Topik Terkait: Jalan Terputus

  • Nasehat Bagi Perempuan yang Senang Jalan-jalan ke Pasar
    Muslimah
    Kamis, 19 November 2020 - 14:58 WIB
    Sebenarnya perempuan tidak dilarang untuk keluar dari rumahnya karena ada keperluan yang mendesak. Begitu pula, keluar untuk berbelanja, baik ke pasar maupun ke pusat-pusat perbelanjaan lainnya, namun hal yang diperhatikan syaraiat bagi mereka yang keluar rumah ini.
  • Jalan Pendekatan Diri kepada Tuhan dan Menjadi Sufi Menurut Harun Nasution
    Hikmah
    Rabu, 05 Oktober 2022 - 11:23 WIB
    Jalan yang ditempuh seseorang untuk sampai ke tingkat melihat Tuhan dengan mata hati dan akhirnya bersatu dengan Tuhan demikian panjang dan penuh duri. Apa saja?
  • Jalan Ketaatan Para Sufi Menurut Ibnu Taimiyah
    Tausyiah
    Kamis, 19 Januari 2023 - 18:50 WIB
    Para sufi dan mereka yang menekuni fiqih sama-sama berhak memperoleh sebutan al-shiddiq-u, hanya saja masing-masing menempuh jalan ketaatan pada Allah dan Rasul-Nya menurut ijtihad yang mereka lakukan.
  • Jalan Sufi: Pertumbuhan, Kemerosoan, dan Pembaruan
    Hikmah
    Minggu, 17 Januari 2021 - 08:23 WIB
    Ajaran sejati dimulai dengan para Pelindung, Raja Pengetahuan dan Pemahaman. Tidak dimulai dengan cinta, usaha atau indakan yang hanya mungkin dengan pengetahuan sejati.
  • Alawi Akhirnya Sampai ke Tanah Suci: Pergi Haji Jalan Kaki Ditempuh 1 Tahun 17 Hari
    Dunia Islam
    Selasa, 20 Juni 2023 - 11:54 WIB
    Ia berjalan kaki dari Kerala, India ke Tanah Suci. Impiannya untuk naik haji pun terkabul. Alawi sampai ke Makkah, setelah menempuh jarak 8.640 kilometer, selama satu tahun dan 17 hari.
  • Sabar Menunggu Jalan Keluar dari Allah Taala
    Muslimah
    Jum'at, 02 Juli 2021 - 07:49 WIB
    Tidak ada suatu masalah atau musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan ijin Allah, dan barangsiapa yang beriman kepada Allah niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.
  • Hubungan Orang-Orang Yahudi dengan Palestina Terputus selama 1800 Tahun
    Dunia Islam
    Jum'at, 27 Oktober 2023 - 15:24 WIB
    Sejak abad ke-2 hingga abad 20 Masehi dan selama sekitar 1800 tahun, orang-orang Yahudi belum pernah membentuk sebuah komunitas manusia atau politik yang memiliki peran dalam sejarah Palestina.
  • Cara Unik ke Tanah Suci: Dari Jalan Kaki sampai Mengayuh Sepeda
    Dunia Islam
    Selasa, 09 Mei 2023 - 07:55 WIB
    Banyak cara pergi ke Tanah Suci. Hanya saja, di era modern seperti saat ini masih ada saja yang nekad jalan kaki, ada juga yang mengayuh sepeda untuk pergi haji.
  • Taubat Sebagai Jalan Keluar Masalah
    Muslimah
    Kamis, 10 Desember 2020 - 07:13 WIB
    Hampir setiap hari manusia melakukan perbuatan salah, baik yang disadari atau pun tidak disadari. Oleh karena itulah Allah Taala memberikan jalan kepada manusia untuk senantiasa membersihkan diri dari noda-noda dosa, yakni taubat.
