Topik Terkait: Jurnal Ilmiah

  • Isra Mikraj Nabi Muhammad...
    Hikmah
    Kamis, 11 Maret 2021 - 19:49 WIB
    Orang akan dapat memahami arti semua ini apabila ia dapat berusaha menempatkan diri lebih tinggi dari bayangan hidup yang singkat ini. Ia berusaha mencapai esensi kebenaran tertinggi.
  • Penafsiran Ilmiah Al-Quran...
    Tausyiah
    Jum'at, 12 Mei 2023 - 16:55 WIB
    Sejumlah ulama berusaha untuk membuktikan kemukjizatan Al-Quran, atau kebenaran-kebenarannya sebagai wahyu Ilahi melalui penafsiran, sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan
  • Aspek Isyarat-Isyarat...
    Tausyiah
    Kamis, 21 Maret 2024 - 14:53 WIB
    Kesemua aspek tersebut menjadi bukti bahwa petunjuk-petunjuk yang disampaikan oleh Al-Quran adalah benar, sehingga dengan demikian manusia yakin serta secara tulus mengamalkan petunjuk-petunjuknya.
  • Perkembangan Penafsiran...
    Tausyiah
    Jum'at, 04 Maret 2022 - 16:12 WIB
    Corak penafsiran ilmiah al-Quran telah lama dikenal. Benihnya bermula pada masa Dinasti Abbasiyah, khususnya pada masa pemerintahan Khalifah Al-Mamun (w. 853 M).
  • Nuzulul Quran: Respons...
    Tausyiah
    Rabu, 27 Maret 2024 - 16:22 WIB
    Kalau demikian ini sifat dan ciri khas ilmu pengetahuan dan peraturannya, maka dapatkah kita menguatkannya dengan ayat-ayat Tuhan yang bersifat absolut, abadi dan pasti benar
  • cover top ayah
    هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ ۚ عٰلِمُ الۡغَيۡبِ وَالشَّهَادَةِ‌ ۚ هُوَ الرَّحۡمٰنُ الرَّحِيۡمُ‏ (٢٢) هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ۚ اَلۡمَلِكُ الۡقُدُّوۡسُ السَّلٰمُ الۡمُؤۡمِنُ الۡمُهَيۡمِنُ الۡعَزِيۡزُ الۡجَـبَّارُ الۡمُتَكَبِّرُ‌ؕ سُبۡحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ (٢٣) هُوَ اللّٰهُ الۡخَـالِـقُ الۡبَارِئُ الۡمُصَوِّرُ‌ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى‌ؕ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (٢٤)
    Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Hasyr Ayat 22-24)
    cover bottom ayah
  • Tafsir Ilmiah Al-Quran:...
    Tausyiah
    Sabtu, 05 Maret 2022 - 17:07 WIB
    Penafsiran ilmiah terhadap ayat-ayat Al-Quran membawa kita kepada paling tidak tiga hal pula yang perlu digarisbawahi, yaitu (1) Bahasa (2) Konteks ayat-ayat dan (3) Sifat penemuan ilmiah.
  • Memahami Al-Quran di...
    Tausyiah
    Selasa, 01 Maret 2022 - 17:00 WIB
    Al-Quran bukan satu kitab yang dikehendaki Allah untuk menerangkan kebenaran-kebenaran ilmiah dalam alam semesta, tetapi ia adalah kitab petunjuk, ishlah dan tasyri.
  • Kebenaran Ilmiah Al-Quran,...
    Tausyiah
    Rabu, 02 Maret 2022 - 15:22 WIB
    Al-Quran adalah kitab petunjuk, demikian hasil yang kita peroleh dari mempelajari sejarah turunnya. Jika demikian, apakah hubungan Al-Quran dengan ilmu pengetahuan?
  • Penjelasan Ilmiah Mengapa...
    Hikmah
    Jum'at, 20 Januari 2023 - 17:42 WIB
    Sebuah Hadis masyhur pernah disampaikan Nabi Muhammad SAW tentang larangan keluar rumah saat Maghrib atau setelah matahari tenggelam.Berikut alasan ilmiahnya.
