Topik Terkait: Israf Dan Tabdzir (halaman 3)

  • Bahaya Istidraj dan Kenali Tanda-tandanya
    Tausyiah
    Senin, 12 Oktober 2020 - 09:30 WIB
    Kita sering mendengar kata Istidraj dan banyak nasihat ulama agar kita hati-hati dengan perkara yang satu ini. Bagaimana sebenarnya ciri-ciri istidraj ini?
  • Soal Makanan Haram, Ini Beda Islam dengan Hindu, Yahudi, dan Nasrani
    Tausyiah
    Rabu, 21 Oktober 2020 - 05:00 WIB
    Allah SWT memerintahkan orang-orang mukmin supaya suka makan yang baik dan supaya mereka suka menunaikan hak nikmat itu, yaitu dengan bersyukur kepada Zat yang memberi nikmat.
  • Hati-hati Tipu Daya Setan Ini : Talbis dan Ghurur
    Muslimah
    Kamis, 08 Juli 2021 - 07:21 WIB
    Tipu daya setan untuk menggoda manusia beragam caranya, salah satunya dengan cara talbis dan ghurur. Talbis adalah menampakkan kebatilan dalam bentuk kebenaran, sehingga yang benar terlihat batil dan yang batil terlihat benar
  • Keistimewaan dan Keutamaan Surah Yasin
    Tausiyah
    Kamis, 28 November 2019 - 18:58 WIB
    Surah Yasin disebut juga jantungnya Alquran. Surah ke-36 ini terdiri dari 83 ayat dan termasuk surah Makkiyah yang agung. Berikut keutamannya.
  • Beda Pendapat Mengenai Istimta, Imam Safii dan Imam Maliki Mengharamkan
    Tausyiah
    Senin, 05 Oktober 2020 - 05:00 WIB
    Hukum Islam sebagai suatu sistem hukum yang menjunjung tinggi nilai moral memandang pekerjaan masturbasi atau onani sebagai sesuatu yang bertentangan dengan nilai-nilai moral.
  • Ramadhan Segera Tiba, Ini Bacaan Niat dan Doa Puasa Menurut 4 Mazhab
    Muslimah
    Minggu, 07 Maret 2021 - 08:31 WIB
    Sebentar lagi bulan suci Ramadhan akan tiba. Untuk mempersiapkannya, sebagai muslim kita diharuskan berniat dan membaca doa puasa sebagai hal mendasar dalam setiap ibadah yang akan kita jalani
  • Inilah Amalan Lebih Baik dari Dunia dan Seisinya
    Tausyiah
    Sabtu, 23 Januari 2021 - 21:01 WIB
    Amalan satu ini punya keutamaan besar sampai-sampai Rasulullah tak pernah meninggalkannya walupun dalam keadaan safar (perjalanan). Berikut amalannya.
  • Islam Itu Agama Bersih dan Cantik, Maka Berhiaslah
    Tausyiah
    Selasa, 25 Agustus 2020 - 05:00 WIB
    Islam memperkenankan kepada setiap muslim, bahkan menyuruh supaya geraknya baik, elok dipandang dan hidupnya teratur dengan rapi untuk menikmati perhiasan dan pakaian yang telah dicipta Allah.
  • Fitnah Perempuan dan Bahayanya Ikhtilat
    Muslimah
    Minggu, 23 Agustus 2020 - 09:14 WIB
    Di zaman ini, campur baur laki-laki dan perempuan merupakan perkara yang umum terjadi di sebagian besar tempat seperti di mal, pasar, di kantor-kantor, bahkan di sekolah atau universitas, serta lainnya
  • Inilah Mengapa Manusia Membenci Kematian dan Kefakiran?
    Tausyiah
    Kamis, 15 Juli 2021 - 17:11 WIB
    Sesungguhnya ada dua perkara yang dibenci oleh manusia, padahal dua perkara tersebut baik bagi seorang Mukmin. Apa ittu? Kematian dan kefakiran.
