - 04:05 WIB
    Puasa Ramadan memiliki lima pelajaran. Antara lain, puasa diawasi dan dinilai sendiri Allah, miniatur kehidupan, melatih berbagi, melatih kejujuran dan puasa mencetak orang takwa.
  • Kisah Hikmah : Pengalaman Pertama Qailah binti Makhramah Masuk Masjid Nabawi
    Hikmah
    Minggu, 05 Mei 2024 - 12:53 WIB
    Inilah cerita seorang shahabiyat (sahabat perempuan Rasulullah) yang bernama Qailah binti Makhramah radhiyallahu anha tentang pengalaman pertamanya masuk Masjid Nabawi.
  • Inilah Hikmah Besar Dibalik Ibadah Umrah
    Hikmah
    Sabtu, 22 Juli 2023 - 14:19 WIB
    Melaksanakan ibadah haji dan umrah adalah sebuah momentum besar. Haji dan umrah juga memiliki kesamaan, yakni sama-sama menunaikan ibadah ke KakBah atau Baitullah.
  • Tiga Kisah Hikmah: Pertanggungjawaban, Kepalsuan, Pelajaran dan Kafilah
    Hikmah
    Selasa, 10 November 2020 - 08:01 WIB
    Seorang pencuri yang berusaha memanjat jendela sebuah rumah yang hendak ia curi, terjatuh karena kusen jendela patah, membentur tanah dan mematahkan kakinya. Ia pergi ke pengadilan menuntut pemilik rumah.
  • Hikmah Diperbolehkannya Poligami Menurut Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Sabtu, 07 Oktober 2023 - 09:49 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan sesungguhnya Islam adalah risalah terakhir yang datang dengan syariat yang bersifat umum dan abadi. Yang berlaku sepanjang masa, untuk seluruh manusia.
  • Hikmah Poligami dalam Pandangan Islam dan Syaratnya
    Muslimah
    Minggu, 29 Januari 2023 - 05:10 WIB
    Hikmah poligami dalam pandangan Islam dan syaratnya perlu diketahui agar tidak keliru sebagaimana pandangan negatif kaum sekuler barat. Berikut penjelasan Syaikh Yusuf Qardhawi.
  • Tak Disangka Sakit pun Memberi Kenikmatan, Nomor Terakhir Jadi Penyemangat Menambah Bekal Akhirat
    Tausyiah
    Jum'at, 09 September 2022 - 16:56 WIB
    Bagi seorang muslim, ketika diberi ujian sakit sebenarnya merupakan kenikmatan yang memiliki keutamaan. Kenapa demikian? Karena ternyata banyak keutamaan dari sakit yang tengah diderita itu sebagai karunia Allah Subhanahu wa taala.
  • Hukum Mengeluh bagi Orang yang Sedang Menderita Sakit
    Tips
    Minggu, 25 Desember 2022 - 09:35 WIB
    Tidak mengapa bagi si sakit untuk mengeluhkan rasa sakit dan penderitaannya kepada dokter atau perawatnya, kerabat atau temannya, selama hal itu dilakukan tidak untuk menunjukkan kebencian kepada takdir.
  • 3 Hikmah Besar pada Penciptaan Matahari dan Bulan
    Hikmah
    Minggu, 25 September 2022 - 22:33 WIB
    Allah menciptakan matahari bersinar dan bulan bercahaya sebagai bukti kekuasaan-Nya. Setidaknya ada tiga hikmah besar di balik penciptaan matahari dan bulan ini.