Topik Terkait: Imam Malik (halaman 499)

  • Ziarah Kubur Perbanyak Mengingat Kematian, Faedahnya Luar Biasa
    Hikmah
    Jum'at, 12 April 2024 - 09:49 WIB
    Salah satu tradisi saat merayakan Idulfitri di Indonesia yakni ziarah kubur. Tradisi yang baik untuk selalu mengingat kematian. Mengapa demikian?
  • Surat Yasin Berada di Juz Berapa?
    Tips
    Jum'at, 12 April 2024 - 16:54 WIB
    Pada statusnya, surat Yasin sangat populer di kalangan umat Islam. Tak hanya dikenal sebagai jantungnya Al Quran, surat ini juga rutin dibaca oleh umat Muslim dalam berbagai kesempatan.
  • Syaikh Imran Hosein: Raja Najasyi Belum Masuk Islam ketika Meninggal
    Hikmah
    Kamis, 18 April 2024 - 14:57 WIB
    Benarkah Raja Najasyi (Negus) Abyssinia (sekarang Ethiopia) belum masuk Islam ketika meninggal dunia? Lalu, mengapa Rasulullah SAW menyolatinya begitu mendengar beliau wafat?
  • Tips Meningatkan Ketakwaan Setelah Ramadan
    Tausyiah
    Selasa, 23 April 2024 - 11:25 WIB
    Ketakwaan seorang mukmin akan diganjar pahala terbaik oleh Allah Subhanahu wa taala. Bahkan, sebagai hamba-Nya, seorang muslim yang bertkawa akan mendapatkan jaminan kebahagiaan dan keselamatan di dunia dan di akhirat.
  • Fungsi Niat dalam Melaksanakan Amal Ibadah
    Tausyiah
    Kamis, 25 April 2024 - 10:16 WIB
    Dalam Islam, fungsi niat sangatlah penting dalam melaksanakan amal ibadah. Karenanya setiap muslim harus senantiasa memperbaiki dan selalu meluruskan niat dalam ibadahnya.
  • Mengapa Sedekah di Hari Jumat Mempunyai Keutamaan Luar Biasa? Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Jum'at, 26 April 2024 - 08:10 WIB
    Sedekah memiliki banyak keutamaan dan banyak ayat Al-Quran yang menjelaskannya. Dan khusus di hari Jumat, sedekah ini ternyata memiliki banyak keutamaan lainnya. Mengapa demikian dan apa alasannya?
  • Kisah Hikmah : Padamnya Lampu Istana dan Khalifah Umar Bin Abdul Aziz
    Hikmah
    Sabtu, 27 April 2024 - 17:50 WIB
    Gaya hidup Umarbin Abdul Aziz sangat sederhana ketika menjadi khalifah. Gajinya hanya 2 dirham perhari atau 60 dirham perbulan. Meski menjabat hanya 2-3 tahun, karyanya sangat mengagumkan.
  • Tukang Maksiat Belum Tentu Masuk Neraka, Ini Syaratnya!
    Tausyiah
    Minggu, 28 April 2024 - 09:18 WIB
    Bagaimana hukumnya orang yang semasa hidupnya selalu mengerjakan maksiat, akan tetapi pada akhir hayatnya (ketika sakaratul maut) dia mengucapkan dua kalimat Syahadat?
  • Kisah Nabi Daniel yang Menubuatkan Kedatangan Nabi Muhammad SAW
    Hikmah
    Rabu, 01 Mei 2024 - 08:23 WIB
    Mendengar nama Nabi Daniel, sebagian orang mungkin masih merasa asing. Namanya sendiri memang jarang dibahas dan tidak masuk dalam daftar 25 nama Nabi yang wajib diketahui umat Islam.
  • Bulan Dzulqadah Segera Datang, Inilah Amalan dan Keutamaannya
    Hikmah
    Jum'at, 03 Mei 2024 - 05:15 WIB
    Bulan Dzulqadah termasuk dalam salah satu bulan yang memiliki kemuliaan di sisi Allah dengan julukan Asyhurul haram (bulan haram). Karena bulan istimewa seyogianya bulan ini diisi dengan kebajikan dan memperbanyak amalan yang sangat dianjurkan.
