Topik Terkait: Jenis Iman (halaman 3)

  • Kisah Seorang Arab Badui Bertanya Apakah ALLAH Dekat Atau Jauh
    Hikmah
    Jum'at, 25 September 2020 - 21:56 WIB
    Ada satu kisah seorang laki-laki Arab Badui ingin mengetahui keberadaan Allah Azza wa Jalla. Dengan rasa penasaran yang tinggi laki-laki itu mendatangi Rasulullah dan mengutarakan pertanyaannya.
  • Jadikan Akhirat Sebagai Cita-Cita Utama
    Muslimah
    Selasa, 18 Agustus 2020 - 21:13 WIB
    Orang tua harus membangun optimisme dalam memberikan pendidikan kepada anak ini, yang didasarkan pada tiga hal yakni raja? (sikap berharap), raghbah (semangat meraih cita-cita), dan tawakkal kepada Allah Azza wa Jalla.
  • Orang Beriman Takkan Membiarkan Tetangga Kelaparan
    Tausyiah
    Selasa, 21 April 2020 - 13:52 WIB
    Sungguh menyedihkan. Dua kasus kelaparan yang terjadi di tengah masyarakat muslim ini menjadi sindiran bagi kita, bahwa kita hanya mengaku beriman namun kepedulian kita terhadap tetangga masih mini.
  • Mengapa Yaman Dimuliakan Allah?
    Hikmah
    Jum'at, 29 Desember 2023 - 14:19 WIB
    Mengapa Yaman dimuliakan Allah? Berikut ini jawabannya. Banyak hadis Nabi yang menerangkan kemuliaan negeri Yaman. Di antaranya adaah hadis-hadis berikut ini.
  • Membangun Kualitas Iman dan Takwa di Bulan Ramadan
    Hikmah
    Jum'at, 01 Maret 2024 - 05:15 WIB
    Bulan suci Ramadan tinggal hitungan hari lagi. Bagi umat Islam, bulan Ramadan adalah bulan suci dimana tempat seorang hamba ditempa dan dilatih menjadi manusia yang bertakwa lebih dalam lagi
  • Inilah Rentetan Peristiwa Menjelang Hari Kiamat Besar
    Tausyiah
    Rabu, 03 Juni 2020 - 08:15 WIB
    Setiap muslim wajib mengimani datangnya hari Kiamat besar sebagaimana disebutkan dalam Al-Quran dan Hadis Nabi. Berikut tanda-tanda terjadinya Kiamat dikutip dari berbagai sumber.
  • Ini Fatwa MUI tentang Penggantian Jenis Kelamin
    Hikmah
    Kamis, 13 Februari 2020 - 07:45 WIB
    Fenomena pergantian jenis kelamin kini menjadi isu publik sejak mencuatnya kasus pidana narkoba artis Lucinta Luna. Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyampaikan fatwa terkait hal tersebut.
  • Adanya Takdir Tidak Menghalangi Manusia untuk Berusaha
    Tausyiah
    Minggu, 09 Agustus 2020 - 05:00 WIB
    Manusia berada di bawah hukum-hukum Allah sehingga segala yang kita lakukan pun tidak terlepas dari hukum-hukum yang telah mempunyai kadar dan ukuran tertentu.
  • Hakikat Doa dan Rahasia Pengabulannya
    Tausiyah
    Jum'at, 08 November 2019 - 08:01 WIB
    Doa adalah intisari dari ibadah. Dalam Alquran, Allah memerintahkan kita untuk berdoa kepada-Nya dan Dia pasti mengabulkannya.
  • Mengenal Jenis Mati Syahid dan Kriterianya
    Hikmah
    Selasa, 31 Oktober 2023 - 11:48 WIB
    Mati syahid menjadi kata yang populer di tengah kecamuk perang Palestina dan Zionis Israel saat ini. Apa sebenarnya mati syahid, jenis-jenisnya serta kriteria dari mati syahid ini?
