Topik Terkait: Kesalahan Dan Dosa (halaman 222)

  • Jejak Islam di 3 Kota...
    Dunia Islam
    Kamis, 11 Mei 2023 - 16:13 WIB
    Masjid berusia ribuan tahun, pemandian air panas kuno, dan reruntuhan megah tersebar di seluruh Eropa sebagai penanda kerajaan Islam yang pernah menguasai sebagian benua.
  • Jadwal Sholat untuk...
    Tips
    Selasa, 13 Juni 2023 - 00:49 WIB
    Bagi umat Islam yang tinggal di Kota Surabaya dan sekitarnya, berikut ini adalah jadwal sholat untuk hari Selasa 13 Juni 2023 khusus wilayah tersebut. Jadwal sholat ini bersumber dari Bimas Islam Kemenag.
  • Hubungan Hadis dan Al-Quran...
    Tausyiah
    Senin, 15 Mei 2023 - 10:12 WIB
    Pengertian hadis seperti yang dikemukakan oleh ulama ushul dapat dikatakan sebagai bagian dari wahyu Allah SWT yang tidak berbeda dari segi kewajiban menaatinya.
  • Memaknai Idul Fitri...
    Tips
    Sabtu, 23 Mei 2020 - 03:47 WIB
    Idul fitri, secara umum ada yang melihat kepada makna substansinya di satu sisi. Ada juga yang memandang dari aspek makna literalnya dan asal kata fitri
  • Perbedaan Maulid dan...
    Tips
    Selasa, 10 September 2024 - 12:43 WIB
    Perbedaan maulid dan maulud penting diketahui agar umat Muslim tidak salah memahaminya. Namun kedua istilah tersebut maulid dan maulud sah-sah saja bila digunakan.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • 15 Amalan Sunah Puasa...
    Tips
    Selasa, 03 Oktober 2023 - 20:03 WIB
    Puasa Ramadan menjadi salah satu ibadah wajib bagi umat muslim. Di sela-sela menjalankan ibadah wajib di Bulan Ramadan, umat Islam juga dapat mengisi waktunya dengan melakukan berbagai amalan sunah.
  • Kisah Sufi: Tiga Ekor...
    Hikmah
    Rabu, 08 Desember 2021 - 15:15 WIB
    Kisah ini disampaikan Husein, cucu Nabi Muhammad SAW kepada Khajagan (Para Guru) yang pada abad ke-14 mengubah nama mereka menjadi Thoriqoh Naqshibandiah.
  • Surat Yusuf 31: Para...
    Hikmah
    Selasa, 18 Januari 2022 - 22:35 WIB
    Ketika Zulaikha mengundang para wanita bangsawan menghadiri jamuan makan di Istana, betapa terkejutnya mereka melihat ketampanan Nabi Yusuf alahissalam.
  • Kisah Kedatangan Nabi...
    Hikmah
    Rabu, 11 Januari 2023 - 15:14 WIB
    Kisah kedatangan Nabi Isa pada akhir zaman versi Islam dan Nasrani hampir sama. Rasulullah SAW menyatakan, sesungguhnya menjelang hari kiamat nanti, Isa akan turun kembali ke bumi.
  • Kisah Naqsyaband Berlagak...
    Hikmah
    Jum'at, 06 November 2020 - 09:55 WIB
    Bahauddin memintanya mengulangi apa yang ia katakan. Dan ia kemudian bertanya lagi padanya, dan lagi, sampai ia yakin bahwa Naqsyaband tuli dan mungkin bodoh.
  • Begini Aturan Pembayaran...
    Tips
    Jum'at, 07 April 2023 - 09:11 WIB
    Wanita yang hamil atau menyusui dan mampu berpuasa, lalu ia tidak berpuasa karena khawatir terhadap kesehatan anaknya saja, ia berkewajiban meng-qadha atau membayar fidyah.
  • 5 Wasiat Nabi Adam kepada...
    Hikmah
    Kamis, 21 Mei 2020 - 00:01 WIB
    Nabiyullah Syith (Seth) alaihissalam adalah putra ketiga Nabi Adam alaihissalam yang juga adik bungsu Habil dan Qabil. Berikut 5 wasiat Nabi Adam kepada Nabi Syith.
  • Nabi Yusuf AS Tak Sekadar...
    Hikmah
    Selasa, 21 April 2020 - 08:32 WIB
    Kisah Nabi Yusuf bisa jadi pelajaran berharga tatkala dunia berada di tubir krisis ekonomi menyusul serangan virus corona. Langkah-langkah antisipatif ketahanan pangan hari ini akan sangat menentukan nasib bangsa ke depan.
  • Inilah Hukum Syariat...
    Muslimah
    Sabtu, 24 Desember 2022 - 05:15 WIB
    Di antara usaha setan yang paling dahsyat menganggu manusia adalah memisahkan seorang suami dan istrinya, serta merusak hubungan baik antara keduanya
  • Lirik Selawat Ya Nafsuti...
    Tips
    Rabu, 23 Agustus 2023 - 16:36 WIB
    Lirik Selawat Ya Nafsuti Bibiliqo mungkin sudah tidak asing bagi sebagian muslim. Syair Selawat ini sering dilantunkan di majelis-majelis sholawat dan hajatan lainnya.
  • Puasa Ramadhan dan Upaya...
    Tausiyah
    Sabtu, 19 Mei 2018 - 03:25 WIB
    Defenisi puasa itu sederhana. Menahan diri dari makan, minum, dan hubungan suami isteri serta semua yang dapat membatalkannya dari terbitnya fajar hingga terbenam matahari.
  • Kapan Tahun Baru Hijriah...
    Dunia Islam
    Selasa, 02 Juli 2024 - 11:44 WIB
    Kapan Tahun Baru Hijriah 1446 H? Tanggal 1 Muharram 1446 H jatuh pada hari Ahad, 7 Juli 2024 M. Kalender Hijriah Kemenag, kalender Muhammadiyah menetapkan hari tersebut sebagai 1 Muharram 1446 H.
  • Piagam Madinah dan Terusirnya...
    Hikmah
    Rabu, 30 Juni 2021 - 14:16 WIB
    Salah satu rahasia kekuatan Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam untuk bisa mengusir kekuatan Yahudi dari Madinah adalah sejak awal mereka diikat dengan Piagam Madinah.
  • Hukum Tajwid Surat Al...
    Tips
    Kamis, 01 Februari 2024 - 09:36 WIB
    Hukum Tajwid Surat Al Maidah ayat 8 ini perlu dipahami oleh setiap muslim supaya mengetahui kapan harus membaca dengan panjang, dengung, atau jelas.
  • Ayat yang Melarang Pelacuran,...
    Tausyiah
    Rabu, 31 Juli 2024 - 14:48 WIB
    Islam tidak memperkenankan seseorang dengan bebas untuk menyewakan kemaluannya. Nabi melarang mencari mata pencaharian dengan usaha yang kotor ini, betapa pun tingginya bayaran yang diperoleh.