  • 8 Kewajiban Orang yang Ingin Haji, Salah Satunya Bayar Utang Dulu
    Tips
    Jum'at, 03 Mei 2024 - 15:22 WIB
    Barangsiapa bertujuan melakukan perjalanan panjang untuk haji atau yang lainnya maka wajib membayar utangnya atau minta izin orang-orang yang memberikan piutang.
  • Kisah Muslim Taklukkan Kota Suci Iran Istakhr: Kuil Penyembah Sapi Diubah Jadi Masjid
    Hikmah
    Rabu, 01 Mei 2024 - 18:05 WIB
    Istakhr adalah ibu kota pertama bagi orang Persia tatkala mereka menguasai kawasan yang merupakan bagian tanah Iran, yang juga merupakan tempat dinasti Sasani, raja-raja Persia pada era itu.
  • Deretan 5 Ulama Besar Asal Uzbekistan, Salah Satunya Keturunan Nabi Muhammad SAW
    Dunia Islam
    Rabu, 01 Mei 2024 - 13:37 WIB
    Terdapat sejumlah ulama besar asal Uzbekistan yang namanya sudah tidak asing lagi di telinga umat muslim. Bahkan dua di antaranya merupakan ahli hadits yang ternama.
  • 6 Risiko Seseorang yang Divonis Kafir
    Tausyiah
    Rabu, 01 Mei 2024 - 15:20 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi menyebut setidaknya ada 6 risiko bagi seseorang yang sudah dianggap kafir, di antaranya: Bagi istrinya, dilarang berdiam bersama suaminya yang kafir.
  • Bolehkah Menceritakan Nikmat kepada Orang Lain?
    Hikmah
    Kamis, 02 Mei 2024 - 05:15 WIB
    Bolehkah menceritakan nikmat kepada orang lain? Betulkan hal itu adalah bentuk syukur atau pamer? Bagaimana Islam memandangnya?
  • Siapa Golongan Orang yang Tidak Mengalami Ketakutan saat Hari Kiamat?
    Hikmah
    Rabu, 01 Mei 2024 - 11:32 WIB
    Hari kiamat merupakan perkara ghaib yang wajib diimani setiap mukmin. Dan, Allah Taala memberitahukan tanda-tandanya kepada Nabi Muhammad shallallahu alihi wa sallam.
  • Adab dan Doa saat Terjadinya Hujan
    Tips
    Rabu, 01 Mei 2024 - 17:17 WIB
    Di musim hujan, biasanya kita akrab dengan yang namanya petir, gemuruh, guntur atau kilat. Di antara adab saat musim hujan dilarang untuk mencela hujan.
  • Hukum Menggabungkan Niat Puasa Syawal dan Senin Kamis
    Tausyiah
    Kamis, 02 Mei 2024 - 07:20 WIB
    Bagaimana hukumnya bila menggabungkan puasa sunnah Syawal dan puasa Senin-Kamis? Hal ini penting diketahui, mengingat pelaksanaan puasa sunnah tersebut berada di bulan Syawal.
  • Penaklukan Sijistan Iran: Kisra Yazdigird Kebingungan Mencari Persembunyian
    Hikmah
    Jum'at, 03 Mei 2024 - 08:09 WIB
    Tatkala pasukan Muslimin memasuki Kirman, Kisra Yazdigird ada di kota itu. Setelah dilihatnya bahwa daerah ini tak akan dapat bertahan, seperti daerah-daerah lain, ia lari lagi ke Khurasan.
  • Keutamaan Membaca Surat Al Ikhlas dalam Gambaran Hadis Nabi SAW
    Tausyiah
    Jum'at, 03 Mei 2024 - 08:07 WIB
    Ada keutamaan yang paling dahsyat dari Surat Al Ikhlas yang pernah disabdakan Rasulullah SAW yakni membaca Surat Al Ikhlas akan disetarakan oleh Allah Taala seperti halnya membaca sepertiga Al-Quran