Topik Terkait: Keberkahan Ilmu (halaman 3)

  • Menghapus Stigma Islamofobia dengan Keberkahan Puasa Ramadan
    Dunia Islam
    Rabu, 27 Maret 2024 - 16:15 WIB
    Maraknya kekerasan dan radikalisme menyisakan residu bernama Islamofobia. Hadirnya Ramadan merupakan momentum untuk menggugah semangat toleransi dan perdamaian.
  • Luasnya Ilmu Allah, 7 Samudra Tidak Sanggup untuk Menuliskannya
    Tausyiah
    Sabtu, 03 Juni 2023 - 14:23 WIB
    Salah satu yang menarik adalah ketika Allah membuat sebuah perumpamaan berapa banyak dan luasnya ilmu Allah. Berikut penjelasan Ustaz Ahmad Sarwat.
  • Kisah Asy-Syibli Membeli Ilmu dari Al-Junaid
    Hikmah
    Minggu, 09 Oktober 2022 - 14:50 WIB
    Kisah Abu Bakr ibnu Dulaf ibnu Jahdar (asy-Syibli) membeli ilmu dari Abul Qasim al-Junaid diambil dari buku The Revelation of the Veiled. Ini adalah tentang kisah masa belajar asy-Syibli di bawah al-Junaid.
  • Penafsiran Al-Quran di Tengah Perubahan Sosial dan Perkembangan Ilmu Pengetahuan
    Tausyiah
    Selasa, 02 Mei 2023 - 11:38 WIB
    Quraish Shihab mengatakan tidak setiap perubahan sosial dapat dijadikan dasar pertimbangan dalam menarik kesimpulan pemahaman atau penafsiran ayat-ayat Al-Quran.
  • Keberkahan Memuliakan Rambut Rasulullah SAW
    Hikmah
    Rabu, 06 November 2019 - 05:15 WIB
    Ada satu kisah dalam Kitab Irsyadul Ibad karya Syekh Zainuddin Al-Malibary bahwa ada dua orang bersaudara memperoleh masing-masing warisan harta dan tiga helai rambut Rasulullah SAW dari ayah mereka yang telah meninggal dunia.
  • cover top ayah
    هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ ۚ عٰلِمُ الۡغَيۡبِ وَالشَّهَادَةِ‌ ۚ هُوَ الرَّحۡمٰنُ الرَّحِيۡمُ‏ (٢٢) هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ۚ اَلۡمَلِكُ الۡقُدُّوۡسُ السَّلٰمُ الۡمُؤۡمِنُ الۡمُهَيۡمِنُ الۡعَزِيۡزُ الۡجَـبَّارُ الۡمُتَكَبِّرُ‌ؕ سُبۡحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ (٢٣) هُوَ اللّٰهُ الۡخَـالِـقُ الۡبَارِئُ الۡمُصَوِّرُ‌ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى‌ؕ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (٢٤)
    Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Hasyr Ayat 22-24)
    cover bottom ayah
  • Memaknai Keberkahan Ramadan (5): Ampunan Allah yang Tiada Batas
    Tausyiah
    Jum'at, 31 Maret 2023 - 01:05 WIB
    Mungkin di antara keberkahan terpenting dari bulan Ramadan adalah rahmat dan magfirah Allah. Sejak lama Islam disalahpahami seolah Islam kurang kasih sayang.
  • Memaknai Keberkahan Ramadan (6): Kemuliaan Seseorang Ditentukan Nilai Spiritualitasnya
    Tausyiah
    Jum'at, 31 Maret 2023 - 22:34 WIB
    Kalau sekiranya manusia bangga karena fisiknya maka sudah pasti gajah atau kerbau pantas lebih bangga darinya. Karenana, Kemuliaan manusia ditentukan oleh nilai spiritualitasnya.
  • Memaknai Keberkahan Ramadan (11): Puasa Ajarkan Hidup Sederhana
    Tausyiah
    Kamis, 06 April 2023 - 01:53 WIB
    Puasa mengajarkan hidup sederhana. Bahwa dunia ini sebesar dan sehebat apapun tidak bisa memenuhi segala kecenderungan hawa nafsu dan keinginan manusia.
  • Asbabun Nuzul Surat Al-Kahfi Ayat 109: Luasnya Ilmu Allah Tiada Terhingga
    Hikmah
    Rabu, 06 Desember 2023 - 23:58 WIB
    Asbabun Nuzul Surat Al-Kahfi Ayat 109 menarik untuk ditadabburi umat muslim. Dalam ayat ini Allah menegaskan bahwa ilmu-Nya sangat luas tiada terhingga.