  • Makna Isra dan Mikraj...
    Tausyiah
    Senin, 07 Februari 2022 - 05:15 WIB
    Perjalanan Nabi Muhammad SAW dalam Isra dan Mikraj dalam waktu sangat singkat, merupakan tantangan terbesar sesudah Al-Quran disodorkan oleh Tuhan kepada umat manusia.
  • Peristiwa di Bulan Rajab:...
    Hikmah
    Minggu, 06 Februari 2022 - 09:32 WIB
    Perisiwa di bulan Rajab salah satunya adalah isra dan mikraj Nabi Muhammad SAW. Isra Mikraj terjadi pada malam 27 Rajab tahun ke-10 kenabian, dan inilah yang populer.
  • Quraish Shihab: Al-Quran...
    Tausyiah
    Selasa, 19 Maret 2024 - 04:00 WIB
    Dalam menerangkan masalah-masalah filsafat dan metafisika, Al-Quran tidak menggunakan istilah filsafat dan logika. Juga dalam bidang politik, ekonomi, sosial dan kebudayaan.
  • Kita Tidak Dapat Membenarkan...
    Tausyiah
    Minggu, 31 Maret 2024 - 14:33 WIB
    Dahulu ada orang yang menguatkan pendapat yang menyatakan bahwa planet hanya tujuh (sebagaimana pendapat ahli-ahli Falak ketika itu) dengan ayat-ayat yang menunjukkan bahwa ada tujuh langit.
  • Azab Allah Taala kepada...
    Hikmah
    Senin, 31 Januari 2022 - 05:15 WIB
    Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa wilayah bekas kaum Sodom hancur oleh meteor. Sebuah batu meledak dan ledakannya itu sekitar 1.000 kali lebih kuat dari bom atom Hiroshima.
  • Mahmud Syaltut: Al-Quran...
    Tausyiah
    Selasa, 04 April 2023 - 04:00 WIB
    Sesungguhnya Tuhan tidak menurunkan Al-Quran untuk menjadi satu kitab yang menerangkan kepada manusia mengenai teori-teori ilmiah, problem-problem seni serta aneka warna pengetahuan.
  • Al-Quran dan Ilmu Pengetahuan,...
    Tausyiah
    Jum'at, 22 Maret 2024 - 11:18 WIB
    Membahas hubungan Al-Quran dan ilmu pengetahuan bukan dinilai dengan banyaknya cabang-cabang ilmu pengetahuan yang tersimpul di dalamnya, bukan pula dengan menunjukkan kebenaran teori-teori ilmiah,
  • Ini Mengapa Mengingkari...
    Tausyiah
    Sabtu, 01 April 2023 - 17:15 WIB
    Mengingkari suatu teori ilmiah berdasarkan ayat-ayat Al-Quran sangat berbahaya, karena ekses yang ditimbulkannya tidak kurang bahayanya dengan apa yang timbul di Eropa ketika gereja mengingkari teori bulatnya bumi.
  • Potret Rasa Cinta Manusia...
    Muslimah
    Minggu, 19 Maret 2023 - 05:15 WIB
    Rasa cinta adalah salah satu pokok kehidupan dan dalam Al-Quran kata cinta juga disebutkan dengan berbagai sinonim atau persamaan kata. Lalu bagaimana dengan rasa cinta yang ada pada manusia?
  • Kisah Sufi Isra Mikraj:...
    Hikmah
    Minggu, 06 Februari 2022 - 09:44 WIB
    Metode Sufi, menurut Ibrahim Khawwas, adalah: Tunjukkan hal-hal yang tak dimengerti dengan menggunakan istilah-istilah yang bisa dimengerti oleh khalayak.
  • Sthepen Hawking, Atheis...
    Hikmah
    Selasa, 29 Oktober 2019 - 05:15 WIB
    Boleh jadi, Hawking pada awalnya hanya memiliki kepercayaan secara dogmatis terhadap Kristen, sehingga dia ingin melepaskan dogmatis itu dalam kemurniaan sains dan teknologi secara terpisah dan integral.