Topik Terkait: Ibadah Sholat (halaman 478)

  • Piagam Madinah: Shahifah,...
    Hikmah
    Senin, 16 Oktober 2023 - 10:32 WIB
    Apakah Piagam Madinah dikenal dalam sumber-sumber historis dengan nama shahifah yang secara harfiah berarti lembaran, kitab atau yang secara harfiah berarti tulisan, atau nama lainnya?
  • Kisah Kaum Yahudi Membuat...
    Hikmah
    Senin, 16 Oktober 2023 - 10:10 WIB
    Kaum Yahudi mengajak Rasulullah berdamai dengan membuat perjanjian setelah terbunuhnya Kaab bin al-Asyraf. Ini terjadi pasca perang Badar yang dimenangkan kaum muslimin.
  • Perjanjian Sykes-Picot,...
    Dunia Islam
    Senin, 16 Oktober 2023 - 15:35 WIB
    Perjanjian Sykes-Picot pada perang Dunia ke 1, Inggris dan Perancis sepakat untuk membagi-bagi wilayah tersebut menjadi zona pengaruh mereka.. Inilah cikal bakal pecahnya negara-negara muslim, karena runtuhnya kekhalifahan Turki Ustmani.
  • Paham Rajah Kaum Rafidhah:...
    Dunia Islam
    Selasa, 03 Oktober 2023 - 08:55 WIB
    Kaum Rafidhah meyakini Muhammad ibn Hasan al-Askari, sebagai imam terakhir yang sedang ditunggu kehadirannya. Ia bergelar al-Imam al-Mahdi al-Ghaib al-Muntazhar
  • 5 Tingkatan Iman dalam...
    Tausyiah
    Kamis, 05 Oktober 2023 - 17:11 WIB
    Seorang muslim yang mukallaf (orang yang telah baligh dikenai beban syariat) wajib mempelajari dan mengamalkan hukum-hukum Islam. Berikut lima tingkatan iman dalam Islam.
  • Hadis Pilihan: Larangan...
    Tausyiah
    Kamis, 05 Oktober 2023 - 16:35 WIB
    Salah satu adab yang diajarkan Baginda Nabi Muhammad ? untuk diperhatikan umat Islam adalah tidak menghina atau merendahkan sesama muslim.
  • Mengenal Abdullah, Ayah...
    Hikmah
    Kamis, 05 Oktober 2023 - 21:14 WIB
    Abdullah adalah laki-laki sangat tampan di kalangan kaum Quraisy. Beliau dijuluki adz-Dzabih atau yang disembelih. Bagaiaman kisahnya?
  • Gambaran Eloknya Bidadari...
    Hikmah
    Jum'at, 06 Oktober 2023 - 10:52 WIB
    Dan di sisi mereka ada (bidadari-bidadari) yang bermata indah, dan membatasi pandangannya, seakan-akan mereka adalah telur yang tersimpan dengan baik.
  • Keajaiban Zikir Alhamdulillah...
    Hikmah
    Jum'at, 06 Oktober 2023 - 16:24 WIB
    Banyak orang mendambakan kesuksesan dan keberkahan hidup namun belum mengetahui kuncinya, dan ternyata kunci keberkahan itu ada pada kalimat zikir Alhamdulillah dan istighfar. Bagaimana penjelasannya?
  • Tak Hanya Duduki Masjid...
    Dunia Islam
    Kamis, 05 Oktober 2023 - 16:29 WIB
    Para pemukim Yahudi Israel memaksa masuk ke kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur untuk memperingati hari kelima Sukkot.Di sisi lain, lima orang dicurigai meludahi umat Kristen di Kota Tua Yerusalem
  • Dialog Prof Wilson-Imam...
    Dunia Islam
    Sabtu, 07 Oktober 2023 - 15:59 WIB
    Islam menasihatkan pada setiap orang yang telah dewasa, sanggup melakukan penelitian agama, untuk menguji Agama yang diwariskan dari orang-orang tuanya.
  • Mengapa Yahudi dan Muslim...
    Dunia Islam
    Minggu, 08 Oktober 2023 - 22:30 WIB
    Yahudi dan Muslim sama-sama mengklaim Yerusalem sebagai Kota Suci yang merupan wilayah otoritasnya. Mengapa kedua pemeluk agama sama-sama memiliki klaim atas Yerusalem? Ini alasannya!
  • Doa dan Zikir Setelah...
    Tausyiah
    Senin, 09 Oktober 2023 - 15:17 WIB
    Doa dan zikir setelah salat Dzuhur memang dianjurkan untuk dilakukan oleh seluruh umat Islam. Setelah menyelesaikan salatnya, dianjurkan untuk membaca zikir dan doa tertentu.
  • Profil Hamas, Gerakan...
    Dunia Islam
    Senin, 09 Oktober 2023 - 15:00 WIB
    Secara politis, Hamas menguasai Jalur Gaza, wilayah seluas sekitar 365 km persegi (141 mil persegi) yang merupakan rumah bagi lebih dari dua juta orang tetapi diblokade oleh Israel
  • Doa dan Petunjuk Rasulullah...
    Hikmah
    Rabu, 11 Oktober 2023 - 12:40 WIB
    Rasulullah SAW memberikan petunjuk dan tuntunan yang berharga kepada umatnya untuk menghadapi kesulitan dan segera mendapat jalan keluar dari masalah serta ujian hidup tersebut.
  • Siapakah Wanita Dinikahi...
    Muslimah
    Rabu, 11 Oktober 2023 - 09:05 WIB
    Dalam Islam, salah satu kriteria wanita yang pantas dinikahi adalah karena agamanya. Kriteria tersebut banyak dijelaskan dalam hadis Nabi Shallallahu alaihi wa sallam. Siapakan sebenarnya wanita tersebut?
  • Beda Arti, Mana yang...
    Tausyiah
    Jum'at, 13 Oktober 2023 - 09:54 WIB
    Ternyata beda arti, mana yang benar tulisan husnul khatimah atau tulisan khusnul khatimah? Pertanyaan ini sering muncul dan penting diketahui umat muslim agar tidak salah dalam penggunaan kalimatnya.
  • Theodor Herzl, Tokoh...
    Dunia Islam
    Jum'at, 13 Oktober 2023 - 16:11 WIB
    Theodor Herzl adalah tokoh utama di balik gerakan Zionis Israel yang berkeinginan mendirikan negara Israel di wilayah Syam. Dia pernah mencoba menyuap Sultan Hamid II, tapi gagal.
  • Kisah Kaum Yahudi yang...
    Hikmah
    Sabtu, 14 Oktober 2023 - 13:41 WIB
    Sebelum Nabi Muhammad SAW diutus, kaum Yahudi senantiasa berdoa agar Allah Taala segera menurunkan rasul penutup tatkala mereka berperang melawan kaum musyrik. Hanya saja, saat doa itu dikabulkan mereka mengingkarinya
  • Inilah Asal-usul Yahudi...
    Hikmah
    Sabtu, 14 Oktober 2023 - 14:13 WIB
    Menurut sumber yang paling kuat, mereka datang dari Syam pada abad pertama dan kedua sebelum Masehi ketika pasukan Romawi berhasil menguasai Suriah dan Mesir.