  • Ilmu Tasawuf: Cabang Keilmuan, Dasar dan Bentuk Ajarannya
    Hikmah
    Selasa, 27 Desember 2022 - 10:39 WIB
    Sebelum kita membahas ilmu tasawuf: cabang keilmuan, dasar dan bentuk ajarannya kita patut mengetahu definisi tasawuf. Harun Nasution menyebut 5 arti kata sufi dan tasawuf.
  • Ummu Al-Hasan : Potret Pentingnya Perempuan Mencari Ilmu
    Muslimah
    Sabtu, 19 September 2020 - 18:02 WIB
    Bercermin kepada sejarah peradaban Islam, ada salah satu potret perempuan saleha dan bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu ini yakni Ummu Al-Hasan.
  • 4 Resep Menuntut Ilmu dari Imam Asy-Syabi
    Tausyiah
    Sabtu, 21 Agustus 2021 - 09:05 WIB
    Dai lulusan Universitas Islam Madinah Saudi Arabia, Ustaz Budi Ashari memaparkan empat resep menuntut ilmu dari Imam Asy-Syabi (Amir bin Syurahbil).
  • Kisah Nabi Idris, Orang yang Pertama Kali Mengerti Ilmu Nujum
    Hikmah
    Kamis, 30 April 2020 - 16:46 WIB
    Nabi Idris patut berjuluk sang pelopor. Beliau orang pertama kali yang menulis dengan pena. Pertama yang menulis suhuf. Beliau orang pertama ahli ilmu nujum.
  • Inilah Alasan Pentingnya Perempuan Menuntut Ilmu
    Muslimah
    Jum'at, 25 Juni 2021 - 15:32 WIB
    Seorang perempuan yang cerdas akan menjadi pendamping yang hebat bagi suaminya kelak. Dengan kedalaman ilmu pula, ia akan dapat mendidik anak-anaknya menjadi pribadi-pribadi baik dan berkualitas
  • Memaknai Keberkahan Ramadan (3): Momentum Melakukan Reorientasi Hidup
    Tausyiah
    Rabu, 29 Maret 2023 - 07:00 WIB
    Ramadan sebagai bulan Al-Quran (Syahrul Quran) menjadi sangat penting untuk dijadikan sebagai momentum melakukan apa yang saya sebut reorientasi kehidupan.
  • Keberkahan Al-Aqsa dan Keteguhan Iman Penduduk Palestina
    Hikmah
    Jum'at, 08 Desember 2023 - 05:10 WIB
    Keberkahan Al-Aqsa sebagai warisan para Nabi dirasakan betul oleh kaum muslim terutama bagi penduduk Palestina yang tinggal di sekitarnya.
  • 4 Kiat Sukses Menuntut Ilmu Menurut Ulama Yaman Habib Abdullah Al-Muhdhar
    Tausyiah
    Sabtu, 17 September 2022 - 14:04 WIB
    Dalam Islam, kesuksesan mencari ilmu bisa diukur melalui sejauh mana ilmu yang diperolehnya memiliki keberkahan dan manfaat baik bagi diri sendiri atau orang lain.
  • Keberkahan Waktu Pagi dan Amalan yang Diajarkan Nabi
    Tausyiah
    Kamis, 10 Juni 2021 - 05:00 WIB
    Keberkahan waktu pagi hendaknya tidak diabaikan kaum muslimin. Rasulullah SAW memberi perhatian khusus terhadap waktu ini dan mengajarkan amalan dan doa berikut.
  • Menyembunyikan Kebenaran, Dosa Besar Para Ahli Ilmu Pengetahuan
    Tausyiah
    Minggu, 15 Mei 2022 - 12:47 WIB
    Di antara dosa yang besar, yang ditunjukkan dan anjurkan Al-Quran agar kita segera bertaubat darinya adalah: dosa menyembunyikan kebenaran serta tidak menjelaskannya kepada manusia.
  • Memaknai Keberkahan Ramadan (28): Mukjizat Al-Quran sebagai Petunjuk Hidup
    Tausyiah
    Rabu, 03 Mei 2023 - 18:20 WIB
    Al-Quran yang diturunkan secara menyeluruh (jumlatan wahidatan) di malam yang istimewa itu, pada dirinya sangat Istimewa. Keistimewaan Al-Quran itu ada pada segala aspeknya.