  • Musim Liburan, Inilah Rekreasi dan Wisata Menurut Pandangan Al Quran
    Muslimah
    Senin, 01 Januari 2024 - 14:45 WIB
    Ternyata rekreasi atau piknik ini ada dalam penjelasan Al Quran. Sedikitnya, ada tujuh ayat Al Quran yang mengaitkan langsung perintah berekreasi atau memandang alam dengan perjalanan tersebut
  • Hati-hati,  Muslimah Milenial Sangat Rentan Izzah dan Iffah
    Muslimah
    Senin, 21 Juni 2021 - 17:20 WIB
    Di era media sosial (medsos) saat ini, ada beberapa perbuatan yang dilarang syariat justru banyak disepelekan kalangan milenial. Salah satunya, kaum perempuan milenial yang tidak menjaga izzah dan iffah-nya.
  • Kisah Nabi Idris, Manusia Pertama yang Menjahit dan Wafat Saat Plesir ke Surga
    Hikmah
    Rabu, 26 Januari 2022 - 05:15 WIB
    Nabi Idris adalah orang yang pertama kali memiliki kemampuan menjahit pakaian dan mendapatkan upah dari menjahit. Bukan hanya itu, Nabi Idris juga menjadi orang pertama kali yang bisa menulis
  • Jadwal Puasa Tasua dan Puasa Asyura 1445 Hijriah
    Tips
    Sabtu, 22 Juli 2023 - 15:42 WIB
    Jadwal dan niat Puasa Tasua dan Asyura Tahun 2023 menjadi informasi penting yang harus diketahui umat muslim. Puasa Tasua dan Asyura merupakan amalan sunnah yang sangat dianjurkan pada bulan Muharram.
  • Akhlak Muslim Terbaik Selalu Tersenyum dan Berlapang Dada
    Hikmah
    Sabtu, 04 November 2023 - 05:15 WIB
    Seorang muslim disunahkan untuk senantiasa tersenyum, menjaga emosi dari marah, dan selalu berlapang dada, dan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam sebaik-baiknya akhlak dan pribadi muslim ini.
  • Beda Keputihan, Madzi, Wadi dan Mani Menurut Fiqih
    Muslimah
    Kamis, 23 September 2021 - 13:23 WIB
    Ada beberapa jenis cairan putih yang keluar dari organ kemaluan kaum wanita, yaitu keputihan, madzi, wadi dan mani. Di antara keempatnya memiliki perbedaan satu sama lain.
  • Meneladani Adab dan Gaya Hidup Rasulullah Soal Makanan
    Muslimah
    Minggu, 21 Maret 2021 - 07:45 WIB
    Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam adalah teladan bagi seluruh umat manusia. Kehidupan beliau adalah paket lengkap sebagai teladan , termasuk adab dan gaya hidup Rasulullah dalam soal makanan.
  • Gambaran Siksa Kubur dan 4 Amalan yang Menyelamatkan
    Tausyiah
    Jum'at, 21 Oktober 2022 - 05:10 WIB
    Siksa Kubur disebut juga dengan siksa Barzakh. Berikut gambaran siksa kubur dan amalan yang menyelamatkan sebagaimana dijelaskan oleh Syaikh Nawawi Al-Bantani.
  • Syaikh Al-Qardhawi: Anak Perempuan dan Laki-Laki Merupakan Karunia Allah Taala
    Tausyiah
    Selasa, 19 September 2023 - 14:45 WIB
    Islam menganggap anak perempuan seperti anak laki-laki yaitu merupakan pemberian dan karunia Allah yang diberikan kepada siapa saja yang dikehendaki-Nya dari hamba-hamba-Nya.
  • Puasa Tasua 2023: Ini Bacaan Niat dan Keutamaannya
    Tips
    Rabu, 19 Juli 2023 - 18:45 WIB
    Bacaan niat puasa Tasua beserta keutamaannya menjadi tambahan informasi yang penting diketahui. Puasa sunnah ini bisa dikerjakan pada hari ke-9 bulan Muharram.