  • Mabuk Cinta, Perbuatan yang Paling Keras Azab dan Sedikit Pahalanya?
    Muslimah
    Rabu, 24 November 2021 - 07:08 WIB
    Mabuk cinta atau dalam bahasa Arabnya al isyq digambarkan sebagai suatu jalan yang berbahaya, licin, tidak akan ada yang bisa menyelamatkan diri dari bahayanya kecuali Allah Taala.
  • Inilah Jenis Kebahagiaan yang Melebihi Nikmatnya Surga
    Tips
    Jum'at, 25 Maret 2022 - 21:25 WIB
    Kenikmatan surga, adalah puncak segala kebahagiaan dan kenikmatan bagi seorang yang beriman. Saking nikmatnya, kebahagiaan surga tak terjangkau bayangan dan dugaan manusia.
  • Tips Meraih Kelezatan dalam Ibadah, Nomor 2 Sangat Penting
    Tips
    Jum'at, 05 Agustus 2022 - 10:15 WIB
    Iman itu rasanya manis dan bisa dirasakan oleh kita. Rasa manis ini tentu saja hanya bisa dinikmati oleh orang-orang yang jujur kecintaannya terhadap Allah dan RasulNya.
  • Tobat Adalah Reparasi dan Penyembuhan Keimanan yang Rusak
    Tausyiah
    Senin, 17 Agustus 2020 - 05:00 WIB
    Keimanan akan mengalami kerusakan ketika seseorang melakukan dosa besar. Tobat adalah reparasi dan penyembuhan bagi keimanan yang mengalami kerusakan itu.
  • Inilah Jenis Kosmetika Muslimah Sesuai Syariat
    Muslimah
    Sabtu, 06 Maret 2021 - 08:12 WIB
    Fitrah perempuan ingin selalu tampil cantik dan menarik, membuat kosmetika dan perempuan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Lantas, kosmetika seperti apa yang sesuai dengan ketentuan syariat?
  • Mengenal Makharijul Huruf Beserta Jenis-jenisnya
    Tips
    Rabu, 17 April 2024 - 19:43 WIB
    Saat membaca Al-Quran, umat Islam perlu melafalkan hurufnya dengan baik dan benar. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kesalahan dalam pelafalan huruf yang bisa berakibat pada perbedaan arti.
  • Syarat Sempurnanya Iman,  Bersikap Lembut Dalam Rumah Tangga
    Muslimah
    Kamis, 03 September 2020 - 18:47 WIB
    Setiap muslim hendaknya menimbun pahala sebanyak-banyak selama masih hidup di dunia. Berbuat baiklah pada banyak manusia sema-mata hanya untuk mengharap ridha Allah Taala.
  • 2 Jenis Sifat Akal Manusia Menurut Al-Quran
    Tips
    Senin, 24 Januari 2022 - 06:28 WIB
    Ibnul Qayyim Rahimahullahu Taala menjelaskan, Allah Subhanahu wa Taala di dalam Al-Quran memuji akal (pemahaman agama yang benar) dan orang yang berakal (orang yang bisa memahami petunjuk Allah)
  • Al-Quran Menyebut Kualitas Orang yang Beriman, Waspadai Dzalimun Linafsih
    Muslimah
    Jum'at, 03 Juni 2022 - 10:07 WIB
    Ada tiga karakter yang disebutkan dalam Al-Quran untuk menilai kadar keberagamaan seorang muslim. Secara tegas, karakter itu tercatat dalam Surat Al Fathir ayat 32.
  • Jenis-jenis Hewan Kurban, Lengkap dengan Syaratnya!
    Tausyiah
    Selasa, 27 Juni 2023 - 10:23 WIB
    Seperti yang kita ketahui, terdapat banyak jenis hewan kurban yang biasa dikonsumsi oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari. Namun tidak semua hewan ternak bisa menjadi hewan kurban.