  • Muslim Harus Memilih Jalan Hidup yang Menuju ke Surga
    Muslimah
    Senin, 14 Desember 2020 - 20:14 WIB
    Dalam menjalani semua takdir kehidupan itu, manusia dihadapkan pada pilihan-pilihan. Sehingga, yang bisa kita lihat dalam perjalanan di muka bumi ini adalah hidup hanyalah kesempatan untuk membuat pilihanpilihan
  • Ibadah Ruhani Sebagai Jalan Ketaatan
    Muslimah
    Sabtu, 07 Agustus 2021 - 15:37 WIB
    Menjalani kehidupan di masyarakat dan rumah tangga tanpa tazkiyah ibarat menanam tanpa air. Memang dapat tumbuh, tapi cepat layu dan cepat mati. Apa itu tazkiyah? Dan bagaimana penerapannya dalam ibadah?
  • Kaum Sufi Itu Seperti Khidr, Orang Berbaju Hijau yang Berkelana di Muka Bumi
    Hikmah
    Minggu, 10 Januari 2021 - 15:13 WIB
    Ketika engkau pertama kali bertemu dengannya, ia mungkin tampak sangat berbeda dengan dirimu. Padahal tidak. Ia mungkin terlihat sangat sama seperti dirimu. Padahal tidak.
  • Cendekiawan Islam Turki Ini Bilang Sufisme Adalah Arkeologi Islam yang Mendalam
    Hikmah
    Selasa, 11 Juli 2023 - 15:52 WIB
    Sufisme adalah arkeologi mendalam dari agama Islam. Ini adalah upaya para sufi untuk memahami, menginternalisasi dan secara aktif menghayati inti dari tradisi Islam.
  • Imam Al-Ghazali (1): Karya-Karyanya Tak Hanya Mendahului Zamannya
    Hikmah
    Senin, 03 Agustus 2020 - 14:16 WIB
    Kendati penemuan-penemuan, psikologi dan ilmu pengetahuan Imam al-Ghazali, dihargai secara luas oleh bermacam kalangan akademis, tetapi tidak diperhatikan sebagaimana mestinya,
  • Tiga Kunjungan ke Guru Bahauddin Naqsyabandi
    Hikmah
    Rabu, 04 November 2020 - 09:43 WIB
    Ketika pertama kalian datang, kelasku sangat serius --aku sedang menerapkan perbaikan. Kedua kali kalian datang, mereka terlalu gembira-- aku sedang memperbaikinya.
  • Penulis Klasik Hakim Jami dalam Jalan Sufi Idries Shah
    Hikmah
    Rabu, 07 Oktober 2020 - 15:47 WIB
    Ia membuat para pendeta dan pujangga di zamannya benar-benar merasa tidak nyaman. Terutama sejak konvensi, dimana tidak seorang pun kelihatan hebat kecuali ia merendahkan diri.
  • Hati Sukma dan Akal Menurut Para Filsuf dan Sufi
    Hikmah
    Kamis, 17 November 2022 - 15:37 WIB
    Menurut para filsuf dan sufi Islam, hakikat manusia itu jiwa yang berpikir (nafs insaniyah), tetapi mereka berbeda pendapat pada cara mencapai kesempurnaan manusia.
  • Kisah Sufi: Adakah Nilai Dalam Memuja Orang Suci?
    Hikmah
    Selasa, 24 November 2020 - 06:36 WIB
    Bagaimanapun, terdapat jenis hubungan yang lain dengan orang suci, lebih dari sekadar pemujaan. Mengunjungi makam mereka terdapat kebaikan untuk mereka yang dapat menerimanya.
  • Tiga Kisah Hikmah: Pertanggungjawaban, Kepalsuan, Pelajaran dan Kafilah
    Hikmah
    Selasa, 10 November 2020 - 08:01 WIB
    Seorang pencuri yang berusaha memanjat jendela sebuah rumah yang hendak ia curi, terjatuh karena kusen jendela patah, membentur tanah dan mematahkan kakinya. Ia pergi ke pengadilan menuntut pemilik rumah.
  • Bunga Mawar dari Baghdad dan Anggur
    Hikmah
    Minggu, 25 Oktober 2020 - 05:00 WIB
    Ringkasan berikut, menurut Idries Shah, termasuk materi pelajaran tradisional dari disiplin Qadiriyah dan juga beberapa pokok ucapan atau teguran Abdul Qadir sendiri.